11 Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

GIGI kamu masih suka bengkak? Aduhh.., kamu pasti merasa tidak nyaman saat gusi bengkak. Buat duduk, tiduran, semua tidak enak. Pertanyaannya, bagaimana cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri?

Gusi atau gangiva adalah bagian dari tubuh yang berada di dalam mulut dan berdekatan dengan gigi. Gusi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan gigi.

Begitu gusi mendapat gangguan sakit, maka gigi akan merasa tidak nyaman. Gusi bengkak sering juga disertai berdarah.

Menurut dr Gabriella Florencia, gusi bengkak harus disembuhkan. Jika tidak, tulang di rahang bisa rusak dan ruang-ruang kecil akan terbuka di antara gusi dan gigi. Dampak beratnya, gigi bisa rontok.

Baca – Gusi Bengkak Bernanah Yang Tidak Kunjung Sembuh

Untuk mengatasi akibat yang tidak diinginkan, maka Anda perlu segera mengobatinya. Bisa mengobati gusi bengkak dari rumah dengan obat alami atau tradisional.

cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri

11 Cara Mengobati Gusi yang Bengkak Agar Cepat Kempes

Berikut ini 11 cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri. Anda bisa mengobati sendiri dengan cara alami atau tradisional.

Tetapi jika kamu tidak ingin repot, ya kamu bisa beli obat herbal, obat apotek. Kalau tidak sembuh juga, ya kamu harus periksa dokter.

Mungkin bukan sekadar gusi bengkak, tetapi ada penyakit lain yang serius yang menyebabkan gusi suka bengkak, nyeri dan berdarah.

1. Gunakan Air Garam

Kamu bisa gunakan air garam untuk menyembuhkan gusi bengkak kamu. Caranya sangat mudah. Siapkan segelas air hangat, lalu tuangkan garam satu sendok teh.

Aduk-aduk sampai garam larut dalam air hangat. Lalu, gunakan air garam untuk berkumur. Lakukan 3 kali dalam sehari. Gusi bengkak kamu akan segera kempes.

Baca – Mencabut Gigi Geraham Bawah Kiri, Apa Saja Efeknya?

Mudah, kan? Jika Anda merasa air garam terlalu asin, ya tambahka sedikit air biar rasa asinnya berkurang. Tetapi, bagi kamu yang punya darah tinggi, jangan lakukan ini. Tensi darah kamu bisa naik lagi.

2. Kamu Juga Bisa Paka Jeruk Lemon

Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri lainnya adalah menggunakan perasan air lemon.
Selain mengatasi sakit gusi, air jeruk lemon juga bisa membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.

Kandungan asam pada lemon bisa mengatur kadar keseimbangan Ph dalam mulut.
Sama dengan cara menggunakan air garam, maka air lemon juga bisa Anda gunakan berkumur agar gusi bengkak cepat sembuh.

Ya, caranya persis dengan berkumur menggunakan air garam. Lakukan 3 kali dalam sehari.

3. Kompres Menggunakan Air Es atau Air Hangat

Kamu juga bisa mengatasi gusi bengkak dengan menggunakan air es. Ya, hanya gusi bengkak. Kalau gusi bengkak disertai rasa nyeri, gunakan air hangat untuk berkumur.

Baca – Gusi Berdarah Akibat Leukimia, Dianetes,Hemofilia, dsb.

Mengkompres gusi dengan es batu dapat digunakan ketika gusi bengkak tidak disertai nyeri atau berdenyut.

4. Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Bawang Merah

Bawang merah banyak khasiatnya. Antara lain bisa untuk mengobati gusi bengkat. Siapkan 1 siung bawang merah ditumbuk halus dengan tambahan satu sendok teh garam.

Lalu, tempelkan pada pipi di mana gusi bengkak. Bawang merah cukup ampuh untuk mengatasi gusi bengkak karena mengandung antiseptik alami yang bisa membunuh kuman.

5. Oleskan Bawang Putih

Sama dengan bawang merah. Bawang putih juga mengandung zat antiseptik alami yang bisa mengobati gusi bengkak.
Cara penggunaannya juga sama dengan bawang merah. Yaitu siapkan 1 siung bawang putih dan 1 sendok teh garam. Tumbuk atau haluskan keduanya, lalu tempelkan pada gusi yang sakit.

6. Berkumur dengan Air Kelapa

Anda juga bisa berkumur dengan air kelapa untuk menyembuhkan gusi bengkak.

Sama dengan bawang merah dan bawang putih. Air kelapa juga mengandung antiseptik alami yang bisa kamu pakai untuk mengobati gusi yang bengkak.

Gunakan air kelapa untuk berkumur sesetalh selesai menggosok gigi. Ya, seperti menggunakan obat kumur. Air kepala digunkan setelah kamu menyikat gigi.

7. Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Asam Jawa

Tahu asam jawa, ya? Di pasar banyak orang jual asam jawa. Umumnya ibu rumah tangga juga sedia asam jawa untuk bumbu masak.

Asam jawa juga mengandung antiseptik yang bisa mengobati gusi bengkak. Cara pakainya juga mudah. Cukup sangria biji asam jawa, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

8. Menggunakan Air Serai

Kamu juga bisa menggunakan air serai untuk mengobati gusi bengkak. Siapkan 2 tangkai serai, lalu rebus, dan hasilnya kamu minum.

9. Olesi Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh juga mampu mengurangi peradangan pada gusi. Oleskan minyak cengkeh langsung pada gusi yang bengkak.

Cara lain menggunakan minyak cengkeh adalah siapkan air dan teteskan minyak cengkeh. Lalu, hasilnya kamu gunakan untuk berkumur.

10. Olesi Madu Alami

Anda juga bisa menggunakan madu alami untuk menyembuhkan gusi bengkak. Zat dalam madu bisa meredakan pembengkakan. Cara menggunakannya sangat mudah.

Baca – Empat Cara Tersenyum Terbaik dari Pemilik Gigi TonggosĀ 

Cukup oleskan madu pada bagian gusi yang sakit atau bengkak. Lakukan cara itu 3 kali sehari sampai gusi bengkak jadi kempes.

11. Oleskan Belimbing Wuluh pada Gusi

Anda juga bisa menggunakan belimbing wuluh untuk mengobati gusi bengkak. Belimbing wuluh efektif untuk membasmi bakteri di dalam mulut.

Anda sebaiknya memilih belimbing yang belum matang. Lalu, tumbuklah belimbing itu hingga halus. Hasilnya kamu oleskan pada bagian gusi yang bengkak.