Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Jeruk Nipis

Bau Mulut 0 Comments

CARA menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis – Punya bau mulut tentu saja merepotkan. Bahkan, bisa membuat Anda rendah diri. Banyak teman menghindar jika Anda datang untuk berbincang atau bersantai bersama.

Ketika Anda berbicara, bau mulut tidak sedap akan menyebar ke sekeliling. Tentu saja, orang-orang yang berdekatan dengan Anda akan merasa tidak nyaman. Mereka harus menghirup bau tidak sedap.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau mulut tidak sedap? Apa saja yang harus dilakukan? Bagaimana cara mengatasi biar bau mulut berganti bau harum?

Banyak Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Banyak cara menghilangkan bau mulut tak sedap yang dapat Anda lakukan. Salah satunya adalah cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis.

Ya, penggunaan jeruk nipis ini sebagai cara menghilangkan bau mulut secara alami. Tentu saja aman dari efek samping.

Anda jelas sudah mengenal jeruk nipis. Bentuk buahnya kecil, berdiameter 3 – 6cm, warna hijau atau kuning, rasanya mirip rasa jeruk lemon, yakni asam tetapi sedikit pahit.

Buah jeruk nipis sering digunakan untuk penyedap masakan. Tetapi, juga bisa digunakan untuk bahan mencuci piring dan perabot dapur lainnya.

Jeruk nipis juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Misalnya, menyembuhkan batuk, mengatasi radang tenggorokan, melancarkan pencernaan, mengatasi bau mulut, bau badan, ambien, amandel, anyang-anyangan, batuk pilek (flu), batu ginjal, difteri, demam, jerawat, haid (menstruasi) tidak teratur, dsb.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Jeruk Nipis?

Sebelum menjawab pertanyaan bagaimana cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis, ada baiknya kita tahu proses jeruk nipis bisa mengatasi bau mulut.

Bau mulut terjadi akibat banyak bakteri yang berkembang di mulut. Apalagi, mereka malas menggosok gigi. Banyak sisa makanan tertinggal di sela gigi yang akhirnya meningkatkan produksi senyawa sulfur yang menyebarkan bau tak sedap.

Kurangnya karbohidrat juga bisa menyebabkan bau mulut. Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, tubuh lalu memecahkan glukosa (zat gula) yang tersimpan di hati dan otot tubuh.

Sesudah itu tubuh memecahkan lemak dan berakhir pada sisa metabolisme. Dari sini akhirnya terjadi bau mulut tidak sedap.

Makanan berkarbohidrat tinggi, misalnya, kentang, beras merah, pasta gandum, roti gandum, oatmeal, dan buah-buahan seperti pir, apel, dan pisang.

Salah satu cara mengatasi atau menghilangkan bau mulut secara alami adalah dengan minum perasan jeruk nipis. Minyak limonoids dalam jeruk nipis bisa membuat bau aromatik yang efektif untuk menghilangkan bau mulut.

Tentu saja membuat ramuan jeruk nipis untuk menghilangkan bau mulut sangat mudah. Caranya, siapkan buah nipis yang sudah dicuci, jeruk dipotong jadi dua, lalu diperas airnya. Anda bisa menggunakan alat pemeras jeruk nipis.

Perasan jeruk nipis dalam gelas ditambah air matang hangat setengah gelas dan madu. Setelah diaduk rata, silakan ramuan jeruk nipis diminum. Lakukan sehari dua kali biar bau mulut Anda segera hilang atau teratasi.

Air jeruk nipis juga mengandung asam sitrat yang bisa menurunkan ph dalam mulut dan membunuh bakteri penyebab bau mulut tidak sedap.

Setelah selesai minum air perasan jeruk nipis, silakan berkumur dengan air putih biar gigi Anda tetap sehat. Sebab, rasa air jeruk yang asam bisa merusak enamel gigi.

Manfaat Lain: Merangsang Pencernaan, Membuang Racun

cara mengobati bau mulut

(foto:walafiat.com)

Tidak hanya menghilangkan bau mulut. Minum perasan jeruk nipis pada pagi hari juga bisa:

  1. Merangsang sistem pencernaan.
  2. Menjaga keteraturan kerja organ cerna atau usus.
  3. Merangsang kantung empedu untuk melepaskan berbagai racun dalam tubuh.
  4. Meningkatkan fungsi hati
  5. Meningkatkan produksi enzim pencernaan.
  6. Membantu mengoksidasi darah dalam tubuh
  7. Melancarkan jalur produksi energi tubuh sepanjang hari.

Perhatikan: Jangan minum perasan air jeruk nipis bersamaan dengan makan dan minum apa pun. Tujuannya supaya air perasan jeruk nipis bisa bekerja maksimal.

Menghilangkan Bau Mulut dengan Obat Herbal

Anda juga bisa menghilangkan bau mulut dengan mengonsumsi obat herbal. Banyak obat herbal untuk mengatasi bau mulut dijual di toko herbal atau toko online.

Antara lain FresMul Kapsul Obat Herbal Menghilangkan Bau Mulut, DrDental Care Obat Kumur Menghilangkan Karang Gigi & Bau Mulut Original, LISTERINE COOL MINT 500ML/ OBAT KUMUR, MENGHILANGKAN BAU,  Spray Penyegar Mulut No. 1 Terpercaya Menghilangkan Bau Mulut, dsb. Harganya juga tidak mahal.

Penutup

Demikian artikel mengenai cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis. Caranya sangat mudah, tetapi khasiatnya tinggi (ampuh). Lakukan beberapa kali sampai bau mulut Anda hilang. Bahkan, berganti bau harum. Anda bisa kembali nyaman dalam pergaulan sekaligus selalu sehat.