10 Cara Mudah Mengatasi Vertigo Saat Kambuh

Sakit Kepala 0 Comments

BAGAIMANA cara mengatasi vertigo saat kambuh? Penyakit vertigo sering kambuh kapan saja dan di mana saja Anda berada. Tidak ada tanda-tanda khusus untuk itu. Tiba-tiba penyakit vertigo kambuh.

Lantas, apa yang harus Anda lakukan? Adakah cara khusus untuk mengatasi vertigo saat kambuh?

Karena penyakit vertigo sering datang tiba-tiba dan ketika vertigo kambuh Anda akan merasakan kepala sakit disertai kondisi di luar seperti bergoyang atau berputar, maka Anda perlu melakukan beberapa cara mengatasi biar penyakit tidak berkepanjangan dan Anda bisa segera sehat kembali.

Selain itu, pelajari apa saja penyebab vertigo mudah kambuh. Hindari penyebab vertigo mudah kambuh.

1. Tenangkan Emosi dan Pikiran

Ini penting supaya Anda tidak terjatuh. Saat vertigo kambuh, Anda akan menyaksikan keadaan sekeliling bergoyang atau berputar. Ini membuat tubuh Anda tidak stabil. Bisa terjatuh jika tidak segera cari pegangan.

Jika pegangan terdekat tidak ada, ya Anda sebaiknya langsung duduk. Tujuannya adalah sama. Yaitu, menghindarkan diri Anda terjatuh. Selain itu, ketika vertigo kambuh, Anda sebaiknya menundukkan kepala sambil mengambil nafas dalam-dalam untuk menenangkan emosi dan pikiran.

2. Cara Mengatasi Vertigo Saat Kambuh: Ambil Nafas untuk Memperlancar Darah

Anda sebaiknya mengambil nafas perlahan-lahan dan hembuskan. Lakukan beberapa kali sehingga aliran darah menuju otak yang tadinya tersendat bisa kembali normal. Anda akan kembali tenang. Selain itu, cara ini juga bisa menenangkan saraf yang dapat membantu Anda untuk menenangkan diri.

3. Hindari Menggelengkan Kepala

Saat penyakit vertigo kambuh, Anda jangan menggelengkan atau menggerakkan kepala. Sebab, menggelengkan kepala justru akan memperparah sakit vertigo. Langkah yang dianjurkan adalah bersandar atau perpegangan sesuatu atau duduk biar Anda tidak terjatuh.

4. Istirahat Sejenak

Anda perlu beristirahat sejenak. Tiduran sambil memejamkan mata di ruangan yang gelap atau agak gelap. Dengan cara ini, Anda bisa terhindar dari kemungkinan mual dan muntah. Selain itu, ketika tidur atau tiduran sebaiknya Anda menggunakan bantal lebih tinggi untuk tengkuk.

5. Hindari Stres

Anda sebaiknya melepaskan dari semua pikiran yang bisa membuat Anda stres. Lupakan masalah-masalah sulit yang Anda hadapi, termasuk pekerjaan. Dengan cara ini, Anda bisa cepat mengembalikan kondisi fisik Anda kembali segar.

6. Cara Mengatasi Vertigo Kambuh: Minum Air Putih

Jika memungkinkan, segera minum air putih atau air hangat untuk melemaskan otot-otot yang tegang akibat vertigo kambuh.

Jika ada, Anda bisa mengonsumsi minuman yang terbuat dari jahe. Anda bisa membawa minuman jahe herbal dan bisa diminum kapan saja. Minuman jahe herbal lebih praktis karena produk jadi sehingga Anda tinggal minum. Banyak obat herbal mengatasi vertigo yang dijual di toko-toko online.

 

terapi vertigo

terapi vertigo (foto:smartnurse.blogspot.com)

7. Lakukan Gerakan Foster

Caranya, tekuk tubuh ke posisi berlutut dan dengan muka menatap ke langit-langit ruangan selama beberapa detik.
Lalu, bungkukkan badan dengan kepala berada di antara kedua lutut. Cobalah dahi bisa menyentuh lantai selama 30 detik sampai sakit vertigo berkurang atau reda.

Berikutnya, posisikan kepala Anda ke sisi telinga yang merasakanan sakit selama 30 detik. Tegakkan kepala pelan-pelan dengan posisi dimiringkan ke sisi telinga yang terkena vertigo. Terakhir, silakan berdiri dengan perlahan.

8. Sediakan Obat Penenang

Jika penyakit vertigo Anda sudah akut dan seringkali kambuh, Anda sebaiknya selalu sedia obat untuk mengatasi vertigo sebagai pertolongan pertama.

Di mana pun dan kapan pun vertigo kambuh, Anda bisa segera minum obat untuk meredakan sakit Anda. Setelah itu, Anda bisa pergi ke dokter untuk memeriksakan diri dan mendapatkan pengobatan.

9. Sering Melakukan Senam

Anda sebaiknya sering melakukan senam agar bisa mencegah vertigo mudah kambuh. Ada beberapa jenis senam untuk mencegah vertigo sering kambuh.

Misalnya, senam mata vertigo, senam tubuh vertigo, senam tengok kepala vertigo, senam bagian hidung dan lengan, senam bagian kaki dan koordinasi, senam rebahan, dan sebagainya. Semua bertujuan untuk mengatasi vertigo sering kambuh.

10. Minum Obat Herbal

Anda juga bisa minum obat herbal mengatasi vertigo biar tidak sering kambuh. Obat herbal dibuat dari tanaman obat sehingga aman dari efek samping. Selain itu, harganya tidak begitu mahal. Bahkan, beberapa obat bisa Anda dapatkan dengan harga di bawah Rp 100 ribu.

Penutup

Demikian artikel mengenai cara mengatasi vertigo saat kambuh sekaligus mencegah biar sakit vertigo tidak sering kambuh. Penyakit vertigo memang sangat merepotkan sehingga penderita harus selalu berusaha mengatasinya.

Banyak cara mengatasi vertigo yang bisa Anda lakukan sehingga vertigo tidak berubah menjadi penyakit akut atau kronis. Risiko vertigo yang tidak diatasi dengan baik bisa fatal. Yaitu, bisa mengancam jiwa, membuat Anda kehilangan pendengaran, dan Anda tidak bisa beraktivitas seperti sebelumnya.

!-- Ads 300x250 -->