7 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang dan Gusi Bengkak

Bau Mulut 0 Comments

BAGAIMANA cara mengobati sakit gigi berlubang dan gusi bengkak? Sakit gigi berlubang yang disertai gusi bengkak tentu sangat menyiksa. Tidak bisa dibayangkan betapa sakitnya. Makan tentu tidak nyaman. Bahkan minum pun harus hati-hati biar rasa sakit tidak melonjak.

Sakit gigi berlubang merupakan penyakit yang umum dialami banyak orang. Ini pertanda bahwa kesadaran kita untuk membersihkan dan menjaga kesehatan mulut dan gigi masih kurang. Kita harus meningkatkan kebersihan mulut dan gigi biar tidak terkena sakit gigi.

Selain kesadaran untuk membersihkan gigi masih rendah, cara membersihkan gigi dengan tepat perlu ditingkatkan. Kesadaran tinggi harus dibarengi dengan pengetahuan yang memadai.

Dengan cara itu, angka sakit gigi berlubang dan gusi bengkak bisa ditekan jumlahnya. Anda juga bisa mengobati sakit gigi berlubang secara alami. 

7 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang dan Gusi Bengkak 

Berikut ini 7 cara mengobati sakit gigi berlubang dan gusi bengkak. Anda bisa menggunakan bahan herbal yang telah ada di rumah Anda atau mengobati gigi berlubang dengan obat resep dokter.

cara mengobati sakit gigi berlubang dan gusi bengkak

Gigi berlubang terjadi akibat asam yang diproduksi bakteri yang memakan gula dari sisa makanan yang belum dibersihkan. Jika dibiarkan, asam akan merusak gigi.

Gigi berlubang yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan infeksi. Bahkan juga bisa mendatangkan penyakit lain seperti sakit jantung.

Cara mengobati sakit gigi berlubang antara lain:

1. Air Garam

Cara mengatasi sakit gigi berlubang dan gusi bengkak yang paling mudah dan murah adalah berkumur dengan air garam hangat. Air garam dengan rasa asin bisa menetralkan pH mulut sekaligus meredakan sakit gusi bengkak dan meradang.

Garam bisa menyerap kelembapan dalam mulut dan membasmi bakteri sakit gigi.

Garam akan menyerap kelembapan dalam mulut yang membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Air garam juga bisa mengurangi peradangan akibat infeksi.

2. Teteskan Minyak Cengkeh pada Gigi yang Lubang

Anda bisa mengobati sakit gigi berlubang dengan mengoleskan 2-3 tetes minyak cengkeh pada gusi yang bengkak. Pijat pada arah gigi yang sakit dengan lembut, lalu dibiarkan istirahat saja. Anda bisa mengulangi cara mengobati gigi berlubang untuk beberapa jam. Minyak cengkeh memiliki sifat antimikroba.

3. Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang dan Gusi Bengkak dengan Jahe

Jahe bisa Anda dapatkan di pasar tradisional atau swalayan. Bahkan ada yang jual bubuk jahe. Anda tidak perlu menguliti dan mencuci jahe, serta memarutnya. Tambahkan garam hingga menjadi pasta kasar.

Lalu, gosokkan pasta dari jahe itu pada bagian gusi yang bengkak. Biarkan 10 – 12 menit, lalu dibilas dengan air bersih. Jahe bersifat anti-inflamasi dan mengandung antioksidan sehingga bisa mengatasi gusi yang bengkak.

4. Cara Mengobati Gigi Berlubang dengan Baking Soda

Anda juga bisa menggunakan baking untuk menyikat gigi agar meredakan rasa sakitnya. Tetapi, Anda juga bisa mencampur baking soda dengan bubuk kunyit untuk memijat bagian gusi yang bengkak.

5. Berkumur dengan Air Jeruk Lemon

Berkumur dengan air jeruk lemon juga bisa mengobati sakit gigi berlubang dan gusi bengkak. Ya, air jeruk lemon bisa Anda tambahkan air putih. Lemon mengandung senyawa antimikroba. Bisa membasmi miktoba yang mengakibatkan gusi gigi Anda sakit dan bengkak.

6. Gel Lidah Buaya

Gel dari tanaman lidah buaya juga bisa Anda gunakan mengobati gigi berlubang yang sakit. Gel bersifat antibateri, anti-infalamasi dan antioksidan. Bisa mengatasi pembengkakan pada gusi dan membasmi bakteri berbahaya.

Cara penggunaannya sangat mudah. Ambil tanaman lidah buaya, kupas kulitnya hingga tinggal gelnya. Letakkan gel lidah buaya pada gusi gigi yang bengkak dan sakit. Lakukan dua kali sehari biar sakit gigi cepat sembuh.

7. Daun Jambu

Daun jambu ternyata juga bermanfaat untuk membuat gigi Anda selalu sehat. Daun jambu merah bersifat antiradang, antimikroba, dan sekaligus pereda nyeri (analgesik).

Cara membuat daun jambu bisa menyembuhkan sakit gigi sangat mudah. Ambil satu-dua lembar daun jambu segar, bersihkan dengan air mengalir, lalu dikunyah sampai airnya keluar.

Air dari daun jambu bisa Anda oleskan ke gigi yang sakit dengan menggunakan lidah. Jika sulit, ambil 4 – 5 lembar daun jambu dan rebus dengan ditambahkan sedikit garam. Air rebusan daun jambu gunakan untuk berkumur. Lakukan beberapa kali sampai sakit gigi dan gusi reda.

Penutup

Banyak cara mengobati sakit gigi berlubang dan gusi bengkak. Anda bisa menggunakan berbagai bahan dari tanaman obat. Cara mudah dan murah untuk mengatasi sakit gigi. Bisa juga dengan membeli obat herbal. Khasiatnya lebih besar dan Anda tidak perlu repot membuat ramuan sendiri.

 

!-- Ads 300x250 -->