10 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami – Mudah, Ampuh

Berita, Herbal 0 Comments

BANYAK cara bisa Anda lakukan untuk mengobati penyakit diabetes. Diantaranya adalah cara mengobati diabetes secara alami.

Cara ini bisa Anda lakukan dengan menjalani pola hidup dan pola makan yang baik. Selain kemauan dan ketekunan, mengobati diabetes secara alami perlu kesabaran.

Selain itu, juga menghindari semua pantangan bagi penderita diabetes. Pantangan makanan khususnya. Ya, penyembuhan sakit diabetes memerlukan kedisiplinan dalam menjalankan terapi yang Anda pilih.

Apa saja yang harus Anda lakukan dengan pengobatan diabetes secara alami? Nah, berikut ini adalah 10 cara mengobati diabetes secara alami yang bisa Anda pilih.

1. Cara Mengobati Diabetes Alami: Diet Ketogenik

Anda bisa memilih cara mengobati diabetes secara alami dengan diet ketogenik.

Apakah diet ketogenik?

cara mengobati diabetes secara alami

Diet ketogenik adalah diet (menghindari) makanan tinggi lemak, tinggi protein, dan rendah karbohidrat. Dengan cara ini, tubuh bisa membakar lemak dan menggunakan hasilnya, yakni badan keton, sebagai sumber energi.

Proses peralihan sumber energi dari glukosa menjadi badan keton, rata-rata terjadi dalam waktu 2–4 hari setelah mengonsumsi diet rendah karbohidrat.

Untuk diet jenis ini, mengonsumsi makanan berkarbohidrat dibatasi. Yakni, hanya boleh makan 30 gram per hari.

2. Mengobati Diabetes Secara Alami: Konsumsi Zat Gizi

Penderita diabetes perlu memperbanyak konsumsi zat gizi. Ini sangat penting karena dengan berbagai pengurangan porsi makan, Anda rentan mengalami kekurangan gizi.

Zat gizi yang harus dipenuhi, termasuk saat Anda masih bekerja. Anda harus mengonsumsi vitamin E. Misanya sayur, kacang-kacangan, paprika merah, buah alpukat, mangga dan kiwi.

Anda juga perlu mengonsumsi Vitamin D3. Anda mendapatkan vitamin itu dengan mengonsumsi susu, udang, ikan berlemak seperti ikan tuna, mackerel, salmon.

Lalu hati sapi, keju dan telur.

Mengonsumsi vitamin C seperti jeruk, jambu merah, stroberi, brokoli, kentang, bayam dan tomat. Vitamin B12 dari daging merah, ayam, ikan, hati sapi, telur, dan produk susu.

3. Mengobati Diabetes Secara Alami: Puasa 16 Jam

Cara mengobati diabetes secara alami juga bisa Anda lakukan dengan berpuasa. Maksud puasa di sini adalah tidak makan untuk waktu tertentu dan selebihnya bisa untuk makan.

Misalnya Anda menggunakan waktu 16 jam untuk berpuasa dan waktu 8 jam untuk mengonsumsi makanan.

Puasa memang bisa menurunkan gula darah. Tidak percaya? Coba cek gula darahmu di laboratorium kesehatan. Anda akan tahu hasilnya antara gula darah diperiksa sewaktu Anda puasa (tidak makan selama 8 jam) dan diperiksa setelah Anda makan.

Hasil pemeriksaan gula darah dengan dua cara itu sangat jauh. Kadar gula darah saat puasa jauh lebih rendah dibandingkan kadar gula darah yang diperiksa setelah Anda makan.

4. Cara Mengatasi Diabetes Alami: Hindari Stress

Anda juga bisa memilih cara mengobati diabetes secara alami dengan menghindari stress. Apa pun masalah yang Anda hadapi, Anda harus terima dengan lapang dada. Tidak perlu emosi dan marah.
Selain itu, lakukan hal-hal yang bisa menenangkan emosi, pikiran dan hati. Misalnya dengan menonton hiburan di TV, mendengarkan musik, jalan-jalan, berkebun, atau rekreasi dan masih banyak cara mengatasi stress.

5. Mengatasi Diabetes Alami: Jauhi HP Ketika Tidur Malam

Ketika tidur malam jangan menempatkan Hp dekat Anda. Maksudnya supaya Anda benar-benar bisa tidur malam selama 8 – 9 jam setiap malam. Anda benar-benar bisa istirahat dan tidur nyenyak.

Dengan tidur yang berkualitas seperti itu, Anda bisa mengurangi peradangan sel dan meningkatkan pensinyalan gula darah.

6. Cara Mengobati Diabetes Alami: Konsumsi Ginseng

Hasil penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Chinese Medicine menyatakan bahwa ginseng bisa digunakan untuk mengobati diabetes secara alami.
Dengan mengonsumsi ginseng, kadar gula darah Anda akan terkendali sehingga tidak akan naik tinggi secara tiba-tiba. Selain itu, ginseng mampu menyerap glukosa (zat gula) dalam tubuh.
Intinya, dari penelitian itu diketahui bahwa ginseng mampu menurunkan gula darah puasa, gula darah setelah makan, dan gula darah selam 3 bulan terakhir.

7. Cara Mengobati Diabetes Alami: Kunyit

Anda juga bisa menyembuhkan penyakit diabetes dengan kunyit. Anda bisa mendapatkan bahan kunyit di dapur. Bisa juga beli di toko online.

Anda juga bisa membeli obat herbal kunyit di toko online. Anda tidak perlu repot menyiapkan sendiri.

Jika ingin membuat sendiri, harga bahan kunyit sangat murah. Rp 1.500 bisa mendapatkan kunyit 1 kilogram.

Kandungan antioksidan di dalam kunyit dapat mengatasi diabetes. Sebuah studi menyatakan gula darah turun 18% setelah pasien mengkonsumsi kunyit 300 mg per hari.

8. Mengobati Diabetes Secara Alami: Jintan Hitam

Cara mengobati diabetes secara alami juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi jintan hitam. Dari hasil penelitian diketahui bahwa jinten hitam bisa mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk diabetes.

Dalam kaitan diabetes, mengonsumsi jintan hitam dapat menurunkan kadar gula darah puasa, kadar gula darah setelah makan, dan kadar HbA1c.

Jintan hitam sering disebut sebagai habbatussauda. Mampu melawan peradangan, menurunkan kadar lemak, bahkan juga bisa menjaga kesehatan jantung dan hati.

9. Cara Mengobati Diabetes Alami: Bawang Merah

Mengonsumsi bawang merah juga bisa menurunkan kadar gula darah. Mengonsumsi bawang merah 100 gram tiap hari bisa menurunkan kadar gula darah. Baik untuk penderita diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2.

Selain itu, bawang merah juga bisa menaikkan insulin di dalam tubuh dan bisa membantu proses glikolisis sehingga kadar gula darah menurun.

10. Mengobati Diabetes Secara Alami: Obat Herbal Diabetes

Banyak bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati diabetes. Selain yang disebutkan di atas, bahan alami lain yang bisa Anda gunakan untuk mengobati diabetes  adalah kulit manggis, daun sirsak, bawang putih, pepaya, daun pepaya, dsb.

Jika Anda tidak ingin membuat sendiri pengobatan diabetes dengan bahan alami, ya Anda bisa membeli obat herbal diabetes di toko-toko online. Obat herbal aman dari efek samping.

Ini sangat penting karena penyakit diabetes merupakan penyakit sepanjang hidup. Artinya, Anda harus selalu menjalani hidup sehat sepanjang hidup supaya penyakit diabetes tidak kambuh.

Demikian artikel mengenai cara mengobati diabetes secara alami. Yakni, cara mengobati diabetes dengan mudah dan murah, plus bebas dari efek samping.

!-- Ads 300x250 -->