7 Cara Menghilangkan Bau Mulut untuk Selamanya

Bau Mulut 0 Comments

CARA menghilangkan bau mulut untuk selamanya – Siapa pun merasa tidak nyaman punya mulut berbau. Mereka malu dan risi dengan bau mulut yang tidak sedap. Maka, mereka ingin segera menghilangkan bau mulut sehingga bisa bebas berbincang bersama teman atau dengan siapa pun.

Kalau bisa, mereka pasti ingin menghilangkan bau mulut untuk selamanya. Ya, selama hidupnya. Tetapi, mungkinkah itu? Lantas, cara apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan bau mulut permanen?

Bau Mulut, Tanda Kurang Peduli atas Kesehatan Mulut

Bau mulut atau halitosis bukan hanya sesuatu yang tidak sehat dan bisa mengganggu pergaulan. Sebanyak 25% penduduk dunia mengalami masalah mulut berbau ini.

Tetapi, bau mulut juga bisa menunjukkan bahwa kita kurang peduli dengan cara hidup sehat dan bersih. Apalagi bau mulut kita sampai akut.

Maka, kesehatan mulut, termasuk kesehatan gigi, sangat penting untuk terus dijaga. Dengan cara itu, Anda bisa terhindar dari bau mulut.

Hanya masalahnya, bagaimana cara mencegah terjadinya bau mulut? Jika mulut Anda sudah sering menebarkan bau tidak sedap, bagaimana cara mengatasinya?

cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya
Cara cek bau mulut (foto:elsa-tutorial.blogspot.com)

Anda Sebaiknya Sering Cek Bau Mulut, Caranya Sangat Mudah

Untuk memastikan apakah mulut Anda menebarkan bau tidak sedap, Anda perlu mengeceknya setiap saat. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mulut mereka menebarkan bau mulut.

Menurut Sri Hastuti Kumaladewi, Head of Marketing Listerine, orang sering tidak menyadari ada bau dari mulutnya karena mereka sudah beradaptasi dengan bau itu.

Tetapi, sesungguhnya ada cara untuk mengecek apakah mulut Anda bau atau tidak. Caranya pun sangat mudah. Cara berikut ini adalah salah satunya. Bagaimana?

Coba jilat pergelangan tangan dalam (nadi) Anda. Biarkan beberapa saat sampai mengering. Setelah kering, coba cium baunya. Jika bau berarti mulut Anda berbau tidak sedap. Anda harus mengatasinya.

Anda juga bisa mengetahui kondisi bau mulut dengan tanya teman akrab atau orang serumah. Dua cara itu bisa Anda lakukan semua. Jika hasilnya sama berarti Anda harus memperhatikan kesehatan mulut dan gigi Anda.

Syukur bau mulut bisa hilang selamanya.

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut untuk Selamanya

Berikut ini 7 cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya. Anda bisa melakukan satu atau beberapa cara yang memungkinkan untuk bisa menghilangkan bau mulut. Lakukan cara mengatasi bau mulut ini secara rutin dan benar.

1. Sering Minum Air Putih

Anda bisa mengatasi bau mulut dengan banyak minum air putih. Salah satu penyebab mulut bau adalah kurangnya air liur dalam mulut.

Kurangnya air liur di mulut bisa menyebabkan banyak kuman muncul yang akhirnya menimbulkan bau di mulut. Minum air putih bisa membantu mengatasi kekurangan air liur sekaligus mengatasi bau mulut.

2. Bersihkan Lidah dengan Alat Khusus

Selain menyikat gigi, Anda juga perlu membersihkan lidah secara teratur dan kontinyu. Sebab, lidah yang tidak pernah dibersihkan bisa menjadi tempat bersemayamnya bakteri mulut.

Gunakan alat khusus untuk membersihkan lidah. Nama alat itu adalah tongue scraper. Harga alat ini sangat murah, yaitu Rp 20.000 – Rp 50.000/biji.

Atau menggunakan sikat gigi bagian belakang. Bagian depan yang ada bulunya untuk menyikat gigi. Di baliknya, dibuat kasar untuk menyikat lidah.

3. Sering Berkumur dengan Obat Kumur

Yang terbaik, Anda bisa berkumur menggunakan obat kumur yang bisa Anda dapatkan di toko obat, apotek atau di swalayan.

Banyak merek obat kumur dijajakan di etalase obat. Pilih yang cocok, termasuk cocok harganya. Harga obat kumur juga murah. Baca aturan pakai sehingga aman dari efek samping dari suatu produk.

Berkumur dengan air putih berulang-ulang juga bisa mengatasi bau mulut jika bau mulut Anda masih tergolong ringan. Artinya, bau mulut Anda tidak terlalu menyengat.

Lakukan berkumur sampai beberapa detik, setidaknya sekali tiap hari. Atau tiap selesai makan.

4. Berkumur dengan Cuka Apel

Anda bisa menghilangkan bau mulut dengan berkumur menggunakan cuka apel dan air. Caranya, Anda siapkan 1 – 2 sendok makan cuka apel dan segelas air. Aduk sampai rata.

Lalu, gunakan air cuka apel untuk berkumur 3 – 5 menit pada pagi hari dan malam hari. Setelah itu, bilas mulut dengan berkumur menggunakan air biasa.

Setelah selesai, coba cek nafas Anda. Segar? Ya, cara ini bisa membuat nafas Anda langsung dan mulut tidak bau lagi.

5. Menyikat Gigi dengan Activated charcoal

Anda juga bisa menggunakan Activated charcoal atau bubuk arang aktif untuk menghilangkan bau mulut secara alami. Penggunaannya sangat mudah. Siapkan setengah sendok teh activated charcoal dan sikat gigi. Balurkan bubuk arang ke sikat, lalu gunakan menyikat gigi.

Setelah menyikat gigi selesai, silakan berkumur sampai sisa bubuk arang bisa hilang. Ulangi kegiatan yang sama 2 – 3 kali seminggu hingga bau mulut hilang. Harga activated charcoal. Hampir sama dengan harga obat kumur.

Cara ini juga sekaligus bisa memutihkan gigi. Jadi, manfaatnya ganda. Bisa menghilangkan bau mulut sekaligus bisa memutihkan gigi. Harga bubuk arang aktif juga murah. Anda bisa beli harga di bawah Rp 50.000.

6. Berkumur dengan Garam Epsom

Obat kumur lain adalah garam epsom. Dicampur dengan air hangat, Anda bisa gunakan garam epsom ini sebagai cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya, termasuk menghilangkan bakteri di mulut dan menghilangkan racun.

Caranya, siapkan garam epsom satu sendok teh dan campurkan dengan segelas air hangat. Kini, Anda bisa menggunakan air garam itu untuk berkumur.

Pada pemakaian awal, lakukan berkumur dengan garam epsom tiap hari. Jika bau mulut sudah teratasi, Anda bisa mengurangi frekuensi penggunaan.

Anda cukup berkumur dengan garam epsom tiga hari sekali, empat hari sekali dan seterusnya. Garam epsom bisa Anda dapatkan di toko online, apotek, atau toko kecantikan.

7. Berkumur dengan Ramuan Jahe

Jahe termasuk rempah yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Mengobati tenggorokan sakit, mengatasi bau mulut, dsb.

Cara membuat bahan berkumur dari jahe adalah ambil jahe beberapa rimpang, bersihkan kulitnya, lalu diparut. Hasil parutan jahe diperas dengan tambahan air matang sehingga menghasilkan air ekstrak jahe yang bisa untuk berkumur.

Silakan berkumur dengan menggunakan air perasan jahe setelah makan. Jika mulut Anda sudah tidak mengeluarkan bau tidak sedap, Anda tidak perlu lagi berkumur dengan perasan jahe tiap hari. Lakukan beberapa hari sekali biar bau mulut tidak kembali terjadi.

Penutup

Banyak cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya. Cara itu sangat mudah dan murah. Yang terpenting adalah kepedulian kita untuk selalu menjaga kesehatan gigi. Gigi termasuk organ penting yang harus dirawat dan dijaga buar tidak kena penyakit, tidak menimbulkan bau tidak sedap, dsb.