5 Cara Mengobati Gigi Berlubang Secara Alami Mudah Murah

Bau Mulut 0 Comments

CARA mengobati gigi berlubang secara alami – Gigi berlubang merupakan problem yang dihadapi banyak penduduk Indonesia. Tidak hanya orang tua. Banyak anak remaja, bahkan lebih muda lagi, yang menderita sakit gigi sampai gigi berlubang.

Menurut Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), penderita sakit gigi, termasuk gigi berlubang, di negeri ini mencapai 70% dari jumlah penduduk. Jumlahnya memang sangat besar. Rata-rata tiap orang punya gigi berlubang sampai 5 gigi.

Merawat dan memelihara kesehatan gigi agar terhindar dari gigi berlubang memang belum memasyarakat. Banyak orang yang tidak memperhatikan kesehatan giginya.

Seharusnya, menjaga kesehatan gigi dilakukan sejak kecil. Anak harus dibiasakan untuk menyikat gigi sehabis makan dan sebelum tidur.

Selain itu, makanan yang dikonsumsi juga harus makanan sehat. Yakni, makanan yang tidak menyebabkan gigi berlubang. Misalnya, harus menghindari makanan yang mengandung banyak gula (makanan manis). Boleh mengonsumsi tetapi tidak tiap hari dan sedikit saja.

5 Cara Mengobati Gigi Berlubang Secara Alami dan Cara Penyiapannya

Tetapi, bagaimana jika sekarang ini gigi Anda sudah sakit dan berlubang? Apa yang harus dilakukan agar gigi Anda yang berlubang bisa sembuh dan lubangnya tidak meluas? Bahkan, tidak merembet ke gigi yang lain?

cara mengobati gigi berlubang secara alami

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk mengobati gigi berlubang. Misalnya, dengan periksa dokter, mengonsumsi obat sakit gigi, dsb.

Cara yang murah dan mudah adalah mengobati gigi berlubang secara alami. Cara ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Bahan-bahannya pun bisa Anda temukan dengan mudah.

1. Berkumur dengan Air Garam

Anda bisa menggunakan air garam sebagai cara mengatasi gigi berlubang. Caranya, ambil garam satu sendok, lalu dilarutkan di dalam air hangat satu gelas. Aduk sampai garam larut dalam air.

Gunakan air garam untuk berkumur. Lakukan sehari 3 kali sampai sakit gigi Anda mereda.

Garam bisa digunakan untuk mengobati gigi berlubang karena mengandung antiseptik dan antibakteri. Dengan berkumur air garam, peradangan dan rasa nyeri pada gigi berlubang makin berkurang dan akhirnya rasa sakit akibat gigi berlubang bisa sembuh.

Selain itu, air garam bisa mengatasi infeksi dan mencegah perkembangan bakteri di mulut.

2. Oleskan Air Teh Bergaram dan Bawang putih

Cara mengobati gigi berlubang dengan cepat lainnya adalah menggunakan bawang putih dan air teh bercampur garam.

Caranya, siapkan minuman teh yang telah Anda tambahi sedikit garam. Ambil bawang, potong kecil-kecil lalu masukkan ke air teh garam.

Selanjutnya, air garam campur bawang putih Anda oleskan pada gigi yang berlubang. Lakukan dua kali sehari sampai rasa sakit menghilang.

Menggunakan bawang putih untuk mengatasi gigi berlubang karena bawang putih bisa berfungsi sebagai antibakteri. Jadi, bawang putih sangat baik untuk mengobati gigi berlubang.

Bawang putih juga bisa mengurangi rasa nyeri pada gigi berlubang. Dengan cara mengobati gigi berlubang seperti ini, gusi dan gigi Anda akan lebih sehat.

3. Bubuk Kunyit Ditempelkan pada Gigi Berlubang

Kunyit juga bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang. Bahkan, kunyit bisa digunakan mengobati banyak penyakit, termasuk kanker mulut.

Ya, kunyit memang tanaman obat yang sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Maka, tidak ada salahnya Anda menggunakan cara mengobati gigi berlubang secara alami dengan memanfaatkan kunyit.

Caranya cukup mudah. Haluskan kunyit dengan cara ditumbuk atau diparut. Anda juga bisa beli bubuk kunyit di toko atau pasar.

Ambil bubuk kunyit, lalu tempelkan ke bagian gigi yang berlubang. Diamkan beberapa saat sampai rasa sakit gigi berkurang. Kunyit mengandung vitamin C, antibakteri dan antiperadangan yang sangat baik untuk menyehatkan gigi Anda.

4. Minyak Cengkih Dicampur dengan Minyak Wijen

Cara mengobati gigi berlubang lainnya adalah menggunakan minyak cengkih. Tidak lain karena minyak cengkih antiperadangan, analgesik, dan antibakteri.

Banyak orang telah menggunakan minyak cengkih untuk mengatasi gigi berlubang. Hanya saja, bau minyak cengkih terkadang sangat menyengat.

Cara menggunakannya, minyak cengkih bisa dicampur dengan minyak biji wijen. Sediakan minyak wijen 1/4 sendok teh, lalu teteskan 2 – 3 minyak cengkih.

Ambil kapas, celupkan pada campuran kedua minyak itu, lantas tepuk-tepukkan atau oleskan pada gigi yang berlubang. Lakukan cara ini pada malam hari dan Anda bisa langsung tidur.

5. Obat Herbal untuk Gigi Berlubang

Jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa mengobati gigi berlubang menggunakan obat herbal gigi berlubang. Selain Anda tidak perlu repot, harga obat herbal juga murah. Jadi, lebih praktis.

Tetapi, jika ingin punya pengalaman mengobati gigi berlubang dengan pengobatan alami atau tradisional, ya silakan. Itu juga cara yang sangat bagus. Anda layak mengembangkan cara pengobatan tradisional yang bermanfaat.

Obat herbal umumnya sekarang juga sudah diproduksi dengan menggunakan teknologi maju. Apalagi, obat herbal diproduksi oleh pabrik obat.

Ya, kini beberapa perusahaan farmasi juga ada yang memproduksi obat herbal. Tentu saja, obat herbal yang dihasilkan lebih hiegines dan lebih menyehatkan.

Beberapa obat herbal untuk gigi sakit atau gigi berlubang, gusi sakit dan lainnya adalah Hersagi, Walatra Propolis Brazilian, Pasta Gigi Siwak F, Obat Sakit Gigi Cap Burung Kaka Tua, Super Green Plus SG, dsb. Tiap merek menyediakan beberapa variasi harga.

Penutup

Demikian artikel mengenai Cara Mengobati Gigi Berlubang Secara Alami. Anda bisa memilih cara mengobati gigi yang ingin Anda lakukan. Yang penting, gigi berlubang harus diatasi biar tidak terus mengganggu kesehatan gigi Anda. Atau tidak menyebar ke gigi yang lain. Banyak cara bisa Anda lakukan.

Tentu saja, perawatan gigi supaya selalu sehat sangat penting. Anda harus membiasakan diri merawat gigi dengan cara yang baik, benar dan tepat. Cara ini bisa mencegah gigi Anda berlubang. Misalnya, menyikat gigi minimal dua kali sehari. Yakni, sehabis sarapan pagi dan menjelang tidur.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga Anda.

Silakan membagi artikel ini ke rekan Anda supaya semua bisa sehat melalui logo Facebook, Twitter, Google+, dan lainnya di bawah ini.

!-- Ads 300x250 -->