Ampuh, 4 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita

Berita 0 Comments

CARA mengecilkan perut buncit pada wanita. Bagaimana caranya? Ya, ini adalah perbincangan yang sering kita dengar di antara wanita muda yang badannya bertambah subur.

Memiliki badan subur dengan perut buncit memang sering menyebalkan. Kondisi seperti itu membuat sebagian wanita kurang percaya diri. Merasa risi, tidak nyaman, dan sebagainya.

Selain secara fisik tampilan wanita bertubuh subur tidak nyaman, seseorang dengan perut buncit juga rawan terkena penyakit.

“Perut buncit terjadi akibat penumpukan lemak viseral. Lemak ini sangat berbahaya dan berisiko meningkatkan penyakit degeneratif seperti diabetes,” tutur Prasna Pramitha, dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Alergi Imunologi RS Premier Bintaro, Jakarta seperti dikutip oleh dream.co.id.

Baca – 6 Alat Fitnes Untuk Mengecilkan Perut Wanita

Selain berisiko kena penyakit diabetes, pemilik perut buncit juga bisa terkena penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi (hipertensi), kanker, dsb.

4 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita dan Pelaksanaannya

cara mengecilkan perut buncit pada wanita

coba saya ukurnya Bu, perutmu masih buncit nggak..? Ah, perut Bapak yang buncit..tuh.. (foto:dream.co.id)

Tetapi seperti apa ukurannya seseorang dikatakan perutnya buncit? Ya, kalau ukuran lingkar perutnya lebih dari 80 centimeter untuk wanita dan 90 centimeter untuk pria.

Nah, sekarang berapa lingkar perut Bunda? Coba diukur. Jika masih di bawah 80 cm, tenang saja. Tetapi kalau lebih dari 80 cm, ya harus hati-hati. Coba mulai berusaha mengecilkan perut buncit.

Banyak cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang bisa Bunda lakukan. Jika bapaknya juga perut buncit, ajak bersama-sama mengecilkan perut buncit biar selalu sehat. Antara lain:

1. Ubah Pola Makan dengan Porsi Kecil

Ya, kebanyakan wanita memiliki perut buncit karena pola makan yang tidak sehat. Sebaiknya, dalam sepiring makanan terdiri dari karbohidrat, protein, sayur, buah dan lemak secara seimbang.

Dari makanan itu, masih kata dr Prasna Pramitha, yang terbanyak harus karbohidrat. Berikutnya sayur dan buah, lalu protein. Sementara, kurangi makanan yang mengandung lemak, gula, dan penggunaan minyak (aneka gorengan).

Makan sebaiknya dalam porsi kecil. Meskipun makannya lebih dari 3 kali sehari. Misalnya makan 4 atau 5 kali sehari. Lakukan bertahap jika tidak bisa sekaligus. Dimulai porsi makan biasanya dikurangi 1/3 dulu. Lalu dikurangi separohnya.

Lengkapi juga dengan mengomsumsi buah dan sayuran. Buah beri sangat baik untuk mempercepat pembakaran lemak. Demikian pula sayuran hijau.

2. Mengunyah Makanan Jangan Terlalu Cepat

Anda mengunyah makanan terlalu cepat juga bisa mengakibatkan perut buncit. Selain itu juga membebani pencernaan, ginjal dan usus karena harus melembutkan.

Oleh karena itu, saat makan jangan terlalu cepat. Kunyah makanan sampai lembut. Ada dokter yang menyarankan dikunyah sampai 32 kali, barulah makanan ditelan. Jadi saat masuk ke pencernaan, makanan sudah lembut.

Cara ini bisa mencegah risiko terjadi perut buncit. Ya, ibu-ibu dan bapak yang punya perut buncit, bisa mencoba mengunyah makanan sampai lembut.

Jangan makan dengan tergesa-gesa. Santai aja biar pikiran tenang dan perut menjadi langsing.

3. Setelah Makan Malam, Jangan Langsung Tidur

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita lainnya adalah jangan langsung tidur setelah makan malam. Misalnya nih, pulang dari kantor, dari toko atau dari bepergian sudah agak malam.

Sampai rumah langsung makan. Atau mampir di restoran. Karena lelah, sampai rumah langsung tidur. Padahal jarak makan dan tidur hanya setengah jam atau satu jam. Ini harus dihindari karena bisa menyebabkan terjadinya perut buncit.

4. Minum Air Putih 8 Gelas Per Hari

Berapa Bunda minum air putih sehari? Kalau tidak pernah minum air putih atau terlalu sedikit minum air putih, ya pantas perut Bunda buncit. Coba ubah pola minum. Kalau belum biasa, ya ubah secara bertahap.

Banyak minum air putih adalah pangkal kesehatan. Sebaiknya minum sekitar 8 gelas atau dua liter air putih per hari. Terlalu banyak juga kurang baik.

Di negara maju seperti Inggris, minum air putih digalakkan. Bepergian harus membawa bekal air putih. Rapat dan pertemuan harus menyediakan air putih, bukan soda.

Maka, jika kita ingin sehat, jangan lupa minum air putih yang cukup. Apalagi orang tua. Kurang minum air putih bisa menjadikan sembelit.

4. Olahraga Rutin – Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita

Olahraga juga sangat penting untuk mengecilkan perut buncit. Sebab, lemak yang membuat perut buncit memerlukan gerakan olahraga untuk seluruh badan. Maka, jenis olahraga yang dipilih harus berefek pada seluruh tubuh, bukan hanya berefek pada daerah tertentu.

Jenis olahraga yang bisa menurunkan perut buncit bisa berupa olahraga kardio dan kekuatan otot. Misalnya jalan cepat, lari, bersepeda, yoga, side plank, swing kettle pose, zumba, dan masih banyak lagi.

Anda bisa memilih jenis olahraga mana yang bisa Anda lakukan dengan nyaman, terutama jika melakukan sendirian. Kalau berolahraga bersama, ya ikuti instruktur.

Yang penting kemauan untuk berolahraga mengecilkan perut buncit. Kapan waktunya, bisa diatur. Tak bisa pagi, siang. Tak bisa siang, sore. Tidak bisa sore, ya malam. Bahkan menjelang tidur pun bisa berolahraga. Olahraga menjelang tidur malam.

Penutup

Sesungguhnya banyak cara mengecilkan perut buncit pada wanita ataupun pria. Tinggal memperbesar tekad dan kemauan. Termasuk Anda yang suka dijamu atau menjamu tamu dengan makanan lezat berlemak.

Kata pepatah lama, banyak jalan menuju roma. Bagaimana cara Anda menyiasati kondisi yang ada sehingga Bunda atau siapa saja bisa mengecilkan perut buncit.

Semoga artikel mengenai cara mengecilkan perut buncit pada wanita ini bermanfaat bagi Anda semua. Selamat untuk mengecilkan perut buncit.

!-- Ads 300x250 -->