10 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Parah

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

BAGAIMANA cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah? Punya karang gigi memang tidak nyaman. Apalagi sampai membuat mulut menebarkan bau tidak sedap akibat karang gigi yang menebal.

Kian lama, tentu saja kondisi ini bisa membuat kamu rendah diri. Terutama saat dalam pertemuan bersama teman sekerja, sekompleks perumahan, teman seorganisasi, dsb. Anda tentu tak berani buka mulut lebar-lebar karena khawatir akan mengganggu kenyamanan orang lain.

Nah, bagaimana cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah? Bisakah cara itu dilakukan sendiri?

Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Sudah Parah

Berikut 10 cara menghilangkan dan mencegah karang gigi yang sudah parah. Yakni, karang gigi sudah tebal dan meluas areanya. Terkadang tidak mudah untuk mengatasinya, termasuk menghilangkan plak yang telah mengeras.

1. Menyikat Gigi Tiap Habis Makan

Tidak hanya menyikat gigi pagi sehabis sarapan dan malam menjelang tidur. Agar bebas dari plak dan karang gigi, Anda juga perlu menggosok gigi sehabis makan. Baik makan pagi, makan siang ataupun makan malam.

Gunakan sikat berbulu lembut dan sikat semua sudut seluruh permukaan gigi dalam posisi 45 derajat dari garis gusi.

Selain itu, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride atau pirofosfat dan seng sitrat sehingga bisa mencegah terjadinya plak gigi dan karang gigi. Atau bisa menghilangkan karang gigi.

cara menghilangkan karang gigi

2. Membersihkan Gigi Menggunaka Benang Gigi (Flossing)

Anda bisa mendapatkan benang gigi di supermarket atau toko swalayan. Membersihkan kotoran di sela gigi menggunakan benang gigi karena sikat gigi tak bisa menjangkaunya.

Caranya, benang gigi dibentangkan lalu dimasukkan ke sela gigi dan Anda tarik ke kanan ke kiri.
Menyikat gigi hanya membersihkan permukaan gigi.

Kotoran di sela gigi tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi. Akibatnya, kian lama kotoran berubah menjadi plak akibat bakteri.

Tetapi, membersihkan kotoran di sela-sela gigi jangan terlalu keras. Tariklah benang gigi dengan perlahan biar tak melukai gusi. Anda juga bisa menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan kotoran di sela-sela gigi.

3. Sering Membersihkan Lidah

Tidak hanya gigi yang perlu dibersihkan tiap hari. Lidah juga perlu dibersihkan supaya mulut bebas dari bakteri. Sebab, 50% bakteri di mulut ada di lidah.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu membersihkan lidah dengan alat khusus. Atau menggunakan sikat gigi Anda, tetapi bukan memakai bagian yang Anda gunakan menggosok gigi.

Di bagian belakang sikat gigi, jika Anda raba terasa kasar. Itulah area untuk membersihkan lidah.

Jika menggunakan alat penggosok lidah khusus, maka alat itu bisa Anda gunakan mulai dari pangkal lidah paling dalam dan tarik perlahan ke depan dalam satu gerakan. Jangan digosok bolak-balik.

Jika pembersihan lidah sudah selesai, maka berkumurlah dengan air bersih.

4. Tidak Merokok atau Berhenti Merokok

Cara menghilangkan atau mencegah karang gigi juga bisa Anda lakukan dengan berhenti merokok bagi yang sudah merokok.

Selain bisa menyebabkan sakit jantung atau paru, merokok juga bisa menyebabkan gigi kotor dan rusak. Kandungan bahan kimia dalam rokok bisa menyebabkan terjadinya karang gigi yang makin banyak.

Karang gigi dari orang yang merokok cenderung membuat warna gigi hitam pekat. Kian lama, gigi bisa rusak.

5. Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda

Anda juga bisa menghilangkan karang gigi dengan menggunakan baking soda. Ambil bubuk baking soda 1 sendok makan, Anda beri sedikit air dan sedikit garam, lalu Anda aduk.

Jadilah seperti pasta gigi. Hasilnya Anda gunakan menggosok gigi. Selain membuat gigi bersih dan putih, juga bisa menghilangkan plak ataupun karang gigi.

Menyikat gigi selama 2 menit, lalu berkumur dengan air bersih. Akan lebih baik lagi jika berkumur menggunakan obat kumur. Gigi dan mulut akan lebih bersih.

6. Anda Juga Bisa Gunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan karang gigi. Ini adalah cara tradisional, alami dan masih banyak orang melakukannya.

Jeruk merupakan buah dengan banyak vitamin dan nutrisi. Bisa untuk membersihkan karang gigi. Tetapi, yang harus Anda gosokkan ke gigi adalah kulit bagian dalam. Bukan kulit bagian luar.

Setelah bagian gigi yang ada plak atau karang gigi digosok dengan kulit jeruk, Anda biarkan semalam sampai bangun tidur.

Jadi, setelah menggosok gigi dengan kulit jeruk, Anda jangan berkumur. Biarkan dulu air jeruk meresap ke karang gigi dan karang gigi bisa hancur.

Baca – Cara Menghilangkan Karang Gigi Menggunakan Jeruk Nipis

Baru paginya setelah bangun tidur, Anda bisa berkumur. Lakukan cara ini tiap malam sebelum tidur sampai gigi Anda bersih dari karang gigi.

7. Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Daun Sirih

Daun sirih juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan karang gigi dan mengusir bau mulut. Caranya sangat mudah. Sediakan selembar daun sirih dan 1 batang cengkeh. Haluskan sampai setengah halus lalu kunyah.

8. Menghilangkan Karang Gigi dengan Mengonsumsi Vitamin C

Mengonsumsi Vitamin C sangat baik untuk kesehatan mulut, termasuk gigi. Itulah sebabnya, banyak pasta gigi dibuat dengan menggunakan buah yang mengandung vitamin C.

Caranya sangat mudah. Ambil buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, stroberi, lemon, dsb. Peras airnya, lalu siapkan sikat gigi dan pasta gigi.

Celupkan sikat gigi yang telah diberi pasta gigi pada air perasan jeruk sekitar 2 menit. Lalu Anda gunakan menggosok gigi.

9. Rajin Minum Air Putih

Ini cara yang paling mudah dan murah. Rajin minum air putih juga bisa mengurangi karang gigi.
Sesungguhnya air liur berfungsi menjaga kelembapan mulut dan meluruhkan plak dan sisa-sisa makanan yang ada di permukaan gigi.

Selain itu, air liur mengandung enzim yang bisa melawan bakteri penyebab infeksi di mulut.
Hanya saja, karena berbagai faktor, produksi air liur terkadang tidak banyak. Mulut menjadi sering kering.

Baca – 7 Cara Mengobati Gusi Bengkak karena Gigi Berlubang

Maka, Anda perlu minum air putih yang banyak untuk membuat supaya produk air liur meningkat. Munculnya plak dan karang gigi bisa diatasi.

10. Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Banyak mengonsumsi buah dan sayuran juga bisa mencegah terjadinya plak dan karang gigi. Ini juga cara yang mudah untuk mengatasi karang gigi, membuat bau mulut selalu segar.

Tidak hanya itu. Rajin mengonsumsi sayur dan buah juga bisa membuat tubuh selalu sehat. Anda bisa terhindar dari banyak penyakit. Tentu saja, buah dan sayuran yang Anda konsumsi harus bervariais atau berganti-ganti.

Menggunakan Obat Herbal Pembersih Karang Gigi

Anda juga bisa menggunakan obat herbal pembersih karang gigi. Misalnya:

1.Pembersih Karang Gigi dan Penyakit harga Rp 42.500.

Konsumen, Siska Arkhan mengatakan obat herbal ini benar bisa bikin rontok karang gigi. Itu saya alami setelah dua hari pemakaian. Juara ni prodak. Buat sakit gigi juga ok banget, langsung reda.

2. Obat herbal karang gigi lainnya adalah Perontok Karang Gigi Propolis MSI BIO SIMAPRO. Harga perbotol Rp 50.000.

Cara pemakaiannya adalah oleskan obat herbal ini pada gigi dengan menggunakan catumbad/kapas. Diamkan 5 menit, lalu sikat gigi tanpa pasta gigi, lakukan rutin tiap hari. Karang gigi akan rontok dan gigi menjadi sehat dan bersih.

3. Odol Pemutih Gigi dan Penghilang Karang Gigi 100% Herbal Alami.

Terbuat dari ekstrak tea tree oil, melaleuva altemifolia sebagai antiseptik, anti-infeksi dan anti-inflamasi yang dapat mencegah infeksi gigi, karang gigi dan gusi berdarah.

Baca – 11 Sikat Gigi Behel Khsusus untuk Menghilangkan Plak

Bisa memutihkan gigi dengan cepat, mencegah peradangan mulut, menghilangkan karang gigi, mencegah gusi berdarah, bau mulut, mengobati gigi sensitif dan melawan pembusukan gigi.
Harga obat herbal pembersih karang gigi ini adalah Rp 250.000.

4. Pasta Gigi NASA pemutih gigi, penghilang sakit gigi, mengikis karang gigi dan bau mulut.

Ini adalah pasta gigi herbal. Melindungi gigi dan gusi, rasa dan baunya segar. Membuat bau mulut harum, bersih dari plak dan karang gigi. Harga obat karang gigi ini adalah Rp 11.900.

Penutup – Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Parah

Demikian artikel tentang cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah. Tetapi, yang lebih baik tentu saja mencegah terjadinya plak dan karang gigi. Caranya dengan cek sebulan sekali, misalnya.

Anda gunakan kaca untuk melihat kondisi gigi Anda sendiri. Apakah muncul plak atau karang gigi atau masih bersih.

Dengan cara ini, jika sudah muncul plak atau karang gigi, Anda bisa membersihkannya sedini mungkin. Yakni, sewaktu plag dan karang gigi masih tipis. Plag dan karang gigi belum mengganggu kondisi kesehatan gigi, gusi ataupun mulut.

Tetapi, Anda juga bisa membersihkan karan gigi di dokter praktek, puskesmas, rumah sakit atau layanan kesehatan lainnya. Pemilik kartu asuransi BPJS juga bisa melakukan pembersihan karang gigi setahun sekali.