7 Cara Mengatasi Vertigo Mendadak – Mudah dan Aman

Sakit Kepala 0 Comments

CARA mengatasi vertigo mendadak – Tidak sedikit orang terkena penyakit vertigo secara mendadak. Tanpa ada gejala, tiba-tiba Anda merasakan kepala pusing yang berat dan keadaan sekitar tampak berputar.

Anda pun sempoyongan seperti akan jatuh. Dalam kondisi seperti itu, Anda harus segera mencari pegangan atau duduk. Tujuannya supaya tubuh stabil dan Anda tidak terjatuh.

Bagaimana jika vertigo tiba-tiba kambuh saat Anda sedang dalam perjalanan dengan mengendarai motor atau mengemudikan mobil? Lebih-lebih jika arus lalu lintas sangat padat?

1. Hentikan Pekerjaan, Segera Cari Pegangan

Supaya aman dan tidak terjatuh saat vertigo kambuh, ya segera cari pegangan. Tujuannya supaya Anda tidak terjatuh akibat kepala sakit berat sehingga tubuh tidak stabil dan mudah jatuh.

Tetapi, jika Anda sudah dalam posisi duduk, ya tenangkan pikiran. Hentikan pekerjaan atau aktivitas yang sedang Anda lakukan dan cari posisi yang nyaman.

Lalu, tarik nafas dan hembuskan dengan perlahan. Lakukan sampai sekitar 15 detik biar peredaran darah yang tadinya tersumbat bisa kembali lancar. Vertigo pun pergi dan Anda kembali sehat.

3. Jangan Menggelengkan Kepala

Ketika vertigo kambuh, Anda jangan menggelengkan atau menggerak-gerakkan kepala. Ini justru menambah rasa sakit. Lebih baik Anda duduk bersandar atau berbaring di mana pun Anda berada.

4. Cara Mengatasi Vertigo Mendadak – Konsumsi Air Putih Hangat

Ini jika bisa. Artinya, mencari air hangat untuk diminum mudah. Kalau tidak ada, ya minum air putih dingin tidak apa. Tujuannya untuk melemaskan otot-otot yang tadinya tegang akibat vertigo.

Jika ada, Anda bisa mengonsumsi minuman jahe hangat. Sebab, jahe bisa membuat Anda tenang dan efektif mengatasi vertigo kambuh.

5. Beristirahat dan Tidak Berpikir Berat

Cara mengatasi vertigo mendadak lainnya adalah beristirahat sejenak untuk melepaskan ketegangan akibat penyakit vertigo kambuh.

Sebaiknya Anda beristirahat atau tidur atau tiduran di tempat yang gelap. Cara ini akan menghindarkan Anda dari ingin mual atau muntah-muntah atau sensasi berputar.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih. Konsumsi air putih bisa mengatasi terjadinya sakit kepala vertigo. Minum teh jahe juga bagus untuk mengatasi vertigo mendadak. Anda bisa minum minuman jahe sehari 2 kali. Sangat baik minum jahe ditambah madu. Segar rasanya, mudah caranya, sekaligus menyehatkan.

7. Melakukan Epley Manuver

Apa epley manuver itu? Ini adalah serangkaian gerakan untuk mengatasi penyakit vertigo. Caranya, apabila vertigo dari telinga kiri, maka duduklah di tepi tempat tidur. Lalu ubah posisi kepala Anda 45 derajat ke arah kiri.

Tetapi jangan terlalu jauh dari bahu kiri. Lantas letakkan bantal di bawah saat hendak berbaring. Silakan ditunggu 30 detik hingga vertigo terasa menghilang.

Lalu, putar lagi kepala ke arah kanan tanpa mengangkat kepala. Setelah 30 detik, putar kepala dan tubuh ke kanan sampai menatap lantai.

Yang terakhir, posisi itu selama 30 detik sebelum menyelesaikan rangkaian gerakan.

Demikian artikel mengenai cara hidup sehat. Diantaranya tentang Cara Mengatasi Vertigo Mendadak. Yakni, cara tradisional yang mudah Anda lakukan. Mencari bahannya juga tidak sulit. Cari saja di almari atau tempat penyimpanan sayuran yang Anda kehendaki. Yang penting Anda selalu hidup sehat.

 

!-- Ads 300x250 -->