7 Cara Mengobati Gusi Bengkak akibat Gigi Berlubang

Herbal, Sakit Gigi 0 Comments

BAGAIMANA cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang? Ya, gigi berlubang sekaligus gusi bengkak. Tentu saja, Anda harus segera mengobati atau menyembuhkannya.

Sebab, jika gigi berlubang tidak segera diatasi, risikonya bisa sangat berat. Gigi berlubang bisa menjadi sarang bakteri yang menyebarkan infeksi ke jaringan di sekitarnya. Misalnya ke gusi, tulang gigi, dan jaringan penyangga.

Bahkan, infeksi bisa menyebar ke darah. Ini dapat menimbulkan komplikasi yang fatal. Antara lain bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Oleh karena itu, jika Anda menderita sakit gigi berlubang, segera diatasi atau disembuhkan. Apalagi gigi berlubang disertai gusi bengkak. Jangan dianggap sepele dan tidak segera disembuhkan.

Proses Cara Mengobati Gusi Bengkak karena Gigi Berlubang

cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang

Jadi, sakit gigi dan gusi bengkak akibat infeksi yang menyebar ke gusi bisa menimbulkan peradangan. Langkah awal yang harus Anda lakukan seperti dikatakan dr. Muliani Sukiman di alodokter adalah meredakan rasa nyeri. Anda bisa mengonsumsi obat analgetik. Misalnya, paracetamol atau asam mefenamat.

Setelah itu, Anda harus periksa dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut. Tentu saja, dokter perlu melakukan pemeriksaan klinis sehingga bisa mengetahui dengan tepat kondisi gigi dan gusi Anda. Selanjutnya ditentukan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi gigi dan gusi.

Biasanya, dokter lebih dulu minta Anda mengonsumsi obat antibiotik dan antiradang. Kedua jenis obat ini bisa mengatasi infeksi dan menekan peradangan. Setelah infeksi teratasi, baru kemudian tindakan selanjutnya untuk memperbaiki gigi yang rusak.

Baca – Gusi Bengkak Bernanah Tak Kunjung Sembuh…

Bila kondisi gigi Anda masih cukup baik, maka penanganannya mungkin cukup dengan ditambal. Sebelum ditambal, gigi lebih dulu dibersihkan dan jaringan yang rusak dibuang. Jika diperlukan, saluran akar gigi juga akan diperbaiki.

Tetapi, jika kerusakan gigi sudah parah dan tidak bisa dipertahankan, ya jalan terbaik adalah gigi dicabut.

Supaya gigi tidak rusak dan tidak berlubang, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa hal berikut ini.

1.Rajin menyikat gigi minimal 2 kali sehari, terutama setelah makan.

2. Berkumur dengan obat kumur antibakterial. Banyak obat kumur dijual di toko online. Anda bebas memilih. Harganya tidak mahal.

3. Bersihkan sisa makanan di sela-sela gigi dengan dental floss atau benang gigi. Sisa makanan di sela gigi tak bisa dibersihkan hanya dengan menyikat gigi.

4. Silakan minum air putih 2-3 liter per hari untuk menghindari hedidrasi mu(kurang minum) sehingga produksi air liur lancar. Mulut tidak kering dan tidak bau.

Baca – Gusi Bengkak pada Anak – Penyebab dan Cara Mengobatinya

5. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung tepung atau kadar gula yang tinggi.

Cara Mengobati Gusi Bengkak karena Gigi Berlubang dengan Bahan Alami

Anda juga bisa mengobati gusi bengkak dan gigi berlubang dengan menggunakan bahan alami dari tumbuhan obat. Misalnya:

1.Berkumur dengan Air Garam

Anda bisa mengatasi gusi bengkak dan gigi berlubang dengan berkumur air garam. Caranya siapkan air putih 1 gelas dan garam setengah sendok teh.

Garam dimasukkan ke air dalam gelas sehingga menyatu. Setelah diaduk, gunakan air garam untuk berkumur selama beberapa detik.

Anda bisa melengkapinya dengan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.

2. Oleskan Minyak Cengkih

Anda juga bisa menggunakan minyak cengkih untuk meredakan gusi bengkak dan gigi berlubang. Anda bisa beli minyak cengkih di toko online atau tempat lain.

Gunakan bola kapas untuk mengobati gusi bengkak. Celupkan bola kapas pada minyak cengkih, lalu oleskan ke gigi dan gigi yang sakit. Minyak cengkih mengandung zat eugenol yang bisa berfungsi sebagai antibakteri dan anastesi. Yakni, meredakan gigi bengkak dan gigi berlubang.

3. Kunyah Bawang Putih

Bawang putih juga bisa Anda gunakan untuk mengobati gusi bengkak dan gigi berlubang. Ambil bawang putih, kupas kulitnya, potong kecil-kecil lalu dikunyah dekat gigi yang berlubang.

Baca – Pengertian Gigi Tonggos dan Cara Merapikannya

Obat Herbal Gusi Bengkak

Propolis Brazil Asli 100%

Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal untuk menyembuhkan gusi bengkak dan gigi berlubang. Yakni, propolis brazil asli 100% dengan teknologi Nano.

Manfaat obat herbal ini bisa mengatasi gusi bengkak, gusi berdarah, obat kumur, obat kesehatan mulut dan gigi, dsb. Harga Rp 115.000.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi obat apotek. Ada beberapa obat yang bisa Anda pilih, yakni:

1. Acetaminophen/Paracetamol

Obat golongan NSAID ini dipercaya mampu meredakan sakit akibat gigi berlubang.

2. Ibuprofen

Ibuprofen juga merupakan obat sakit gigi yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Obat ini tersedia dalam bentuk kaplet dan sirup.

3. Naproxen

Naproxen adalah obat pereda sakit yang sering digunakan untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Obat ini tersedia dalam bentuk kaplet yang bisa Anda beli di apotek.

Demikian artikel mengenai cara mengbati gusi bengkak karena gigi berlubang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

!-- Ads 300x250 -->