6 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Terus Menerus

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

BAGAIMANA cara mengatasi gigi ngilu terus menerus? Punya gigi ngilu atau sensitif memang tidak nyaman. Ketika tengah menikmati hidangan, tiba-tiba gigi terasa “mak cleng” alias ngilu.

Misalnya ketika Anda mengonsumsi es. Saat pulang kerja, matahari siang terik, lalu masuk rumah. Dalam kondisi haus, tentu sangat pas jika Anda mengonsumsi minuman es sirup.

Tetapi, baru beberapa teguk minuman masuk ke kerongkongan, tiba-tiba gigi terasa “mak cleng” alias ngilu. Rasa segar saat menyerutup minuman es berubah menjadi rasa tidak nyaman pada gigi.

Yang repot, kondisi seperti itu sering terulang pada kesempatan lain. Saat menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi tertentu, juga bisa membuat gigi terasa ngilu.

Jika kejadian semacam itu menimpa Anda, bukan salah minuman esnya yang membuat gigi Anda ngilu. Atau salah pasta giginya sehingga gigi Anda jadi terasa ngilu.

Baca: 10 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Akibat Gigi Berlubang

Lantas, mengapa terjadi gigi ngilu atau sensitif? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa Penyebab Gigi Ngilu 

cara mengatasi gigi ngilu terus menerus

cara mengatasi gigi ngilu terus menerus (foto:klikdokter.com)

Untuk mengatasi gigi ngilu terus menerus, Anda perlu mengetahui penyebab gigi ngilu. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa mengatasi gigi ngilu dengan menghindari penyebabnya.

Misalnya gigi Anda terasa ngilu saat minum es. Maka, cara mengatasi gigi ngilu, Anda jangan minum es. Dijamin gigi Anda akan bebas dari rasa ngilu.

Tetapi, apakah hanya itu yang harus Anda lakukan?

Tentu saja tidak. Itu hanya tindakan sementara. Kalau bisa, tetap bisa minum es tanpa gigi ngilu. Demikian pula dengan penyebab lain.

Ada beberapa penyebab gigi ngilu yang harus Anda ketahui dan Anda atasi. Gigi ngilu tidak hanya terjadi akibat minum es atau menyikat gigi menggunakan pasta gigi.

Baca: Empat Cara Memundurkan Gigi Tonggos: Apa Saja?

Tetapi, gigi ngilu atau sensitif juga bisa terjadi akibat makanan manis, asam, minuman dingin, atau makanan dan minuman panas.

1. Email Gigi yang Makin Menipis

Pada umumnya, gigi ngilu terjadi akibat pelindung gigi atau lapisan email gigi yang makin menipis atau rusak. Email adalah lapisan terluar gigi yang tugasnya melindungi gigi.

Tetapi, karena berbagai faktor, lapisan email bisa makin menipis. Penyebab email menipis macam-macam.

Antara lain: lapisan email rusak akibat Anda menyikat gigi terlalu keras, bulu sikat gigi kasar, sering mengonsumsi minuman atau makanan rasa asam, panas atau dingin, dan sering menggeretakkan gigi saat tidur.

2. Gigi Berlubang

Punya gigi berlubang juga bisa menyebabkan gigi ngilu. Maka, hati-hati jika gigi Anda sekarang sudah berlubang.

Sebaiknya, gigi berlubang segera ditambal jika tidak ingin punya masalah gigi di belakang hari. Adakalanya gigi berlubang tidak menimbulkan rasa sakit.

Rasa ngilu terjadi saat lubang gigi mencapai lapisan dentin. Lapisan lebih dalam pada gigi. Apalagi gigi berlubang menyentuh ruang pulpa, gigi akan terasa sensitif.

Baca: Lima Cara Senyuman Cantik dengan Gigi Tonggos

Bahkan, gigi sensitif bisa terasa lebih berat atau lebih ngilu (ngilu banget). Risiko lain bisa terjadi infeksi yang ditandai dengan gusi bengkak dan bernanah.

3. Gigi Patah atau Retak

Gigi patah atau retak juga bisa menjadi penyebab terjadinya gigi ngilu atau sensitif. Maka, tinggalkan aktivitas-aktivitas yang bisa menyebabkan gigi terasa ngilu.

Misalnya suka mengunyah es batu, menggigit makanan yang terlalu keras, dsb. Gigi patah atau retak yang tidak segera ditangani bisa mengenai ruang pulpa. Maka, timbullah rasa ngilu.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Terus Menerus

pasta gigi untuk gigi sensitif

pasta gigi untuk gigi ngilu: Colgate (foto:pickybest.id)

Bagaimana cara mengatasi gigi ngilu terus menerus?

Cara termudah untuk mengatasi gigi yang sering terasa ngilu adalah periksa dokter gigi. Dokter akan mencek kondisi gigi Anda dan menentukan cara mengatasinya.

Tetapi jika kondisi gigi ngilu masih tergolong ringan atau sedang, Anda tentu bisa mengatasi sendiri. Antara lain:

1. Pakai Pasta Gigi Khusus Gigi Ngilu

Anda perlu menggunakan pasta gigi sensitif (ngilu) saat menggosok gigi. Sekarang banyak pasta gigi untuk gigi ngilu atau sensitif yang dijual di pasaran.

Misalnya pasta gigi untuk gigi yang sensitif Pepsodent, Sensodyne, Colgate, Antiplaque, Utama Siwake F Sensitive, dsb.

Bagaimana dengan pasta gigi Anda sekarang? Anda sudah menggunakan pasta gigi untuk gigi ngilu?

Jika belum, ya Anda harus berganti dengan pasta gigi untuk gigi ngilu. Anda bisa memilih pasta gigi mana yang cocok.

Pada umumnya pasta gigi untuk gigi ngilu tidak mengandung bahan yang bisa mengiritasi gigi. Cara ini bisa mengatasi rasa ngilu pada gigi.

Pasta gigi untuk gigi ngilu mengandung aluminum lactate, potassium nitrate, dan isopropyl methylphenol. Selain bisa mengatasi gigi ngilu, ketiga bahan itu juga bisa mencegah kerusakan gusi.

2. Pakai Sikat Gigi yang Bulunya Lembut

Pakailah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut. Dengan cara ini, Anda bisa menghindari terjadinya gigi ngilu.

3. Jangan Mengonsumsi Makanan Minuman Rasa Asam

Makanan dan minuman rasa asam antara lain minuman bersoda, buah rasa asam seperti jeruk dan lemon, permen yang lengket, minuman beralkohol, dsb.

Makanan minuman rasa sam bisa membuat email gigi terkikis dan dalam waktu lama bisa membuat gigi terasa ngilu.

Baca: Membuat Gigi Susunannya Berantakan Jadi Rapi

Salah satu cara mengatasi kondisi itu adalah tidak mengonsumsi makanan minuman penyebab gigi rasa ngilu.

4. Jangan Mengunyah Es Batu

Anda sebaiknya jangan melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan gigi ngilu. Misalnya menggeretakkan gigi, menggigit barang yang keras, mengunyah es batu, atau menyobek plastik pakai gigi.

5. Jangan Mengonsumsi Makanan/Minuman Panas atau Dingin

Hindari makanan minuman yang masih panas atau sangat dingin. Misalnya minuman kopi, es krim, dan makanan panas berkuah, dsb.

6. Rutin Periksa Dokter

Jika dengan cara-cara seperti disebutkan di atas tidak membuat gigi ngilu Anda hilang atau teratasi, ya Anda sebaiknya periksa dokter gigi.

Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan dan memberikan cara mengatasinya. Misalnya dengan pengolesan fluoride ke gigi agar email gigi menjadi kuat dan gigi tidak mudah terasa ngilu atau sensitif.

Baca: 9 Cara Membuat Rapi Gigi Yang Tidak Teratur Susunannya

Jika agak berat masalahnya, dokter akan melakukan bedah gusi, perawatan saluran akar gigi atau memberikan lapisan pengikat (bonding resin) pada permukaan akar gigi yang terbuka.

Demikian dijelaskan oleh dr Kevin Adrian di alodokter.com. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.