9 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis

Berita, Herbal, Sakit Kepala 0 Comments

CARA menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis adalah cara yang mudah tetapi hasilnya ampuh. Manfaat jeruk nipis untuk membersihkan berbagai hal memang dahsyat, termasuk membersihkan perabot memasak yang penuh bekas minyak.

Ibu-ibu rumah tangga tentu merasa sangat terbantu dengan produk pembersih alat dapur yang sebagian besar menggunakan bahan baku jeruk nipis. Dengan menggunakan jeruk nipis, semua kotoran yang membandel bisa dibersihkan.

Demikian pula di bidang kecantikan dan kesehatan. Peran jeruk nipis juga sangat besar. Banyak shampo untuk keramas membersihkan rambut menggunakan bahan jeruk nipis.

Oleh karena itu, jika Anda masih sering diganggu oleh kotembe sehingga kepala terasa gatal, Anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk mengatasinya.

Menurut  dr. M. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter, dari berbagai penelitian memang diketahui ekstrak jeruk nipis bisa mengatasi ketombe.

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, jeruk nipis kaya dengan vitamin C yang merupakan antioksidan yang bagus untuk kulit, termasuk kulit kepala.

Daftar 9 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis

cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis

Bagaimana cara menghilangkan ketombe yang membandel sehingga Anda bisa merasa nyaman dan tidak direpotkan oleh kepala yang terasa gatal?

Berikut ini beberapa cara menghilangkan ketombe yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan jeruk nipis. Harga jeruk nipis pun murah. Anda bisa beli di toko-toko online.

Jeruk nipis sangat kaya dengan vitamin C. Selain itu juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, dsb.

Baca – 5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Berjerawat

Vitamin C mendorong pertumbuhan akar rambut biar rambut tumbuh tebal dan kepala botak bisa teratasi. Selain itu, jeruk nipis ampuh untuk membasmi ketombe.

1. Jeruk Nipis dan Lidah Buaya

Anda bisa membersihkan ketombe dengan jeruk nipis dan lidah buaya. Lidah buaya juga punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe secara alami.

Dicampur dengan jeruk nipis yang juga punya kemampuan besar menghilangkan kotem, maka ini adalah cara yang sangat efektif mengatasi rata gatal ketombe.

Cara menyiapkannya, qmbil 1 batang lidah buaya, dipotong dan diambil gelnya (daging lidah buaya). Haluskan, lalu campurkan air perasan jeruk nipis. Aduk rata, lalu hasilnya dioleskan pada rambut kepala sambil dipijat.

Setelah didiamkan sekitar 25 menit, rambut kepala dibersihkan dengan keramas biasa

2. Jeruk Bipis Dicampur dengan Yogurt

Cara menghilangkan ketombe menggunakan jeruk nipis dan yogurt juga sangat hebat. Lactic acid yang ada di dalam yogurt sangat bagus untuk eksfoliasi sel-sel kulit mati di kepala.

Di sisi lain, zat citric acid dalam jeruk nipis bisa menyeimbangkan pH dan bisa mengurangi produksi ketombe. Nah, silakan mencoba. Caranya sangat mudah, tetapi hasilnya Anda akan bebas dari ketombe.

Baca – Menghilangkan Bau Mulut Menggunakan Jeruk Nipis

Cara penggunaannya, campurkan air perasan jeruk nipis dan yogurt 2 – 3 sendok makan. Lalu, hasilnya Anda balurkan atau oleskan ke kulit kepala.

Setelah didiamkan 30 menit, silakan keramas untuk membersihkan rambut kepala. Lakukan perawatan seperti itu sampai sukses menghilangkan ketombe.

3. Jeruk Nipis Dicampur Madu

Anda bisa menggunakan air perasan jeruk nipis dan madu untuk membersihkan ketombe. Madu bermanfaat untuk meringankan iritasi, membuat kulit kepala menjadi lembab dan mendapat nutrisi.

Campuran jeruk nipis dan madu bisa menghilangkan ketombe dengan cepat.

Cara penggunannya: Air perasan jeruk nipis 2 sendok makan dan madu 2 sendok makan dicampur. Hasilnya Anda oleskan ke rambut kepala secara merata. Diamkan 20 menit, lalu bersihkan dengan keramas menggunakan air bersih.

4. Jeruk Nipis dan Minyak Essential

Campuran jeruk nipis dan minyak essential juga merupakan cara menghilangkan ketombe yang manjur. Kandungan minyak essential bermanfaat untuk melembabkan kulit kepala.

Caranya adalah siapkan minyak essential. Bisa olive oil, almond oil, atau coconut oil. Campurkan air perasan jeruk lemon 2 sendok makan dan minyak essensial 3 – 4 sendok makan.

Baca – 5 Cara Ampuh Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis

Hasilnya Anda oleskan ke rambut. Lalu, rambut kepala Anda tutup dengan handuk hangat. Setelah 1 jam, lakukan keramas hingga bersih.

5. Pakai Jeruk Nipis dan Telur

Anda bisa menggunakan masker telur untuk menghilangkan ketombe. Siapkan satu sendok makan perasan jeruk nipis dan kuning telur.

Telur dikocok dengan campuran air jeruk nipis. Oleskan pada kulit kepala dan biarkan kering selama 30 menit. Cuci dengan shampo ringan.

6. Jeruk Nipis dan Santan

Anda juga bisa mengatasi ketombe dengan menggunakan air jeruk nipis dan santan kelapa. Selain menghilangkan ketombe, santan kelapa juga bisa menyehatkan dan menyuburkan rambut.

Caranya siapkan air perasan jeruk nipis dan santan kelapa 2 – 3 sendok makan. Kedua bahan dicampur dan aduk sehingga menyatu. Hasilnya, oleskan kepala dan rambut yang berketombe.

Setelah Anda diamkan 15 – 20 menit, lalu cuci rambut kepala dengan sampo (keramas). Lakukan satu minggu dua kali biar hasilnya maksimal.

7. Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun

Perpaduan antara jeruk nipis dan minyak zaitun jugameripakan cara menghilangkan ketombe yang efektif. Caranya juga hampir sama dengan penggunaan minyak essensial.

Anda siapkan 2 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis. Campurkan keduanya dalam satu wadah dan hangatkan sebentar.

Hasilnya, oleskan pada rambut yang berketombe sambil dipijat lembut. Setelah Anda diamkan sekitar 30 menit, rambut dibilas menggunakan air bersih.

8. Jeruk Nipis dan Mentimun

Cara menghilangkan ketombe lainnya adalah menggunakan jeruk nipis dan mentimun (timun). Keduanya dicampur dengan cara diblender. Tentu saja setelah dikupas kulitnya.

Setelah dua bahan selesai diblender sehingga berbentuk pasta, maka oleskan pada rambut kepala Anda. Setelah didiamkan beberapa saat, rambut dibersihkan dengan air bersih.

9. Jeruk Nipis dan Baking Soda

Anda juga bisa memilih cara mengatasi kotembe dengan bahan jeruk nipis dan baking soda. Cara ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe dan komedo.

Caranya, siapkan air perasan jeruk nipis dan baking soda secukupnya. Lalu oleskan pada rambut kepala Anda. Setelah didiamkan sejenak sampai kulit kepala terasa gatal.

Setelah selesai, cuci rambut dengan menggunakan sampo sampai bersih.

!-- Ads 300x250 -->