10 Cara Mudah Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok

Sakit Kepala , ratnasilvi 0 Comments

PUNYA ketombe dan rambut rontok tentu tidak nyaman. Apalagi sampai muncul rasa gatal-gatal di kepala. Siapa pun pasti berusaha mencari cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok. Tetapi, bagaimana caranya?

Banyak penyebab munculnya ketombe dan rambut rontok. Antara lain karena kulit kepala yang kering. Umumnya hal itu terjadi akibat sedikitnya asupan air pada tubuh. Dampaknya, kulit kepala kering dan mudah berketombe.

Anda yang jarang keramas juga bisa menderita kulit kepala berketombe dan rambut rontok.
Stres juga bisa menyebabkan kejadian yang sama. Sebab saat stres, saraf simpatis cenderung lebih aktif. Kondisi ini bisa membuat sistem hormon berubah.

Perubahan akan mengakibatkan munculnya kelenjar minyak. Dampaknya, kulit kepala menjadi berminyak dan lembab yang menyebabkan terjadinya banyak ketombe dan rambut rontok.

Baca – 14 Cara Merawat Rambut Rusak dan Keringan dengan Benar

Pertanyaannya, bagaimana cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok?

Daftar 10 Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok

cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok

rambut berketombe (foto:kompasiana.com)

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rambut rontok dan ketombe. Yakni, dengan menggunakan produk perawatan rambut. Bisa menggunakan shampo, kondisioner atau masker rambut.

Cara lain adalah Anda bisa menghilangkan ketombe dan rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami.
Jika Anda memilih menggunakan bahan-bahan alami yang murah, apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok? Bagaimana cara penggunaannya?

1. Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih merupakan cara yang sangat mudah dan murah. Tetapi, orang sering kurang perhatian. Terutama bagi mereka yang bekerja di ruangan, lebih-lebih ruangan ber-AC.
Mereka tidak merasa haus sehingga tidak banyak minumnya.

Sebaiknya minum air putih bukan hanya saat haus. Tetapi merupakan kebutuhan untuk hidup sehat. Biar tubuh tidak kekurangan air, termasuk kulit kepala biar tidak kering. Setidaknya, Anda perlu minum air putih 2 liter atau 7 – 8 gelas air putih per hari.

2. Sering Mengonsumsi Sayur

Anda sebaiknya juga banyak makan sayur. Manfaat konsumsi sayur sangat besar untuk kesehatan.

Baca – Yuk Ikuti 7 Cara Memakai Masker Rambut Yang Benar

Sayur merupakan makanan yang bergizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh biar kulit, rambut dan kuku Anda selalu sehat. Termasuk untu kulit kepala sehingga Anda bisa bebas dari ketombe dan rambut rontok.

3. Tidur Yang Cukup

Tidur juga sangat penting untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan rambut. Jika bisa, tidurlah 8 jam per hari biar tubuh Anda selalu sehat.

Sehat adalah mahal harganya. Lebih-lebih di masa pandemi corona (covid-19) sekarang ini. Anggaran negara terkuras banyak untuk membiayai perawatan kesehatan masyarakat yang terkena virus / covid-19.

Cara tidur yang tidak sehat bisa menyebabkan munculnya ketombe dan rambut rontok. Maka, biasakan untuk tidur yang bisa membuat tubuh sehat. Kalau belum bisa sekarang, ya lakukan bertahap.

Kurangi hal-hal yang membuat Anda kurang tidur. Misalnya terlalu lama duduk di depan TV, main game, suka begadang, suka minum kopi, dsb.

4. Gosokkan Garam pada Kepala Anda

Cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok lainnya adalah garam. Anda bisa menggunakan garam yang lembut, lalu dioleskan atau digosokkan pada kulit kepala yang berketombe.

Garam akan mengangkat sel-sel kulit mati pada kepala Anda yang menyebabkan terjadinya rambut rontok atau ketombe.

Ya, coba sedikit dulu dan lihat hasilnya. Jika bagus, bisa mengurangi ketombe ataupun rambut rontok, maka cara itu bisa diteruskan sampai Anda bebas dari ketombe dan rambut rontok.

5. Gosokkan Bawang Merah

Bawang merah juga punya khasiat menghilangkan ketombe dan rambut rontok. Tidak hanya untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe. Tetapi juga bisa membuat rambut tumbuh subur.

Cara penggunaannya sangat mudah. Bawang merah Anda haluskan dan hasilnya dioleskan pada kulit kepala sampai rata. Lakukan berulang sampai kepala Anda bebas dari ketombe dan rambut rontok.

Baca – 7 Masker Rambut Terbaik – Membuat Rambut Sehat Berkilau

6. Menggunakan Baking Soda

Anda juga bisa memanfaatkan baking soda untuk membersihkan kulit kepala dan menghilangkan rambut rontok. Gunakan baking soda sedikit saja dan jangan terlalu sering sehingga kulit kepala Anda tetap sehat.

Cara pemakaiannya juga sangat mudah. Siapkan sedikit baking soda dan beri air lalu diaduk rata. Hasilnya Anda oleskan pada kulit kepala dan rambut. Setelah rata, diamkan sejenak, lalu bersihkan dengan air bersih.

7. Oleskan Minyak Kemiri Sebelum Keramas

Minyak kemiri juga bagus untuk menghilangkan rambut rontok dan ketombe. Selain itu, minyak kemiri berkhasiat bisa membuat rambut tumbul subur. Beberapa produk shampo juga menggunakan bahan dari kemiri.

Cara menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok adalah minyak Anda oleskan ke kulit kepala sebelum Anda keramas. Setelah rata, diamkan sampai 30 menit dan barulah Anda keramas.

8. Gunakan Minyak Zaitun

Sama dengan minyak kemiri, minyak zaitun juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan ketombe dan rambut rontok. Dengan mengoleskan minyak zaitun, rambut akan tumbuh lebih sehat dan lebat.

Cara penggunaannya juga mudah, sama dengan minyak kemiri. Minyak zaitun Anda oleskan pada kulit kepala sebelum keramas.

9. Rajin Menyisir Rambut Sebelum Keramas

Anda sebaiknya rajin menyisir rambut. Selain biar rambut tampak rapi, juga sehat. Bersih dari ketombe. Rajin menyisir rambut bisa membersihkan kulit kepala dari sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan timbulnya ketombe.

Menyisir rambut sangat penting sebelum Anda mencuci rambut atau keramas. Dengan cara itu, semua sel kulit mati bisa terangkat ketika keramas.

Baca – Cara Merapikan Gigi Tanpa Behel Secara Alami

Pakailah sisir rambut yang punya ujung pin bulat yang bisa memijat kulit kepala. Rambut pun dapat bebas dari ketombe dan tidak akan mengalami kerontokan lagi.

10. Konsumsi Makanan Bergizi

Selalulah Anda konsumsi makanan-makanan bergizi. Yaitu makanan yang mengandung vitamin B, zinc, dan minnyak esensial. Makanan-makanan itu dapat menjadi cara menghilangkan ketombe.

Antara lain sayuran brokoli, bayam, daging sapi, udang, dan kacang panggang. Dengan sering mengonsumsi makanan-makanan itu, kamu bisa terhindar dari ketombe yang membandel.

Penutup

Ya, cukup banyak bahan alami di sekitar kita yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe dan rambur rontok. Tidak hanya 10 seperti tersebut di atas. Tetapi masih banyak lagi.

Itu jika Anda suka merawat rambut dengan menggunakan bahan alami. Jika Anda ingin yang praktis dan hasilnya dijamin lebih cepat, ya gunakan produk shampo, kondisioner atau ditambah dengan masker rambut.

Nah, pilihan di tangan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.