9 Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Bahan Alami

Bau Mulut 0 Comments

CARA menghilangkan bau mulut – Punya masalah bau mulut? Tidak usah risau. Anda bisa menghilangkan bau mulut dengan bahan alami. Cara ini sangat mudah dilakukan dan efektif (manjur).

Bau mulut (halitosis) memang membuat siapa pun menjadi tidak nyaman. Anda tidak bebas bicara dan bersendau gurau dengan teman. Teman akan meninggalkan Anda ketika Anda buka mulut karena bau menyengat segera menusuk hidung mereka.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau mulut?

Ya, Anda bisa mengatasi bau mulut dengan bahan alami. Cara mudah dan murah, tetapi manjur.
Bagaimana caranya?

Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Cara Membuat Ramuannya

Berikut ini 7 cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami. Anda Bisa mendapatkan bahan itu dengan mudah. Banyak dijual di pasar tradisional, swalayan atau toko kelontong.

Harganya murah. Cara membuat ramuan untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap juga tidak sulit. Anda bisa melakukan sendiri seperti dijelaskan berikut ini.

1. Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Permen Karet

Anda bisa menghilangkan bau mulut dengan cara mengunyah permen karet. Banyak toko, swalayan, toko online yang melayani penjualan permen karet. Anda tinggal pilih yang mana, merek apa, harga berapa.

Ya, pilih aja permen karet tanpa gula. Jangan permen karet rasa manis (dengan tambahan gula). Selain itu,  permen karet juga terasa mint yang akan membuat mulut Anda merasa segar.

Harga permen karet sangat murah. Harga permen karet merk Big Babol adalah Rp 9500 per pak isi 30 pcs.

Mengunyah permen karet bebas gula secara rutin sekitar 20 menit tiap mengunyah setelah makan. Mengunyah permen karet dapat membantu produksi saliva atau air liur (air ludah). Air liur efektif untuk menyingkirkan bakteri dari gigi.

Tetapi, permen karet tetap tidak dapat menggantikan fungsi menyikat gigi. Selain mengonsumsi permen karet, Anda tetap harus rajin menyikat gigi tiap hari: pagi dan malam menjelang tidur.

cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami

2. Berkumur Menggunakan Cuka Apel

Cara menghilangkan bau mulut lainnya adalah menggunakan cuka apel. Cara ini juga sangat mudah. Siapkan satu sampai dua sendok makan cuka apel dan segelas air.

Tuangkan cuka apel ke dalam gelas berisi air. Aduk beberapa saat. Gunakan bahan alami itu untuk berkumur 3-5 menit pada pagi hari dan sebelum tidur. Setelah selesai, bilas mulut Anda dengan berkumur air biasa.

Anda bisa mendapatkan cuka apel di apotek, minimarket seperti Alfamart, toko online, dsb. Harga tergantung ukuran. Terkecil harga Rp 27.500 (60 ml).

3. Menyikat Gigi dengan Bubuk Arang

Bubuk arang aktif atau teh activated charcoal juga bisa Anda gunakan menghalau bau tak sedap dari mulut. Caranya sangat mudah. Balurkan bubuk arang ke sikat gigi lalu gunakan menyikat gigi.

Setelah selesai, berkumurlah beberapa kali sampai sisa bubuk arang bersih dari mulut Anda. Lakukan cara alami ini 2 – 3 kali seminggu sampai bau mulut hilang (lenyap).

Harga arang gigi tergantung beratnya. Berat 65 gram harga Rp 95.000. Anda bisa membeli yang lebih murah, harga Rp 50-an ribu.

Bubuk arang aktif juga bisa memutihkan gigi dan membersihkan karang gigi. Ya, coba saja biar gigimu putih bersih dan sehat.

4. Berkumur dengan Air Perasan Jahe

Jahe juga sangat baik untuk menghilangkan bau mulut dengan bahan alami. Caranya, ambil bubuk jahe dan beri air hangat secukupnya. Aduk dengan baik, lalu gunakan untuk berkumur.

Lakukan cara itu rutin sampai nafas Anda segar dan mulut tidak bau. Jahe juga bisa untuk melegakan tenggorokan.

Jahe mengandung senyawa gingerol yang membuat tanaman obat ini terasa pedas. Dan, rasa pedas merangsang enzim yang bisa memecah zat bau sehingga berubah menjadi bau segar di mulut.

Harga bubuk jahe Rp 60.000 per kilogram. Anda bisa membeli yang lebih murah.

5. Konsumsi Yogurt

Bagi Anda yang punya masalah bau mulut, yogurt bisa menjadi solusi. Yogurt sangat baik untuk pencernaan. Yogurt mengandung probiotik yang ampuh mengatasi bakteri jahat di mulut.

Selain itu juga bisa menurunkan jumlah hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh bakteri. Dengan cara itu, Anda bisa terbebas dari bau mulut.

Harga yogurt juga murah. Satu botol isi Cimory yogurt 250 ml harga Rp 8500. Ada yang berharga Rp 6900. Banyak pilihan untuk Anda.

6. Banyak Minum Air Putih

Cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami bisa Anda lakukan dengan banyak minum air putih. Terutama saat Anda bangun tidur. Sebab, ketika bangun tidur Anda merasakan aroma tidak sedap di mulut.

Ini akibat produksi air liur berkurang. Akibatnya bakteri bertambah. Dengan banyak minum air putih, pertumbuhan bakteri dalam mulut bisa teratasi / dicegah.

7. Berkumur Menggunakan Minyak Kelapa

Anda juga bisa menghilangkan bau mulut dengan menggunakan minyak kelapa. Caranya, ya Anda gunakan minyak kelapa untuk berkumur.

Ambil satu sendok minyak kelapa dan gunakan berkumur selama 5 – 10 menit lalu ludahkan. Setelah itu, bersihkan mulut Anda dengan menggunakan air hangat. Tidak banyak orang yang mengetahui cara ini.

Harga minyak kelapa adalah Rp 20 ribuan per 275 ml. Harga juga tergantung pada merek dan kualitasnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.