5 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami

Bau Mulut 0 Comments

CARA mengobati sakit gigi berlubang secara alami adalah cara yang paling mudah dan murah. Sayangnya, banyak orang kurang memanfaatkan cara ini untuk membuat gigi mereka sehat dan tidak berlubang. Mereka kurang peduli terhadap sakit gigi.

Kesadaran untuk memelihara kesehatan gigi seharusnya ditanamkan sejak anak usia balita. Tidak sekadar menyikat gigi. Tetapi harus ditanamkan kesadaran untuk selalu membuat gigi mereka sehat.

“Kesadaran penduduk Indonesia akan kesehatan gigi masih sangat minim,” kata drg Sri Angky Soekanto DDS, PhD, praktisi kesehatan gigi. Oleh karena itu, angka penderita sakit gigi berlubang di Indonesia masih tinggi. Bahkan tertinggi dari semua jenis sakit gigi.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami dengan Murah dan Mudah

Sesungguhnya menjaga kesehatan gigi agar tidak terjadi gigi berlubang tidak sulit. Bahan pengobatan alami untuk menjaga kesehatan gigi mudah didapatkan. Jika tidak ingin keluar biaya banyak, Anda bisa memanfaatkan bahan alami ini.

Cara Mengobati Gigi Berlubang

Anda pun tidak akan kesulitan menemukan bahan-bahan alami yang bisa mengatasi gigi berlubang. Kalau toh harus membeli, harganya juga sangat murah. Anda bisa meramu sendiri bahan-bahan alami untuk mengobati sakit gigi, khususnya gigi berlubang.

Tetapi jika Anda tidak ingin repot membuat ramuan obat gigi sendiri, Anda bisa membeli obat herbal untuk menyembuhkan gigi berlubang. Harganya murah tetapi khasiatnya sangat besar.

Berikut ini cara mengobati sakit gigi berlubang secara alami. Silakan memilih cara yang mudah Anda lakukan dan sakit gigi Anda bisa cepat reda.

1. Berkumur dengan Air Garam

Dengan kandungan antiseptik dan antibakteri, garam sangat baik untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Caranya, Anda membuat air garam lalu Anda gunakan untuk berkumur.

Manfaat berkumur dengan air garam selain mengatasi sakit gigi berlubang, juga bisa mengurangi peradangan dan nyeri di mulut, mengatasi infeksi, dan mencegah perkembangan bakteri di mulut.

Cara menggunakan air garam sebagai obat kumur adalah pertama siapkan 1 gelas air hangat. Lalu, masukkan garam lembut 1 sendok teh dan aduk sampai semua garam larut.

Gunakan air garam untuk berkumur. Fokus kumur di sekitar area gigi yang sakit. Lakukan 3 kali sehari sampai sakit gigi mereda.

2. Oleskan Bawang Putih

Anda juga bisa menyembuhkan sakit gigi berlubang menggunakan bawang putih. Bumbu dapur ini memang sudah dikenal luas juga sebagai bahan obat antibakteri.

Bawang putih juga bisa mengatasi rasa nyeri akibat gigi berlubang. Dengan bawang putih, gusi serta gigi Anda bisa kembali sehat.

Cara penggunaannya, siapkan 3 – 4 siung bawang putih dan ¼ sendok teh garam. Oleskan teh garam menggunakan bawang putih pada gigi yang berlubang. Biarkan sampai 10 menit.

Lalu, bersihkan mulut Anda dengan obat kumur. Lakukan dua kali sehari sampai rasa sakitnya hilang.
Anda juga bisa mengonsumsi bawang putih mentah untuk mengatasi sakit gigi berlubang.

4. Berkumur dengan Air Kunyit

Kunyit juga sangat baik untuk menyembuhkan sakit gigi berlubang. Kunyit mengandung vitamin C yang bersifat antibakteri dan antiperadangan.

Bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan gusi dan mencegah gigi berlubang. Cara penggunaannya dengan lebih dulu kunyit dihancurkan jadi bubuk. Tetapi, Anda juga bisa membeli bubuk kunyut di toko online. Gunakan bubuk kunyit untuk bahan berkumur.

Cara lain dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan sedikit minyak mustard. Lali, oleskan ramuan itu pada gigi dan gusi yang sakit sambil dipijat. Setelah 10 menit, maka ludahkan campuran kunyit dan minyak mustard.

5. Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang dengan Minyak Cengkeh

Cara mengobati gigi berlubang secara alami lainnya adalah menggunakan minyak cengkeh. Cengkeh bersifat antiperadangan, analgesik, dan antibakteri.

Selain mampu mengatasi rasa sakit pada gigi, cengkeh juga bisa mencegah penyebaran sakit gigi berlubang.

Bahannya adalah minyak cengkeh dan minyak wijen. Campurkan 2 – 3 tetes minyak cengkeh dengan ¼ sendok teh minyak biji wijen.

Pemakaiannya, gunakan kapas yang dicelupkan pada campuran minyak cengkeh dan wijen. Lalu kapas ditepuk-tepukkan pada gigi yang sakit. Lakukan cara ini sebelum tidur malam.

Jika tahan, Anda bisa mengunyah cengkeh sampai keluar minyaknya. Lalu, diamkan beberapa menit di bawah lidah.

!-- Ads 300x250 -->