6 Cara Menghilangkan Bau Mulut setelah Makan Jengkol

Bau Mulut 0 Comments

MAKAN dengan masakan jengkol memang nikmat. Banyak orang menyukai. Maka, rumah makan (warung) dengan sajian masakan jengkol sering dipadati konsumen. Masalahnya, bagaimana cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol?

Ya, permasalahan utama dari masakan jengkol adalah bau yang tidak sedap. Setelah mengonsumsi masakan jengkol, dari mulut Anda akan keluar bau tidak sedap yang membuat lingkungan tidak nyaman.

Bahkan, setelah Anda buang air kecil pun, kamar mandi / kamar kecil yang Anda singgahi sebentar akan menebarkan bau menyengat tidak sedap. Tidak sedikit orang yang tidak tahan menghirup bau habis makan jengkol itu.

Pertanyaannya, adakah cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol? Apa saja yang harus dilakukan sehingga bau mulut tidak sedap bisa menghilang dan tidak ada lagi bau tidak sedap itu?

6 Cara Menghilangkan Bau Mulut Setelah Mengonsumsi Jengkol

Bau tidak sedap yang menyengat setelah mengonsumsi masakan jengkol dan juga petai terjadi akibat adanya senyawa djengkolic acid atau asam jengkolat. Tetapi, Anda tidak perlu risau dengan bau jengkol.

Mengapa?

Karena jengkol juga sangat baik untuk kesehatan. Antara lain bisa mencegah Anda kurang darah (penyakit anemia), proteinnya tinggi dan bisa mempercepat pembentukan jaringan tubuh, mencegah tulang keropos akibat usia lanjut (osteoporosis), menangkal radikal bebas, mengatasi sakit jantung, mencegah diabetes, dsb.

Yang penting bagaimana cara menghilangkan bau jengkol di mulut. Lebih bagus lagi, juga bisa menghilangkan bau jengkol pada air seni.

Jika hal itu bisa dilakukan, maka mengonsumsi masakan jengkol tidak ada masalah. Makan jengkol tidak menyebabkan bau mulut ataupun bau pada air seni.

 

 cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol

buah cheery untuk menghilangkan bau mulut (foto: tanamanmart.com)

Berikut ini 6 cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol. Caranya sangat mudah. Anda bisa memanfaatkan buah, obat kumur, dsb.

1. Cherry Menghilangkau Bau Jengkol dengan Cepat

Anda bisa menghilangkan bau jengkoll di muluat dengan mengonsumsi buah cherry. Buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Buah cherry akan membuat nafas Anda segar tanpa bau jengkol. Meskipun Anda baru saja selesai mengonsumsi jengkol.

Buah cherry memang bisa menghilangkan bau jengkol dengan cepat. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menyiapkan buah cherry sebagai pencuci mulut setelah makan besar. Pencuci mulut sekaligus menghilangkan bau jengkol.

Manfaat lain dari mengonsumsi buah cherry adalah membuat gusi Anda selalu sehat.

2. Mengonsumsi  Jeruk Bisa Mengatasi Bakteri

Buah lain yang juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol adalah jeruk. Kandungan vitamin C dalam jeruk cukup tinggi. Ini bisa mengatasi bakteri dalam mulut yang membuat bau tidak sedap, termasuk mengatasi bau sedap akibet mengkonsumsi jengkol.

Bahkan, dengan rutin mengonsumsi buah jeruk, Anda akan terhindar dari penyakit gusi atau gingivitis. Silakan mencoba mengatasi bau mulut akibat makan jengkol dengan jeruk. Ya, jeruk apa saja yang Anda sukai dan kandungan vitamin C-nya tinggi.

Tiap buah jeruk mengandung 50 hingga 70 mg vitamin C. Selain vitamin C, jeruk juga sebagai sumber antioksidan, serat, folat, mineral, dan vitamin lainnya.

Anda juga bisa minum perasan air jeruk nipis. Ini juga bagus untuk menghilangkan bau mulut akibat mengonsmsi jengkol. Yang penting Anda tidak menderita sakit maag. Jika punya sakit maag, jangan mengonsumsi buah dengan rasa asam seperti jeruk, nanas, mangga, dsb.

3. Semangka Juga Kaya Vitamin C

Seperti halnya jeruk, semangka juga kaya vitamin C. Selain itu mengandung banyak air. Maka, semangka juga afektif untuk menghilangkan bau jengkol ataupun pete (petai).

Kandungan air yang tinggi bisa menetralisir aroma tidak sedap dari mengonsumsi jengkol ataupun petai. Semangka juga membuat segar pada tenggorokan dan tubuh sehingga mengonsumsi semangka akan menjadikan Anda selalu segar.

4. Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur juga bagus untuk mengatasi bau jengkol. Apalagi sebelum berkumur, Anda lebih dulu menyikat gigi dengan baik. Akan terjadi penguatan untuk melenyapkan bau jengkol secepatnya.

Obat kumur yang bagus untuk menghilangkan berbagai bau tidak sedap dalam mulut antara lain TheraBreath Fresh Breath Oral Rinse Mouthwash, Proliz Herbal Propolis Lozenges, Sirup Enkasari, Dr+ Dental Care Liquid, Mustika Ratu Obat Kumur Daun Sirih, Listerine Total Care Zero Anti-cavity Mouthwash, dan Konimex Frezza Antiseptic Mouthspray.

Pilih obat kumur mana yang Anda sukai, termasuk suka harganya yang murah, tetapi kualitas bagus. Anda juga bisa berkumur menggunakan ramuan daun sirih.

5. Mengunyah Garam

Cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan garam.  Caranya, ambil sedikit garam untuk Anda kunyah. Sama dengan mengunyah kopi pahit, Anda bisa mengunyah sedikit garam lalu dibuang / dimuntahkan.

Selain mengatasi bau mulut, garam juga bisa dipakai untuk meningkatkan produksi air liur sehingga membuat mulut tidak kering.

Kurang air liur di mulut juga bisa membuat bau tidak sedap dari mulut. Anda bisa meningkatkan produksi air liur dengan banyak minum air putih.

6. Mengkonsumsi Yogurt Tanpa Gula

Yogurt juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkau bau mulut setelah makan jengkol. Sebuah penelitian menyatakan bahwa yogurt termasuk salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan bau mulut, termasuk bau jengkol di mulut.

Tetapi, sebaiknya Anda memilih yogurt yang tidak mengandung gula dan kandungan lemaknya rendah. Yogurt seperti itulah yang bisa melawan bakteri jahat yang bersarang di dalam mulut.

Sebaliknya, yogurt yang mengandung gula bukan mengusir bau mulut tak sedap. Yogurt manis justru membantu pertumbuhan bakteri jahat di dalam mulut.

Penutup

Semoga artikel tentang 6 Cara Menghilangkan Bau Mulut setelah Makan Jengkol ini bermanfaat untuk Anda. Makan masakan jengkol tetap bagus karena jengkol juga berkhasiat untuk kesehatan. Yang penting Anda mampu menghilangkan baunya, baik dilakukan setelah mengonsumsi masakan jengkol atau dilakukan ketika masak jengkol.

 

!-- Ads 300x250 -->