8 Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel

Herbal 0 Comments

BAGAIMANA cara menghilangkan ketombe membandel? Punya ketombe memang menjengkelkan. Apalagi, kepala sering terasa sangat gatal dan ketika Anda garuk, banyak ketombe lepas dan menempel di baju bagian bahu.

Tentu saja, Anda tidak nyaman dengan kondisi itu. Inginnya Anda bisa segera bebas dari ketombe. Kepala terasa nyaman, tidak gatal, rambut sehat dan bersih dari ketombe (serpihan dari sel kulit kepala yang mati).

Banyak pemicu terjadinya ketombe. Antara lain adanya gangguan pada kelenjar sehingga menghasilkan minyak kulit terlalu banyak, jarang keramas, infeksi jamur di kulit kepala, mengalami alergi, radang kronis pada kulit kepala, dsb.

Menurut dr. Tjin Willy dari alodokter.com, munculnya ketombe juga bisa terjadi akibat mempunyai rambut berminyak, mengonsumsi alkohol, sering makan makanan tinggi gula, pedas atau banyak garam, kurang vitamin B seperti telur, keju, dan ikan, dsb.

Baca – 9 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis

Nah, apa kira-kira pemicu terjadinya ketombe yang membandel pada rambut kepala Anda? Lalu, cara menghilangkan ketombe termudah apa ya?

8 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dan Pelaksanaannya

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel

cara menghilangkan ketombe (foto: liputan6.com)

Berikut ini beberapa cara menghilangkan ketombe membandel yang bisa Anda lakukan. Pilih cara yang termudah pembuatannya, mudah pengadaan bahannya dan pelaksanaannya.

1. Menggunakan Baking Soda

Salah satu cara menghilangkan ketombe membandel adalah menggunakan baking soda. Hampir setiap rumah tangga pasti menyimpan dua bahan itu.

Siapkan setengah sendok teh baking soda, larutkan air hingga menjadi pasta, lalu oleskan baking soda secara merata pada kulit kepala Anda. Diamkan sejenak sebelum Anda
membilas rambut kepala dengan air bersih mengalir.

Baking soda juga bisa Anda gunakan untuk merawat rambut dan kulit kepala. Rambut menjadi subur, indah dan sehat. Tidak mudan rontok atau patah.

Bisa juga menghilangkan minyak berlebih di kepala dan membersihkan kotoran di kulit kepala.

2. Membersihkan Ketombe dengan Garam

Garam memiliki sifat scrub yang mampu mengangkat kulit mati pada kepala. Menggunakan garam halus termasuk cara menghilangkan ketombe yang sangat manjur (efektif). Anda siapkan garam secukupnya.

Gosokkan garam pada kulit kepala dan pijat beberapa menit, diamkan beberapa saat, lalu bilas rambut kepala dengan air hingga bersih.

Ada yang menggunakan garam lembut dicampur dengan shampo.

Dengan menggunakan garam, serpihan ketombe pada kulit kepala akan hilang. Kulit kepala kembali sehat sehingga tak ada lagi kulit yang mati. Penggunaan garam juga bisa mencegah pertumbuhan jamur di kulit kepala.

Bahkan, garam bisa merangsang pertumbuhan rambut baru sekaligus menghentikan rambut rontok.

3. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat terkenal mampu membersihkan berbagai kotoran, termasuk ketombe yang membandel. Jeruk nipis kaya vitamin C.

Selain membersihkan kotoran membandel, jeruk nipis juga bisa memicu pertumbuhan akar rambut. Caranya pun sangat mudah. Peras air jeruk nipis, lalu hasilnya Anda campur dengan air secukupnya.

Selanjutnya Anda oleskan pada rambut kepala, diamkan sebentar supaya meresap pada kulit kepala. Terakhir, rambut kepala kamu bilas dengan air bersih.

4. Jeruk Lemon

Sama dengan jeruk nipis, jeruk lemon juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe membandel. Selain itu, Anda juga bisa sekaligus mengatasi rambut rontok secara alami. Caranya sama dengan memakai jeruk nipis untuk membersihkan ketombe.

Selain itu, bahan jeruk lemon bisa dicampur dengan yoghurt. Hasilnya bisa Anda gunakan mengatasi kotembe dan menguatkan akar rambut. Kandungan enzim asam alami mampu mengatasi ketome sampai tuntas.

Lemon juga bisa dipadukan dengan telur, madu dan teh. Lemon dan telur membuat sel kulit yang mati terus berkurang.

5. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga merupakan cara menghilangkan ketombe yang membandel. Minyak zaitun bisa menjadi solusi gangguan kulit kepala secara alami, cepat, dan permanen.

Cara menggunakannya tidak sulit. Cukup oleskan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata. Lalu lakukan pijatan ringan biar minyak zaitun meresap dengan sempurna. Setelah didiamkan 30 menit, kamu bisa membilas rambut kepala menggunakan air hangat.

Selain mengatasi ketombe, dengan kandungan vitamin C, minyak zaitun juga bisa menyehatkan rambut yang rusak, kering, rontok, dsb akibat pemakaian bahan (obat) kimia.

Dengan menggunakan minyak zaitun yang dioleskan ke rambut, maka rambut kembali sehat, tebal dan bersinar.

6. Menggunakan Minyak Kemiri

Minyak kemiri dikenal sebagai minyak penyubur rambut. Tetapi, minyak kemiri juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami.

Bahkan minyak kemiri ini bisa mengatasi rambut yang rusak parah.

Cara menggunakannya sama dengan menggunakan minyak zaitun. Oleskan minyak ke kemiri pada kepala secara menyeluruh. Setelah didiamkan 30 menit, bilas rambut kepala dengan air bersih.

Khasiat minyak kemiri banyak. Antara lain merawat rambut secara alami, menutrisi rambut, rambut jadi subur, lebih hitam, tumbuh subur, menghilangkan ketombe, mencegah rambut rontok, mencegah uban, mencegah botak, dsb.

7. Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa berfungsi menjaga kulit agar tidak kering. Oleskan sedikit minyak kelapa pada bagian kepala bersisik atau gatal. Setelah satu jam kemudian, bersihkan rambut dari ketombe dengan sisir.

Minyak kelapa bersifat antibakteri dan antijamur. Selain itu, minyak kelapa merupakan pelembab terbaik untuk kulit dan sangat efektif untuk rambut

Dengan kelembaban yang cukup, maka ketombe bisa diatasi.

Cara pemakaian, siapkan 3 – 4 sendok makan minyak kelapa. Hangatkan lalu oleskan minyak kelapa ke bagian kepala dan pijat 10 – 15 menit.

Setelah selesai, diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih dengan menggunakan sampo.

8. Bawang Merah

Cara menghilangkan ketombe lainnya adalah menggunakan bawang merah. Caranya sangat mudah. Ambil bawang merah, kupas kulitnya, dan oleskan pada bagian kepala yang ketombean.

Setelah Anda oleskan merata, maka diamkan sejenak. Baru Anda bilas untuk membersihkan kepala biar tidak tercium bau bawang. Bau bawang termasuk tajam menyengat.

Mengandung aneka nutrisi termasuk sulfur, mampu membantu menyuburkan rambut dan menghentikan rambut rontok. Selain itu, kandungan di dalam bawang merah juga aktif sebagai anti bakteri yang bisa mencegah ketombe.

Shampo tentang Cara Menghilangkan Ketombe Membandel

Jika ingin praktis, Anda bisa menggunakan shampo untuk menghilangkan ketombe. Banyak dijual shampo di toko-toko online. Harga bisa dipilih.
Misalnya:

1. Pantene Sampo Anti Dandruff 750ml – Bebas bahan-bahan berbahaya, wangi dan tahan lama, menutrisi rambut hingga lapisan terdalam, rambut lebih kuat luar & dalam dengan pro-vitamin, lebih ringan, melindungi dari 100 derajat terik matahari.

2. Waedag Anti Dandruff Shampoo – Shampo mengatasi ketombe untuk rambut dan kulit kepala berminyak, rambut lebih segar, mengurangi ketombe, dan melindungi darf ketombe.

3. Clear Shampo Anti Ketombe Ice Cool Menthol 320ML – Shampo generasi baru, dilengkapi dengan komponen protein dan Vitamin B3, menyegarkan kulit kepala dan rambut dengan dingin menthol sepanjang hari, tak ada ketombe.

4. Selsun Blue Shampoo (120ml) – Shampoo yang bisa menghilangkan ketombe – Menghilangkan ketombe tingkat sedang ke berat, mengatasi gatal-gatal akibat ketombe, mencegah rambut rontok, mencegah ketombe pada rambut yang sering dicat, melindungi rambut biar tidak mudah rusak, dan 100% asli.

Semoga artikel tentang cara menghilangkan ketombe membandel ini bermanfaat untuk Anda semua. Anda bebas dari gangguan ketombe.

!-- Ads 300x250 -->