Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang pada Ibu Hamil

Bau Mulut 0 Comments

BAGAIMANA cara mengobati sakit gigi berlubang pada ibu hamil? Sakit gigi ketika hamil pasti sangat merepotkan. Penderitaan Bunda berlipat-lipat. Punya beban hamil sekaligus beban sakit gigi.

Apalagi sakit gigi pada hari Sabtu dan Minggu. Puskesmas tutup, demikian pula dokter tidak praktek. Satu-satunya jalan pergi ke dokter jaga. Tetapi, lokasinya sering jauh dari rumah Bunda.

Nah, Ada baiknya Bunda memahami kondisi hamil dan sakit gigi. Apa yang harus dilakukan? Bagaimana cara mengatasinya? Obat apa yang bisa dikonsumsi ibu hamil ketika menderita sakit gigi?

Lalu, apa obat sakit gigi yang aman untuk ibu hamil? Bagaimana cara menyembuhkan sakit giginyadan calon bayi dalam kandungan Bunda juga tetap sehat?

Apa Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang pada Ibu Hamil

cara mengobati sakit gigi pada ibu hamil

ibu hamil periksa gigi (foto:hellosehat.com)

Ibu hamil menderita sakit gigi cukup banyak jumlahnya. Di antara mereka sebelum hamil tidak pernah merasa sakit gigi. Apa sebabnya dan mengapa terjadi ibu hamil menderita sakit gigi berlubang?

Para ahli menduga hal itu terjadi akibat kenaikan hormon progesteron dalam tubuh. Kadar progesteron yang terlalu tinggi dapat memicu pertumbuhan bakteri penyebab plak di gigi. Penumpukan plak bisa mengakibatkan seseorang menderita gigi busuk (karies gigi).

Ibu hamil yang mengalami gejala morning sickness perlu hati-hati karena sakit giginya bisa makin parah. Muntah berulangkali bisa mengakibatkan lapisan terluar gigi terkikis dan ancaman risiko pembusukan gigi meningkat.

Kian lama gigi menjadi sangat sensitif dan akhirnya berlubang. Yang banyak terjadi, gigi terasa sangat sakit.

Perubahan hormon kehamilan juga bisa membuat terjadinya infeksi gigi kronis. Ini infeksi umum yang sering menyerang ibu hamil. Apalagi saat daya tubuh melemah.

Obat Sakit Gigi yang Harus Dihindari dan Harus Diminum Ibu Hamil

Jika Bunda sudah menderita sakit gigi, maka disarankan jangan buru-buru minum obat. Bunda sebaiknya lebih dulu konsultasi dengan dokter.

Berikut ini obat yang harus dihindari oleh ibu hamil dalam kondisi apa pun.

1. Obat Antinyeri NSAID.

Misalnya aspirin dan ibuprofen. Risiko minum obat ini bisa menyebabkan calon bayi lahir cacat. Selain itu, juga bisa menyebabkan calon bayi keguguran.

Lantas, obat apa yang bisa dikonsumsi ibu hamil saat menderita sakit gigi?

Obat acetaminophen (paracetamol). Obat ini berkhasiat untuk mengatasi sakit gigi lebih aman dikonsumsi ibu hamil. Obat ini bagus untuk mengatasi sakit kepala, pusing, dan demam yang terjadi bersamaan Bunda menderita sakit gigi.

Pokoknya, Bunda sebaiknya minum obat sesuai dengan petunjuk dokter. Saat periksa dokter, silakan bertanya banyak mengenai obat yang aman dikonsumsi. Selain itu, baca aturan pakai tiap obat yang ingin Anda konsumsi.

2. Antibiotik

Ini juga aman diminum oleh Ibu hamil yang menderita sakit gigi. Tetapi, pembelian obat ini harus dengan resep dokter. Jika mendapat obat ini dari dokter, Bunda harus mengonsumsi obat ini sampai habis. Waktu minum juga harus tepat seperti petunjuk dokter.

Antibiotik yang biasanya diberikan untuk ibu hamil adalah amoxicillin atau clindamycin. Tetapi jika tidak mendesak, perawatan gigi, termasuk minum obat, sebaiknya dilakukan setelah melahirkan.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang pada Ibu Hamil yang Lain

Cara pengobatan sakit gigi secara alami yang lebih aman dari risiko juga ada banyak. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Berkumur dengan air garam
  2. Melakukan kompres dengan es batu
  3. Rajin menyikat gigi dengan baik dan benar. Setidaknya dua kali sehari, yaitu setelah makan pagi dan sebelum tidur.
  4. Hindari makanan minuman terlalu manis, termasuk minuman bersoda.
  5. Konsumsi buah-buahan yang cukup manis (pengganti makanan minuman terlalu manis akibat banyak gula).
  6. Minum air putih yang banyak.
  7. Hindari penggunaan obat berkumur yang mengandung alkohol.

Demikian artikel mengenai cara mengobati sakit gigi pada ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, khususnya Bunda yang kini sedang hamil.

!-- Ads 300x250 -->