10 Cara Mudah Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

Bau Mulut, Berita 0 Comments

CARA menghilangkan bau jengkol di mulut – Mengonsumsi jengkol selalu membuat bau mulut tidak sedap. Banyak orang menghindarinya. Tetapi, tidak sedikit orang yang sulit meninggalkan masakan jengkol.

Itulah sebabnya, beberapa restoran atau rumah makan yang menyajikan masakan jengkol tetap laku keras. Banyak pelanggan yang selalu memadati restoran itu tiap hari. Beberapa restoran/rumah makan masakan jengkol itu justru berdiri di kota besar, seperti Jakarta.

Misalnya, Rumah Makan Republik Jengkol di Jakarta Timur dan Warung Jengkol di Rawamangun Jakarta. Ada yang menyajikan masakannya dalam makanan khas Betawi, masakan rendang jengkol ataupun jengkol balado di rumah makan Padang.

Ada juga yang menyajikan nasi uduk jengkol, nasi goreng jengkol, nasi semur jengkol, dsb. Di kota-kota lain luar Jakarta juga ada beberapa rumah makan/restoran yang menyajikan masakan jengkol.

Pertanyaannya, bagaimana dengan bau mulut setelah mengonsumsi masakan dengan menu jengkol? Apakah ada cara untuk mengatasi bau mulut setelah makan masakan jengkol?P

10 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut – Anda Bisa Melakukan Sendiri dengan Mudah

Ternyata, banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol. Bau mulut tidak sedap itu akibat adanya senyawa djengkolic acid atau asam jengkolat.

CARA menghilangkan bau jengkol di mulut

Berikut ini beberapa cara menghilangkan bau jengkol di mulut, yaitu:

1. Mengonsumsi Mentimun

Anda bisa menghilangkan bau jengkol pada mulut dengan mengonsumsi mentimun. Air dari mentimun mampu menyegarkan bau mulut setelah mengonsumsi jengkol. Kemampuan air mentimun menghilangkan bau mulut sama dengan kemampuan air putih yang Anda konsumsi.

2. Minum Kecap ala Gubernur Jawa Barat

Anda juga bisa mencoba cara menghilangkan bau jengkol di mulut seperti yang ditawarkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Yaitu, setelah mengonsumsi masakan jengkol, Anda minum kecap manis dua sendok makan. Anda pun bisa menikmati sedapnya masakan jengkol dan pete, tetapi tanpa meninggalkan bau tidak sedap.

3. Mengunyah Beras

Anda juga bisa menghilangkan bau jengkol dengan mengunyah beras. Ya, betul. Ambil segenggam beras lalu dikunyah sampai halus. Setelah beras halus atau lembut, hasilnya Anda muntahkan. Bukan untuk ditelan.

4. Makan Permen Karet

Cara menghilangkan bau mulut karena jengkol lainnya adalah dengan mengunyah permen karet atau permen mint. Cara itu tentu lebih nyaman dibandingkan dengan mengunyah beras.

Mengunyah permen karet akan membantu menyegarkan aroma atau bau mulut. Permen karet berfungsi seperti pencuci mulut sekaligus menghilangkan kotoran yang menempel pada gigi.

5. Mengunyah Garam

Ini juga cara mengatasi bau mulut habis makan jengkol yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Ambil sedikit garam dan kunyah.

Memang, Anda akan mendapatkan rasa sangat asin di mulut. Asal Anda tidak punya penyakit darah tinggi (hipertensi) dan kolesterol, bisa melakukan cara ini.

Tetapi, jika Anda punya penyakit darah tinggi atau kolesterol tinggi, jangan menggunakan garam untuk perbuatan apa pun, termasuk menghilangkan bau mulut.

Nanti, penyakit hipertensi (darah tinggi) dan kolesterol Anda justru akan kambuh.

Mengonsumsi garam bisa meningkatkan produksi air liur di mulut yang bisa mengatasi bau mulut dan membunuh kuman-kuman penyebab bau mulut.

6. Minuman Kopi Pahit

Rasa pahit ternyata juga obat. Misalnya temulawak yang rasanya sangat pahit, madu pahit, dan kini minuman kopi pahit. Semua bahan yang pahit itu bisa untuk menyembuhkan banyak penyakit.

Minuman kopi pahit bisa Anda coba minum untuk menghilangkan bau mulut akibat makan jengkol atau petai. Jadi, minuman kopi yang akan Anda minum tidak ada gulanya. Bahan minuman hanya bubuk kopi.

Bubuk kopi ternyata bisa membantu menetralisir aroma jengkol di mulut. Hanya saja untuk menghilangkan bau jengkol, Anda bisa menyeduh bubuk kopi tanpa gula dan menjadikannya kopi pahit.

7. Minuman Teh Hijau

Sama dengan minuman kopi, minuman teh hijau juga bisa menghilangkan bau tidak sedap dari mulut. Anda cukup meneguk minuman teh hijau satu gelas. Maka, aroma tidak sedap dari mulut setelah mengonsumsi jengkol akan hilang.

Teh hijau mengandung zat polyphenols yang bisa menetralisir bau mulut akibat makanan masakan jengkol.

8. Minum Susu Menghilangkan Bau Jengkol

Minum susu juga bisa Anda jadikan cara menghilangkan bau tidak sedap di mulut akibat mengonsumsi jengkol. Ini terjadi karena susu mempunyai sifat netral. Air susu mengandung senyawa sulfida metil yang bisa menetralisir bau tidak sedap.

Senyawa sulfida metil akan mentralisir bau tidak sedap pada mulut Anda sehingga lenyaplah bau jengkol.

9. Minuman Bersoda

Siapa yang tidak suka minuman bersoda? Minuman segar dan manis ini disukai oleh hampir sebagian besar penduduk dunia. Rasa segar dari minuman ini bisa segera menghilangkan rasa haus Anda.

Ternyata, minuman bersoda juga bisa menghilangkan bau mulut karena habis mengonsumsi jengkol atau makanan lain seperti petai. Anda bisa mencobanya.

10. Segera Menggosok Gigi

Selesai mengonsumsi masakan jengkol, sebaiknya Anda segera menggosok gigi dengan pasta yang mengandung mint. Dengan cara ini, mulut Anda akan kembali terasa segar dan bau jengkol bisa teratasi. Ingin coba? Silakan.

Cara Memasak Jengkol biar Tidak Berbau

Ada juga cara mengatasi bau jengkol dengan cara tertentu saat memasak sehingga masakan jengkol tidak membuat bau mulut tidak sedap. Ada restoran yang berani menjamin masakan jengkolnya tidak meninggalkan bau mulut tidak sedap. Tetapi, restoran ini tidak bersedia menunjukkan resepnya.

Ada resep tentang cara memasak jengkol yang nantinya tidak membuat bau mulut tidak sedap. Antara lain saat memasak jengkol, Anda tambahkan beberapa lembar daun salam. Atau jengkol direndam dulu di dalam air kapur sirih sebelum dimasak. Atau jengkol direbus dulu dengan ditambah beberapa lembar daun jambu biji dan 1 sendok teh hitam.

Manfaat Konsumsi Jengkol untuk Kesehatan

Ternyata, jengkol bukan hanya enak dikonsumsi bagi penggemarnya. Mengonsumsi jengkol juga bermanfaat untuk kesehatan. Antara lain, (1) bisa menghindarkan Anda dari sakit maag, (2) menghindarkan Anda dari penyakit diabetes dan (3) mencegah Anda dari kena sakit jantung.

Jengkol mengandung zat antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Ini bisa membuat Anda bebas dari kemungkinan kena sakit kanker, sakit jantung, dsb. Antioksidan dalam jengkol antara lain polifenol, flavoniod, terpenoid, dan alkaloid.

Penutup

Demikian artikel mengenai 10 cara menghilangkan bau jengkol di mulut. Selain itu, menghilangkan bau jengkol bisa dilakukan dengan cara tertentu ketika memasak atau sebelum dimasak.

Silakan para pencinta masakan jengkol untuk mencoba cara yang akan Anda pilih sehingga mengonsumsi masakan jengkol tidak menyebabkan bau mulut. Bahkan, bisa menyelamatkan Anda dari kemungkian kena berbagai penyakit.