Cara Mengatasi Gigi Tonggos pada Anak

Sakit Gigi 0 Comments

CARA mengatasi gigi tonggos pada anak. Adakalanya gigi tonggos sudah mulai terlihat saat masih anak-anak. Jika melihat kondisi demikian, sebaiknya orang tua mulai mencari cara mengatasinya.

Tentu saja, yang terbaik adalah mencegahnya agar anak tidak memiliki gigi tonggos. Sebab, selain dipandang tidak bagus, gigi tonggos juga bisa menyebabkan anak tidak bisa mengunyah makanan yang dikonsumsinya dengan baik.

Apalagi jarak antara gigi depan bawah dan gigi depan atas (yang tonggos) cukup lebar. Kemampuan untuk mengunyah makanan yang dikonsumsinya menjadi sangat berkurang.

Oleh karena itu, orang tua harus secara aktif memperhatikan pertumbuhan gigi anaknya. Apakah tumbuh dengan rapi, tidak rapi atau bakal ada gigi tonggosnya.

Perhatian dari orang tua sangat penting karena anak belum mampu membedakan hal-hal yang baik dan yang buruk (jelek). Hal-hal yang menguntungkan dan merugikan.

Peran orang tua sangat penting untuk membiasakan anak-anak mereka selalu melakukan yang terbaik dan meninggalkan hal-hal yang tidak baik, termasuk dalam masalah pertumbuhan gigi.

Kebiasaan Anak yang Mengakibatkan Gigi Tonggos

Kebiasaan Anak yang Mengakibatkan Gigi Tonggos

(foto:jambi.tribunenews.com)

Berikut ini kebiasaan buruk anak yang bisa menyebabkan gigi mereka tumbuh menjadi gigi tonggos. Jika meliht kebiasaan anak yang bisa menyebabkan gigi tonggos, orang tua harus segera mencegahnya.

Biarpun anak menangis akibat larangan yang Anda sampaikan, larangan itu tetap harus dijalankan. Anak tidak boleh dibiarkan melakukan hal-hal yang bisa membuat gigi tonggos. Inilah cara mengatasi gigi tonggos pada anak.

Baca – Cara Merawat Gigi Berlubang agar Gigi Tidak Rusak

Kebiasaan apa yang sering dilakukan anak dan bisa menyebabkan gigi mereka tonggos?

1. Kebiasaan Menghisap Jempol

Anak Anda suka menghisap jari jempol? Jika ya, maka cegahlah agar dia tidak sering menghisap jempol. Sebab, kebiasaan buruk itu bisa menyebabkan perubahan bentuk rahang. Efeknya, cara ini bisa memuat gigi depan atas lebih maju dari posisi yang tepat. Atau terjadi gigi tonggos.

2. Kebiasaan Ngedot

Anak Anda masih suka ngedot? Anda sebaiknya membatasi penggunaan dot untuk si kecil saat minum susu. Cara anak minum susu seperti itu bisa mengakibatkan terjadinya gigi tonggos. Yang terbaik adalah si anak langsung menyusui pada ibunya.

3. Bernapas Lewat Mulut

Adakalanya anak bernapas melalui mulut. Misalnya ketika menderita flu, asma, dsb. Saat menderita flu, terkadang anak tidak bisa bernapas melalui hidung. Apalagi saat hidung tersumbat.

Ketika sakit, anak bernapas melalui mulut tidak apa. Tetapi setelah penyakitnya sembuh, anak-anak harus bernapas melalui hidung.

Jika bernapas melalui mulut tidak dihentikan, maka posisi langit-langit mulut akan menjadi lebih tinggi. Di sisi lain, rahang gigi juga melengkung.

Kriteria dan Ciri-ciri Gigi Tonggos

Bagaimana ciri-ciri gigi tonggos? Apa saja kriterianya? Dengan mengetahui ciri-cirinya, Anda bisa berbuat lebih cepat untuk mengatasinya jika melihat gigi anak Anda tumbuh tidak seperti gigi normal.

1. Ukuran rahang atas lebih besar daripada rahang yang normal. Rahang yang bawah berukuran normal.

2. Rahang atas normal. Tetapi rahang bawah lebih kecil dari normal. Rahang atas lebih besar dari ukuran rahang normal.

3. Ukuran rahang bawah lebih kecil daripada ukuran rahang normal.

Drg Imelda mengatakan: “Perbaikan gigi tonggos pada anak, jika anak masih pada masa tumbuh kembang, rahangnya bisa dibantu dengan beberapa alat orthodontic.” 

Demikian artikel mengenai cara mengatasi gigi tonggos pada anak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua. Bisa memiliki gigi yang rapi, putih, bersih dan sehat.

!-- Ads 300x250 -->