7 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Lidah Buaya

Herbal , 0 Comments

CARA menghilangkan ketombe dengan lidah buaya (aloe vera). Pernah coba? Tanaman lidah buaya termasuk efektif (ampuh) untuk mengatasi ketombe. Banyak orang merasa terbantu dengan menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan ketombe.

Ketombe memang sangat merepotkan. Rasa gatal, bahkan iritasi, akibat ketombe terkadang sangat menyiksa. Rasa gatal sering muncul dan Anda harus menggaruknya. Sebab, rasa gatalnya sangat berat.

Ketombe terjadi akibat jamur melassezia di kulit kepala. Jamur memproduksi banyak asam oleat yang mengakibatkan peradangan di sel-sel kulit kepala.

Kondisi ini membuat sel-sel kulit tidak sehat, kulit kepala kering, akhirnya sel kulit mati dan mengelupas. Itulah ketombe yang tampak dalam bentuk serpihan-serpihan warna putih di rambut atau jatuh pada baju bagian atas.

Menurut dr Nadia Octavia yang dikutip oleh sijai.com, ketombe terjadi akibat kulit kepala mengalami peradangan dan terlalu berminyak. Ketombe juga bisa sebagai dampak dari cepatnya pertumbuhan dan kematian sel-sel kulit.

Baca – 8 Cara Menghilangkan Ketombe Yang Membandel

Salah satu cara menghilangkan ketombe adalah menggunakan lidah buaya. Yakni, tanaman yang sudah dikenal secara luas untuk kecantikan dan pengobatan penyakit.

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Lidah Buaya: Bisa Juga Mencegah Rambut Rontok, Rambut Patah, Bercabang, dsb.

 

CARA menghilangkan ketombe dengan lidah buaya

Banyak sekali manfaat lidah buaya untuk rambut. Selain bisa menghilangkan ketombe, ada banyak khasiat lidah buaya untuk rambut.

Misalnya manfaat lidah buaya untuk mencegah rambut rontok dan patah, mencegah rambut bercabang, menutrisi rambut dan kulit kepala, mempertahankan keseimbangan pH kulit kepala, masker rambut, melembabkan rambut, rambut mudah diatur, dsb.

Cara menggunakan lidah buaya untuk merawat rambut kepala dan menghilangkan ketombe sangat mudah. Ambil sebatang lidah buaya segar, keluarkan getah atau gelnya, lalu usapkan gel lidah buaya pada kulit kepala dan lakukan pemijatan ringan selama 10 menit.

Setelah didiamkan sejenak, Anda bisa membilas rambut kepala dengan air bersih dan shampo berformula ringan.

Lidah buaya mengandung enzim alami yang bisa mengelupas sel-sel mati pada kulit kapala. Selain itu, lidah buaya bermanfaat untuk mencegah berkembangnya jamur dan ketombe.

7 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Lidah Buaya dengan Mudah Murah

Berikut tentang cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya. Caranya sangat mudah tetapi khasiatnya sangat besar. Anda bisa memilih cara mana yang Andainginkan. Silakan mencoba dan mencoba.

1. Mencegah Rambut Rontok dan Patah

Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya adalah, sediakan lidah buaya berukuran sedang untuk rambut pendek dan lidah buaya lebih besar untuk rambut yang panjang dan lebat.

Silakan kupas kulit lidah buaya dan tampaklah gelnya. Gunakan gel untuk mengolesi rambut dan kulit kepala sambil memijatnya perlahan-lahan.

Diamkan sekitar 45 menit. Setelah itu, rambut dibilas dengan air dingin sampai bersih tanpa menggunakan shampo. Lakukan perawatan rambut menggunakan gel lidah buaya secara teratur sampai bersih dari ketombe.

Baca – 5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Berjerawat

Cara ini juga bisa mencegah rambut rontok dan rambut patah.

2. Lidah Buaya dan Dadih Susu

Cara langsung gelnya, cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain. Misalnya saja dadih susu dan minyak zaitun.

Ketiga bahan tersebut akan melembabkan kulit kepala secara optimal dan menghindarkan dari penyebab ketombe seperti kulit kering.

Selain itu, kandungan protein di dalam dadih akan menutrisi sel kulit kepala dan rambut.

3. Lidah Buaya Ditambah Dadih Susu dan Minyak Zaitun

Anda bisa mencoba menghilangkan ketombe dengan menggunakan lidah buaya dipadu dengan bahan lain.Contohnyalidah buaya dipadu dengan dadih susu dan minyak zaitun.

Ketiga bahan bisa melembabkan kulit kepala secara optimal dan mencegah terjadinya penyebab ketombe seperti kulit kering.

4. Lidah buaya dan minyak kayu putih

Cara menghilangkan ketombe lainnya adalah menggunakan lidah buaya dipadu dengan minyak kayu putih.

Caranya, sediakan gel lidah buaya lalu dicampur dengan 1 sdm minyak kayu putih. Hasilnya bisa dioleskan pada rambut dan kulit kepala.

Pada tahap awal mengonsumsi campuran lidah buaya dan minyak kayu putih, Anda akan mendapati rasa pedas dan perih. Tetapi biarkan aja.

Baca – Gerakan Mengecilkan Perut Sebelum Tidur

Tunggu beberapa menit. Minyak kayu putih mengatasi kuman dan jamur. Lalu, bilas dengan air dingin hingga bersih.

5. Lidah Buaya dan Lemon

Anda juga bisa menghilangkan ketombe dengan menggunakan lidah buaya dan perasan air jeruk lemon. Kedua bahan dicampur dan diaduk hingga larut.

Gunakan campuran lidah buaya dan jeruk lemon itu sebagai masker. Hasilnya Anda oleskan pada rambut kepala dan kulit kepala. Pijat perlahan sampai 10 – 15 menit, lalu diamkan selama 1 jam.

Barulah pasta dari gel lidah buaya dan jeruk lemon ini dibersihkan dengan dibilas air bersih dingin. Setelah itu pakai air hangat.

6. Masker Lidah Buaya dan Minyak Eukaliptus

Menggunakan campuran lidah buaya lidah buaya dan minyak eukaliptus juga bagus. Cara ini sekaligus mencegah peradangan pada kulit kepala.

Penggunaanya: Ambil 4 sendok makan gel lidah buaya dan 2-3 tetes minyak eukaliptus, lalu campurkan semua bahan hingga rata. Hasilnya Anda oleskan pada rambut kepala 30 – 60 menit.

Lalu bersihkan rambut kepala dengan air bersih. Lakukan cara yang sama 2-3 kali setiap minggu sampai bersih dari ketombe

7. Masker lidah buaya dan minyak zaitun

Anda juga bisa menghilangkan ketombe dengan lidah buaya dan minyak zaitun. Kandungan minyak zaitun bisa melembapkan kulit kepala menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab ketombe parah.

Caranya, campurkan 2 sendok makan gel lidah buaya, 1 sendok makan minyak zaitun, dan 1 sendok makan yogurt. Aduk jadi satu dan hasilnya Anda oleskan pada kulit kepala dan rambut.

Baca – Alat Pembakar Lemak Menurunkan Berat Badan

Lantas kepala ditutup shower cap. Setelah 30-40 menit, rambut dibilas dengan air bersih.

Bisa Pakai Shampo untuk Rambut Berketombe Terbaik

Selain cara mengatasi ketombe dengan bahan alami seperti dengan jeruk nipis, lidah buaya, Anda juga bisa menggunakan shampo untuk rambut berketombe. Berikut ini beberapa shampo terbaik dan ampuh untuk mengatasi ketombe.

1. Head & Shoulders Supreme

Salah satu shampo anti ketombe yang bagus adalah Head & Shoulders Supreme. Shampo ini mengandung Argan Crème⁺ dan parfum floral.

Argan adalah bahan alami yang bermanfaat untuk melembapkan kulit dan rambut. Bisa membantu mengunci kelembapan dan memperbaiki rambut kusam. Rambut bisa berubah menjadi tampak berkilau, lembut dan bebas dari ketombe.

2. Selsun Blue Hair Care Shampoo

Jika rambut Anda berketombe yang sering terasa sangat gatal, maka Anda bisa menggunakan Selsun Blue Hair Care Shampoo. Dengan kandungan selenium sulfide, shampo ini bisa menghilangkan ketombe.

Baca – Makanan Terbaik untuk Penderita Tipes Biar Cepat Sembuh

Cara memakainya mudah. Oleskan pada kulit kepala dalam keadaan basah dan pijat dengan lembut. Diamkan 10 menit biar sampo meresap ke seluruh kulit kepala dengan sempurna, lalu bilas hingga bersih.

3. Sebamed Anti-Dandruff Shampoo

Shampo untuk rambut berketombe ini mampu membersihkan kulit kepala berketombe tanpa iritasi. Ini tidak lain karena adanya bahan aktif climbazole.

Cara menggunakan shampo ini juga mudah. Cukup oleskan shampo pada kulit kepala dalam kondisi rambut basah. Lalu kepala dipijat dengan lembut. Dengan menggunakan shampo ini, rambut Anda tidak akan kering.

Semoga artikel tentang cara menghilangkan ketombe

!-- Ads 300x250 -->