Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang pada Anak

Bau Mulut 0 Comments

TIDAK hanya orang tua atau dewasa yang menderita sakit gigi. Anak juga bisa terkena sakit gigi. Masalahnya, bagaimana cara mengobati sakit gigi berlubang pada anak?

Tentu saja, jika anak menderita sakit gigi, terutama sakit gigi berlubang, orang tuanya juga akan sangat repot. Apalagi anak masih di bawah umur. Anak sebentar-sebentar mengangis giginya sakit. Ya, anak jadi rewel. Tidak hanya sebentar-sebentar mengangis, terkadang anak juga tidak mau makan.

Untuk mengatasi anak yang selalu rewel akibat sakit gigi, orang tua ingin segera memerisakannya ke dokter. Tetapi, bagaimana kalau rumahnya jauh dari tempat praktek dokter atau giginya sakit pada malam hari?

Penyebab Sakit Gigi Berlubang Pada Anak dan Cara Mengobatinya

Pertanyaannya mengapa anak bisa terkena sakit gigi? Apa penyebab sakit gigi pada anak dan bagaimana cara mengobatinya?

cara mengobati sakit gigi berlubang pada anak

(foto:Intisari.grid.id)

Penyebab sakit gigi berlubang pada anak dan orang dewasa sebenarnya tidak jauh berbeda, yakni:

1. Kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut

2. Kurang mengonsumsi serat atau pola makannya kurang baik.

Umumnya, anak-anak sangat menyukai makanan manis atau makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Jika setelah mengonsumsi makanan manis ada yang tersisa di rongga mulut, ini sangat membahayakan gigi.

Sebab, makin lama makanan tersisa di rongga mulut, maka bakteri akan mengubah zat gula dari sisa makanan hingga bisa mengeluarkan zat asam. Zat ini bisa merusak lapisan email gigi dan akhirnya terjadilah gigi berlubang.

Itulah penyebab yang umum atas terjadinya penyakit gigi anak. Ada juga penyebab lain yang membuat anak menderita sakit gigi. Tetapi, yang terbanyak adalah akibat mengonsumsi makanan minuman manis.

Penyebab Lain dari Sakit Gigi pada Anak: Minum Susu Botol Waktu Tidur

Penyebab lain sakit gigi pada anak yang bisa membuat giginya berlubang adalah mengonsumsi cokelat dan minum susu botol waktu tidur malam.

Banyak ibu yang waktu anak bayinya menangis di malam hari, lalu memberinya susu botol. Bahkan, ada yang memberinya dot saja tanpa minuman susu. Tujuannya supaya anak bayinya diam.

Cara ini jelas merupakan cara yang tidak sehat. Bahkan, bisa membuat gigi anak berlubang.

Banyak minum susu juga bisa membuat gigi anak terlihat kecoklatan. Makin lama bisa membuat gigi yang rusak makin dalam sampai lapisan dentin. Gigi pun terasa sakit saat mengunyah makanan.

Kebanyakan terjadinya gigi berlubang pada anak akibat kebersihan gigi yang kurang baik. Menyikat gigi tidak dilakukan secara rutin.

Gigi berlubang sering terjadi pada gigi geraham. Mengakibatkan makanan sering terselip di sini. Makin lama sisa makanan membusuk dan membuat bagian dalam gigi rusak hingga mencapai saraf gigi. Akhirnya terjadilah sakit gigi berdenyut.

Sisa makanan yang terselip di sela gigi tanpa dibersihkan juga bisa menyebabkan peradangan pada gigi atau gusi. Bahkan, bisa juga menyebabkan pembekakan hingga ke pipi.

Wajah terlihat sembab, rasa sakit gigi yang hebat, dan disertai demam. Bahkan, juga terjadi anak sulit menelan saat diminta makan.

Cara Cepat Mengatasi Sakit Gigi Berlubang pada Anak

Jika memungkinkan, Anda sebaiknya segera membawa anak periksa dokter untuk bisa segera mendapatkan pengobatan atas sakit gigi yang diderita anak.

Tetapi, jika tidak mungkin bisa segera periksa dokter, ya Anda harus bisa mengatasinya untuk sementara sebagai langkah darurat. Tujuannya untuk meredakan rasa sakit yang cukup menyiksa.

Berikut ini langkah-langkah darurat penanganan sakit gigi berlubang pada anak yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Berkumur dengan Air Hangat

Cara tradisional ini memiliki hasil yang ampuh. Anda pun tidak perlu repot menyiapkan bahan, cukup segelas air hangat saja. Biarkan si kecil berkumur beberapa waktu, dan tunggu khasiatnya segera. Jika dibutuhkan, Anda bisa menambahkan garam untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Olesi Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh memiliki kandungan yang dapat menimbulkan efek mematikan rasa pada gigi dan gusi yang sedang sakit. Nah, Anda bisa menuangkan sedikit minyak cengkeh ke kapas, lalu tempelkan atau selipkan di bagian gigi yang sakit. Minyak cengkeh bertindak sebagai pembius lokal sehingga sakit mereda dan kemudian hilang.

3. Kompres Pipi dengan Air Dingin

Tidak jarang, pipi menjadi bengkak karena gusi sedang bermasalah ketika gigi sakit. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mencoba untuk mengompres pipi si kecil dengan air dingin atau air es. Beberapa orang juga mencoba untuk membungkus es batu dan menempelkannya di pipi. Anda bisa mencoba salah satu yang paling cocok dan disukai anak Anda.

4. Bawang Putih

Mudah didapatkan di rumah, bawang putih memiliki kandungan saripati yang bisa meredakan sakit gigi. Anda hanya perlu menggeprek bawang lalu meletakkannya pada gigi yang sedang sakit. Tunggu sampai rasa sakit hilang.

5. Beri Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga mampu mengurangi rasa sakit yang muncul. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi mampu meredakan sakit gigi. Caranya pun mudah. Jeruk nipis dipotong kecil-kecil dan letakkan pada gigi berlubang yang sakit sampai beberapa menit. Lakukan berulang-ulang sampai rasa sakit pada gigi menghilang.

Penutup

Demikian artikel mengenai bagaimana cara mengobati sakit gigi berlubang pada anak. Anda bisa mengatasi sendiri apa yang diderita anak Anda sebelum dibawa ke dokter gigi. Caranya sangat mudah dan murah. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

!-- Ads 300x250 -->