16 Cara Menghilangkan Bau Mulut karena Gigi Berlubang

Bau Mulut 0 Comments

BAGAIMANA cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang? Caranya tidak sulit. Banyak cara bisa Anda lakukan. Pilih cara yang mudah dilakukan dan murah biayanya.

Tidak percaya? Coba saja. Cara yang terbaik memang mencegah agar gigi tidak berlubang.

Pencegahan bisa dimulai dari usia anak-anak. Biasakan anak menyikat gigi tiap hari. Ketika minum susu dengan dot, bersihkan dulu dotnya.

Hindari memberikan makanan minuman manis (banyak gula). Glukosa, laktosa, dan sukrosa adalah zat gula yang bisa menyebabkan gigi anak rusak.

Misalnya, gula-gula (permen). Selalu disukai anak-anak. Tetapi, risikonya giginya bisa berlubang atau rusak.

Uraian berikut ini akan membahas mengenai:

1. Risiko punya gigi berlubang yang tidak diobati
2. Cara mengatasi bau mulut akibat gigi berlubang

Risiko Gigi Berlubang yang Tidak Segera Diatasi

Jika sekarang gigi Anda sudah berlubang, apa yang harus Anda lakukan? Bagaimana jika gigi berlubang dibiarkan tanpa penanganan atau pengobatan? Apa saja risikonya?

cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang
Cek gigi berlubang (foto:drgreene.com)

Risiko gigi berlubang yang tidak diatasi antara lain:

1. Rasa sakit yang tidak tertahankan

Pernah menderita sakit gigi? Waduh, rasanya sangat sakit dan nyeri sehingga membuat semalaman tidak bisa tidur. Untuk duduk sakit, bekerja sakit, bahkan tiduran juga sakit.

Apalagi untuk makan atau mengunyah makanan yang agak keras. Wah, sakitnya bukan main. Makanan perlu dilembutkan sehingga mudah dikunyah dan ditelan.

2. Infeksi makin meluas

Gusi dan tulang rahang juga akan mengalami kerusakan akibat gigi berlubang yang tidak segera diatasi. Lalu, terjadilah gigi ompong (giginya habis karena rusak).

Jika hal itu terjadi pada orang tua, tidak apa-apa. Tetapi jika terjadi pada Anda muda? Woowww…

3. Terjadi penyakit gusi

Gusi Anda juga bisa sakit dengan ditandai rasa nyeri pada gusi. Gusi tampak merah, bengkak atau berdarah.

4. Berakibat sakit jantung dan stroke

Siapa pun tidak ingin mengalami penyakit jantung. Tetapi, gigi berlubang yang tidak segera diatasi bisa membuat bakteri dalam mulut memasuki aliran darah dan bisa menyebabkan infeksi di otot jantung atau sakit jantung.

Gigi berlubang (sakit gigi parah) juga bisa menyebabkan stroke. Sebab, akibat infeksi, maka aliran darah ke otak bisa tidak mencukupi dan terjadilah stroke iskemik.

5. Bisa menyebarkan bau tidak sedap

Gigi berlubang juga bisa menyebabkan terjadinya bau tidak sedap. Akan ada penumpukan bakteri, terutama di gigi berlubang yang akhirnya menebarkan bau busuk. .

Bahkan, hasil penelitian menunjukkan 80% bau mulut terjadi akibat gigi tidak sehat seperti gigi berlubang dan gusi sakit. Maka, mengatasi dan mencegah gigi berlubang sangat penting.

16 Cara Menghilangkan Bau Mulut karena Gigi Berlubang

Dari berbagai risiko yang bisa terjadi akibat gigi berlubang, maka risiko terjadinya bau mulut tidak sedap adalah risiko yang bisa mengganggu tampilan Anda sehari-hari.

Anda akan dijauhi teman-teman sekantor, teman sekuliah, teman sekerja atau teman kompleks perumahan atau teman sekampung dan lainnya akibat Anda menebarkan bau mulut tidak sedap akibat gigi berlubang.

Maka, sangat penting bagi Anda yang punya bau mulut karena gigi berlubang untuk segera mengatasi atau menghilangkan. Banyak cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang bisa Anda lakukan tanpa harus pergi ke dokter gigi.

Berikut ini 16 cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. Ke-10 cara itu adalah:

1. Periksa dokter gigi untuk mengatasi gigi berlubang Anda. Tindakan dokter sesuai dengan kondisi lubang gigi Anda. Bisa cukup diobati, ditambal atau dicabut.

2. Selalu jaga kebersihan mulut dengan rajin menyikat gigi, setidaknya dua kali sehari. Pilih sikat gigi yang lembut disertai pasta gigi yang mengandung flouride. Menyikat gigi minimal 2 menit.

3. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Ini perlu, karena terkadang sisa makanan (kotoran) yang berada di sela gigi tak bisa dijangkau oleh sikat gigi.

4. Bersihkan juga lidah Anda dengan sikat gigi. Di balik sikat gigi. Anda bisa raba dan terasa kondisinya kasar. Itu memang disiapkan untuk menyikat lidah. Terkadang bakteri dalam lidah tak bisa hilang hanya dengan berkumur. Kondisi ini bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap.

5. Jangan terlalu banyak mengonsumsi jajanan atau makanan manis dan asam. Misalnya, permen, manisan, dan minuman bersoda. Anak-anak sangat suka makanan minuman sangat manis dan orang tua perlu mencegahnya biar mereka terhindari kerusakan gigi dan adanya bau mulut tak sedap.

6. Hindari merokok dan menghisap asap rokok. Sering merokok bisa merusak gusi, mengotori gigi dan menimbulkan bau mulut tidak sedap.

7. Hindari sering mengonsumsi minuman kopi. Sebab, minuman kopi bisa dan alkohol. Keduanya bisa menyebabkan

8. Hindari sering mengonsumsi minuman kopi. Sebab, minuman kopi bisa menyebabkan bau tidak sedap pada lidah bagian belakang.

9. Hindari sering minum alkohol. Mulut mudah terasa kering dan mengeluarkan bau tidak sedap.

10. Jauhi makanan yang bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap. Misalnya, bawang putih, bawang merah dan petai.

11. Konsumsi makanan sehat yang bisa menyehatkan gigi dan menghindari kerusakan gigi. Misalnya, makanan dan buah yang kaya serat.

12. Konsumsi makanan dan buah yang bisa menyegarkan nafas dan bau mulut Anda. Antara lain mengonsumsi wortel, seledri, buah pisang, dan apel.

13. Gunakan obat kumur yang baik.

Ada beberapa jenis obat kumur yang dijual yang bisa mencegah gigi berlubang atau mengatasi gigi berlubang sehingga mampu mengatasi bau mulut tidak sedap.

Selain sebagai cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlbang, obat kumur juga bisa mengurangi bakteri penyebab tumbuhnya plak pada gigi.

14. Berkumur dengan air larutan garam. Siapkan air hangat (matang) satu gelas, lalu tambahkan garam 2 sendok makan. Aduk secukupnya. Gunakan air garam untuk berkumur setelah menyikat gigi.

15. Berkumur dengan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Cara membuatnya sama, yakni siapkan 2 buah jeruk nipis atau1 buah jeruk lemon. Peras air jeruk, tambahkan air hangat, aduk, lalu gunakan berkumur.

16. Belimbing wuluh. Ini juga efektif untuk mengatasi bau mulut. Rasa asam belimbing bisa digunakan membasmi bakteri dalam mulut. Tumbuh dua biji belimbing yang belum matang, lalu hasilnya dioleskan pada gigi yang sakit (berlubang).

Penutup

Demikian artikel mengenai Cara Menghilangkan Bau Mulut karena Gigi Berlubang. Tentu saja, yang jauh lebih penting adalah menghindari terjadinya gigi berlubang.

Tetapi, jika gigi Anda sudah berlubang, Anda harus mengatasinya supaya bau mulut bisa diatasi. Anda harus bisa menghilangkan bau mulut yang bisa mengganggu penampilan Anda. Bahkan, bisa membuat Ada merasa rendah diri di antara teman atau siapa pun.

Semoga artikel persembahan waraswiris.com ini bermanfaat untuk Anda.