10 Cara Menghilangkan Plak pada Gigi yang Sudah Mengeras

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

GIGI Anda dipenuhi karang gigi? Ya, Anda harus menghilangkannya. Sebab, karang gigi yang dibiarkan bisa membahayakan kesehatan gigi. Tetapi, bagaimana cara menghilangkan plak pada gigi yang sudah mengeras?

Sebenarnya banyak cara bisa dilakukan. Jika Anda punya dana dan tidak ingin bersusah payah, datang saja ke dokter gigi. Anda bebas memilih layanan yang diinginkan.

Di Puskesmas, rumah sakit atau klinik gigi. Biaya menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras bervariasi. Dari Rp 80 ribu sampai Rp 500 ribu. Anda bisa membersihkan karang gigi setahun sekali. Idealnya 6 bulan sekali.

Bagi Anda yang menjadi anggota BPJS, Anda berhak mendapatkan layanan membersihkan plak/karang gigi setahun sekali. Paling tidak Anda harus datang dua kali untuk membersihkan karang gigi.

Demi kesehatan gigi, Anda sebaiknya selalu membersihkan plak gigi atau karang gigi. Karang gigi adalah perkembangan dari plak gigi yang mengeras melekat pada gigi.

Jika tidak dibersihkan bisa menimbulkan kerusakan pada gigi atau radang gusi Anda. Bahkan, bisa menyebabkan gigi berlubang dan sakit gusi.

Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Sudah Mengeras di Rumah

Sesungguhnya Anda juga bisa menghilangkan karang gigi atau plak yang sudah mengeras tanpa mengunjungi dokter. Anda bisa membersihkan karang gigi di rumah dengan berbagai media sederhana atau cara tradisional.

Plak gigi dan karang gigi muncul berawal dari kotoran atau sisa makanan yang tidak Anda bersihkan. Meskipun Anda sudah rajin menggosok (menyikat) gigi sehari dua kali.

Baca – 10 Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel

Tetapi, sikat gigi sering tidak bisa menjangkau sisa makanan yang terselip di antara gigi. Maka, selain menggosok gigi, Anda juga perlu melakukan pembersihan sisa makanan di sela gigi menggunakan benang gigi.

Sisa makanan di sela gigi yang tidak dibersihkan secara khusus bisa menyebabkan terjadinya bau mulut, sakit gigi, dan penyakit periodontal (penyakit gusi).

Jika ternyata pada gigi Anda telah terdapat plak gigi dan karang gigi, bagaimana cara membersihkan secara tradisional?

5 Cara Menghilangkan Plak pada Gigi yang Sudah Mengeras

Ada beberapa cara menghilangkan plak gigi yang sudah mengeras atau karang gigi. Anda pilih cara mana yang lebih cocok dan mudah dilakukan.

Tentu saja, hasilnya tiap orang bisa berbeda-beda. Ada yang cepat, membutuhkan beberap hari, tetapi ada yang lebih lama. Banyak faktor ya menentukan.

cara menghilangkan plak gigi yang mengeras

1. Menggunakan Kulit Jeruk

Anda bisa membersihkan karang gigi dengan menggunakan kulit jeruk. Yang digunakan untuk menggosok karang gigi adalah kulit jeruk bagian dalam yang warna putih kekuning-kuningan.

Baca – 6 Merek Pasta Gigi untuk Menghilangkan Jerawat, Amankah?

Kulit jeruk mengandung asam yang bisa membersihkan banyak kotoran yang melekat. Gosokkan kulit jeruk pada karang gigi selama 2-3 menit.

2. Menyikat Gigi dengan Baking Soda

Anda juga bisa memilih baking soda untuk menghilangkan karang gigi yang mengeras dan parah. Dengan tambahan garam, baking soda bisa kamu buat menjadi pasta gigi. Lalu, pasta gigi dari baking soda kamu gunakan menyikat gigi selama 2 menit.

Tidak hanya menghilangkan karang gigi, baking soda juga bisa memutihkan gigi. Jadi, sekali kerja dua tujuan tercapai. Yakni, menghilangkan karang gigi dan memutihkan gigi.

3. Rajin Mengonsumsi Stroberi

Anda suka buah stroberi? Sering mengonsumsi buah stroberi juga bisa membuat gigimu bersih dari karang gigi. Dengan kandungan vitamin C, stroberi juga bisa menghilangkan karang gigi dengan efektif. Dengan sering mengonsumsi stroberi, secara bertahap gigimu akan bersih dari karang gigi.

5. Menggunakan Pasta Gigi Mengandung Fluoride

Pasta gigi yang mengandung fluoride juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan atau mampu mencegah karang gigi.

Selain fluoride, pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan juga mampu membantu menghilangkan karang dan noda kekuningan pada gigi.

6. Obat Kumur dan Benang Gigi

Seperti telah disinggung di atas, benang gigi dan berkumur bisa kamu gunakan untuk membersihkan dan mencegah terjadinya plak gigi atau karang gigi.

Harga obat kumur juga murah. Banyak dijual di toko online. Selain mengurangi plak atau karang gigi, mulut kamu akan menebarkan bau harum dan segar. Bukan bau tidak sedap.

9. Menyikat Gigi dengan Jus Lemon

Jus lemon juga bisa kamu gunakan untuk membasmi plak dan karang gigi. Caranya, buat jus lemon lalu kamu gunakan untuk menggosok gigi selama 1 menit. Setelah selesai, bilas dengan berkumur menggunakan air biasa. Tetapi, penggunaan air soda untuk menggosok gigi jangan berlebihan. Nanti bisa terjadi erosi gigi.

10. Daun Sirih dan Cengkeh

Cara lain untuk membersihkan karang gigi adalah dengan menggunakan daun sirih ditambah cengkih.

Baca – Cara Memundurkan Rahang Gigi Yang Maju biar Tak Tonggos Lagi

Carang membuatnya, selembar daun sirih dilembutkan dan 1 batang cengkih. Keduanya ditumbuk, tetapi jangan terlalu lembut.

Selanjutnya, kedua bahan itu kamu kunyah supaya karang gigi pada gigi kamu bisa hancur. Gigi pun bersih dari plak dan karang gigi.