6 Cara Mengatasi Gigi Ngilu & Menghindari Penyebabnya

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

BAGAIMANA cara mengatasi gigi ngilu? Punya gigi yang sering terasa ngilu memang tidak nyaman. Ketika ingin minum es krim, misalnya, tiba-tiba gigi terasa “mak cleng” (ngilu). Anda pun segera melepas es krim dan berganti memegangi area gigi yang tiba-tiba terasa ngilu.

Apakah gigi ngilu itu? Gigi ngilu terjadi akibat lapisan pelindung gigi (enamel atau email gigi) terkikis. Atau karena akar gigi terlihat dari luar, termasuk gusi.

Dengan gusi terbuka, maka lapisan dibawahnya yang dinamakan dentin akan mendapatkan berbagai rangsangan.

Dentin terdiri dari bagian dalam gigi dan akar yang terhubung pada ribuan saluran kecil yang menuju saraf gigi. Kondisi ini mengakibatkan paparan dingin, panas, atau gesekan keras dapat memicu rasa ngilu.

Jika gigi terasa ngilu ketika Anda mengonsumsi makanan dan minuman tertentu, itu pertanda gigi Anda tergolong gigi sensitif.

Daftar 10 Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Mengatasi

Jadi, apa saja penyebab gigi ngilu? Bagaimana cara mengatasi gigi ngilu?

Berikut ini beberapa penyebab gigi ngilu yang harus Anda hindari, yaitu:

cara mengatasi gigi ngilu
aduhh.. (foto:detik.com)

1.Gigi berlubang. Adanya gigi berlubang bisa menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri. Kebanyakan gigi ngilu akibat gigi berlubang. Apalagi lubang gigi telah mengenai lapisan dentin atau lebih dalam lagi, yakni ruang pulpa. Atau terjadi infeksi.

2. Efek samping dari apa yang dilakukan dokter pada gigi Anda. Misalnya dokter memutihkan gigi Anda.

3. Terjadinya radang pada gusi (gingivitis).

4. Anda menyikat gigi terlalu kencang sehingga melukai gigi. Selain itu, bulu sikat gigi yang keras (kaku) juga bisa melukai gigi dan membuat gigi terasa ngilu.

5. Penumpukan plak. Dengan banyaknya plak membuat enamel gigi bisa terkikis. Akibatnya, gigi tidak memiliki perlindungan sehingga mudah terasa ngilu saat mengonsumsi makanan minuman penyebab gigi ngilu.

6. Anda mengonsumsi makanan minuman yang rasanya terlalu asam. Misalnya minuman bersoda, es krim, kue-kue manis, minuman makanan panas/hangat, buah dengan rasa asam, permen dan es batu.

7. Adanya penyakit gigi dan gusi atau gigi retak. Gigi retak akibat mengonsumsi makanan sangat keras, akibat kena pukulan atau akibat usia lanjut.

8. Anda sering menggertakkan gigi, walaupun tidak disengaja. Misalnya menggertakkan gigi saat Anda tidur. Jelas Anda tidak sengaja untuk itu.

9. Menggunakan odol (pasta) pemutih gigi berlebihan. Odol pemutih gigi umumnya mengandung zat pemutih gigi. Maka, baca aturan pemakaian biar tidak timbul efek lain.

10. Faktor usia, yakni sudah berusia lanjut.

Cara Mencegah Terjadinya Gigi Ngilu

Ada beberapa cara mengatasi gigi ngilu yang bisa Anda lakukan. Tetapi, Anda yang sekarang tidak memiliki masalah gigi ngilu, juga perlu membatasi diri untuk tidak melakukan hal-hal yang nantinya bisa membuat gigi nglu. Dengan demikian, Anda bisa mencegah terjadinya gigi ngilu.

Sebab, punya gigi yang mudah merasa ngilu juga bisa repot. Makan makanan ini ngilu, makanan ini ngilu. Ganti makanan lain ya masih ngilu.

1.Silakan Anda berganti ke pasta gigi untuk gigi sensitif. Misalnya, GSK Sensodyne Multi Action, Unilever Pepsodent Sensitive Expert Pasta Gigi Enamel Care, GSK Sensodyne Repair & Protect Extra Fresh, Enzim 40 Plus, Lion Wings Systema Pro Sensitive, dan Dentova Plus.

2. Anda sebaiknya menggunakan bulu sikat gigi yang lembut.

3. Selalu menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Setidaknya menyikat gigi selama 2 – 3 menit.

4. Bersihkan sisa makanan di sela-sela gigi dengan benang gigi.

5. Memegang sikat gigi pada sudut 45 derajat. Lakukan penyikatan gigi secara perlahan dalam gerakan melingkar. Pegang sikat gigi dengan ujung jari, bukan dengan telapak tangan.

6. Jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam, dingin atau panas.

Demikian artikel mengenai gigi ngilu, penyebab dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.