10 Cara Mengatasi Gigi Ngilu karena Berlubang

Sakit Gigi 0 Comments

BAGAIMANA cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang? Rasa sakit akibat gigi berlubang memang tidak tertahankan. Apalagi saat makan atau ingin menikmati suatu makanan kesukaan.

Aduh, rasanya benar-benar menyakitkan. Rasa ngilu dan nyeri yang terjadi pada gigi yang sakit seolah tidak tertahankan. Rasa nyut-nyut sepertinya terus menggerogoti gigi.

Orang dulu menggambarkan seperti ada banyak ulat yang terus memakan gigi kita. Kian lama gigi berlubang.

Buat duduk, tiduran, buat bersandar di sofa, dsb, semua tidak nyaman. Rasa ngilu dan rasa sakit pada gigi berlubang terus membuat Anda tidak bisa merasa tenang. Apalagi sakit giginya parah. Saat makan, Anda harus ekstra hati-hati.

Ya, terpaksa harus mengonsumsi makanan yang lembut seperti bubur.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu karena Berlubang

Banyak Orang Tidak Membersihkan Gigi dengan Benar – Penyebab Gigi Berlubang

Tentu saja, yang ingin Anda lakukan adalah segera minum obat pereda gigi sakit. Repotnya, sakit gigi sering muncul pada malam hari di mana apotek dan tempat praktek dokter sudah ditutup.

Yang terbaik buat kita semua adalah selalu menjaga kesehatan dan kebersihan gigi agar kita terbebas dari kemungkinan kena sakit gigi.

Umumnya, ketika fisik sehat, termasuk organ gigi, kita lupa untuk selalu menjaga kesehatan. Kita harusnya selalu menyikat gigi dua kali sehari. Yaitu pagi hari selesai sarapan dan pada alam hari menjelang tidur.

Kita harus rajin menggosok gigi rutin dengan cara yang benar. Ya, cara menyikat gigi dengan benar adalah sangat penting. Tidak hanya sekadar menyikat gigi.

Tetapi, menyikat gigi harus mampu membersihkan semua kotoran pada gigi dengan benar. Termasuk menyikat lidah.

Ada satu lagi yang juga maha penting. Apa itu? Membersihkan kotoran di sela-sela gigi. Kotoran di sela gigi sering diabaikan. Seolah menjaga kebersihan gigi tidak penting.

Padahal itu sumber terjadinya plak dan karang gigi yang bisa menyebabkan terjadinya gigi berlubang.

10 Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Ketika gigi terasa ngilu dan sakit akibat gigi berlubang, apa yang harus Anda lakukan? Haruskah Anda segera minum obat? Bisakah sakit gigi disembuhkan tanpa minum obat?

Banyak cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang yang bisa Anda lakukan. Antara lain cara mengatasi gigi ngilu secara alami dan cepat, dengan minum obat herbal, obat farmasi, dsb.

Berikut ini cara meredakan sakit gigi dan gigi ngilu (gigi sensitif) akibat gigi berlubang, yaitu:

1. Anda sebaiknya segera menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Atau menggunakan pasta gigi untuk gigi ngilu. Lengkapi dengan berkumur menggunakan obat kumur biar rasa sakit pada gigi bisa mereda.

Pasta gigi untuk gigi sensitif antara lain Colgate Sensitive Pro-Relief Whitening Toothpaste, Longrich White Tea Multi – Effect Toothpaste, GSK Sensodyne Multi Action, Unilever Pepsodent Sensitive Expert Pasta Gigi Enamel Care, dsb.

2. Berkumur dengan obat kumur, tertama setelah menyikat gigi. Obat kumur untuk membunuh bakteri di dalam mulut.

3. Hindari berbagai makanan dan minuman yang menyebabkan sakit gigi terasa makin berat dan parah.

4. Silakan berkumur dengan air hangat ditambah larutan garam. Setidaknya berkumur 3 kali dalam sehari.

5. Beristirahat cukup, pikiran tenang dan santai.

6. Rasa ngilu dan sakit bisa Anda atasi dengan kompres pada area gigi yang sakit dengan air es. Mengompres area pipi, leher atau belakang telinga biar rasa ngilu dan sakit menjadi reda.

7. Apabila rasa ngilu dan sakit pada gigi masih terus berlangsung, ya Anda periksa ke dokter (ruma sakit, puskesmas, klinik, dsb).

8. Minum paracetamol untuk meredakan rasa nyeri. Tetapi, ikuti petunjuk seperti yang tertera pada kemasan obat.

9. Hindari konsumsi makanan minuman yang bisa meningkatkan sakit gigi. Misalnya misalnya cokelat, kue, dan permen, minuman manis, sirup, dsb.

10. Selalu membersihkan kotoran atau sisa makanan di sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi (dental floss). Harga benang gigi murah, bisa beli di supermarket.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi gigi ngilu akibat gigi berlubang. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

!-- Ads 300x250 -->