6 Cara Menghilangkan Lemak Yang Menumpuk di Perut

Berita, Herbal ratnasilvi 0 Comments

PUNYA perut buncit tentu tidak nyaman. Apalagi buncit banget. Baik bagi pria maupun wanita, punya perut buncit juga tidak sehat. Tetapi bagaimana cara menghilangkan lemak di perut?

Menghilangkan lemak yang menumpuk di perut memang tidak mudah. Perlu tekad yang kuat dan semangat tinggi untuk sukses membuat perut ramping.

Lebih-lebih jika Anda tergolong orang yang bawaannya suka makan, tetapi malas olahraga.

Atau tergolong orang sibuk yang tidak punya waktu untuk berolahraga. Tidak punya waktu untuk jogging, jalan kaki, senam, dsb.

Cara Makan Yang Sehat, Kelola Stres dan Rutin Olahraga

cara menghilangkan lemak di perut

Berikut ini 6 tip cara membakar lemak perut yang sederhana dan mudah Anda lakukan. Mengecilkan perut buncit atau menghilangkan lemak perut memang perlu tekad, semangat dan harus meluangkan waktu.

Sisihkan waktu sedikit, baik pagi hari, siang atau malam hari. Yang penting niat dan tekad untuk mengecilkan perut buncit.

Jawaban, wah saya sibuk, tidak punya waktu, dsb. adalah jawaban klise. Jawaban seperti ini harus Anda hindari. Ganti dengan tekad kuat untuk hidup sehat dengan perut ramping atau langsing.

Baca: 6 Herbal Peluntur Lemak di Perut

1. Membatasi Porsi Makanan

Makan dengan porsi besar menjadi sumber utama kebanyakan orang punya perut buncit (besar). Makan dalam porsi besar bisa membuat Anda kelebihan lemak.

Berat badan pun meningkat akibat Anda tidak membatasi porsi makan. Oleh karena itu, biasakan Anda mengonsumsi makanan dengan cara yang sehat.

Wah, berat.

Caranya, ya berlatih, berlatih dan berlatih. Lama-lama Anda bisa membatasi porsi makan agar perut ramping dan badan sehat. Perut tidak buncit lagi. Lemak di perut berkurang.

Lakukan cara ini bertahap. Bukan sekaligus secara drastis. Porsi makan kurangi bertahap.

2. Kunyah Makanan Sampai Lembut

Cara menghilangkan lemak di perut yang lain adalah ketika makan jangan tergesa-gesa. Kunyah makanan sampai lembut dengan makan perlahan.

Cara ini akan memperingan kerja perut atau pencernaan yang harus memproses makanan yang Anda konsumsi.

Dengan cara itu, Anda akan merasa kenyang dalam waktu lama. Artinya, Anda tidak cepat lapar dan perlu makan lagi seperti sebelumnya.

3. Hindari Stres dan Tidur Cukup

Tiap hari Anda harus tidur supaya perut Anda tidak terus membuncit. Tetapi jika kurang tidur atau tidur hanya sebentar tiap harinya, ya perut buncit Anda sulit dihilangkan atau dikempiskan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur yang buruk bisa membuat berat badan terus naik. Ini membuat usaha mengurangi atau menurunkan lemak di perut sulit tercapai.

Apalagi kurang tidur juga bisa menyebabkan stres, hormon kortisol naik dan suka mengonsumsi makanan dengan kalori tinggi.

Supaya tidak stres, Anda perlu tidur 7 – 8 jam per hari.  Jika Anda stres, usahakan Anda tetap tenang dan bisa mengelola stres dengan baik.

Baca: 6 Alat Penghancur Lemak di Perut Buncit dengan Cepat

4. Mengontrol Postur Tubuh

Saat mengerjakan sesuatu, banyak orang tidak memperhatikan postur tubuhnya. Ini bisa membuat banyak lemak di perut dan timbullah perut buncit.

Memperhatikan postur tubuh sangat penting. Sebab postur tubuh yang benar mampu membuat otot perut dan daerah di sekitar perut berfungsi dengan baik.

Hasilnya, perut tetap ramping. Tidak terjadi perut penuh lemak dan buncit.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih juga bisa membuat tubuh selalu sehat dan perut tidak penuh lemak.

Minumlah air putih segelas sebelum makan. Cara itu bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah Anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi.

Banyak minum air putih juga bisa membuat Anda tidak cepat merasa lapar. Atau membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang agak lama sehingga tidak sering ingin makan.

Minum teh herbal hangat atau air dengan perasan lemon juga bisa membuat Anda tidak cepat lapar.

6. Lakukan Olahraga

Anda sebaiknya juga rajin olahraga biar usaha menghilangkan lemak perut buncit bisa cepat sukses. Tidak perlu olahraga berat. Jalan kaki, jalan cepat, senam, push up, sit up bisa Anda pilih.

Olahraga rutin mampu membakar banyak lemak. Lakukan 30 menit tiap hari. Push up dan sit up sangat efektif menurunkan lemak. Selain itu, kedua olahraga ini juga bisa membuat jantung selalu sehat.

Buat Anda yang kerjanya banyak duduk dan kurang gerak, olahraga tiap hari sangat penting. Biar Anda tidak kelebihan lemak dan kalori.

Baca: 15 Makanan Pembakar Lemak di Perut

Resiko Punya Perut Buncit: Sakit Kanker Payudara, Jantung

Menghilangkan lemak perut bukan sekadar biar tubuh tampak langsing, tetapi juga perlu untuk menghindari resiko kena berbagai penyakit.

Perut banyak lemak atau perut buncit, termasuk orang yang badannya sangat gemuk (kegemukan) dan dibiarkan bisa beresiko kena penyakit kanker payudara, diabetes, batu empedu, sakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, usahakan Anda selalu menjalankan cara hidup sehat. Menghindari terjadinya banyak lemak di perut sehingga menyebabkan perut Anda jadi buncit.

 bahan dari liputan6.com dan sumber lain.