10 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan dengan Bahan Alami

Berita 0 Comments

PERNAH menderita sakit tenggorokan? Aduh, sangat merepotkan. Bahkan, sakit tenggorokan bisa membuat sulit untuk menelan makanan. Bagaimana cara mengobati sakit tenggorokan yang bisa Anda lakukan dengan mudah?

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sakit tenggorokan adalah pengobatan secara alami. Artinya, pengobatan radang tenggorokan dengan menggunakan bahan alami. Anda bisa mendapatkan bahan-bahan alami dengan mudah dan harga murah.

Tetapi, jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa mengonsumsi obat herbal untuk sakit tenggorokan. Banyak obat herbal bisa Anda dapatkan di beberapa toko online. Obat herbal juga menggunakan banyak bahan alami. Hanya saja telah diolah secara modern dengan teknologi kekinian.

Baca – 16 Cara Mengatasi Bau mulut Akibat Gigi Berlubang

Daftar 10 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan dengan Mudah

cara mengobati sakit tenggorokan

(foto:liputan6.com)

Berikut ini daftar bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.
Sakit tenggorokan terjadi dengan ditandai rasa nyeri, iritasi, atau kering pada tenggorokan.

Penyebabnya karena infeksi virus atau bakteri. Rasa nyeri dan sakit sangat terasa ketika penderita menelan makanan atau minuman.

Semua usia bisa kena sakit tenggorokan. Dari anak, remaja, orang dewasa sampai lanjut usia. Yang paling banyak terjadi adalah radang tenggorokan akibat virus.

1. Mengobati Sakit Tenggorokan dengan Minum Madu

Jika menderita gangguan kesehatan pada tenggorokan, sangat baik Anda mengonsumsi madu. Efektif mengatasi penyakit tenggorokan. Menurut pakar, madu mengandung senyawa antibakteri sehingga dapat meredakan radang tenggorokan.

Tetapi, anak usia kurang dari satu tahun jangan diminumi madu. Risikonya bisa meningkatkan botulisme. Yakni kondisi keracunan serius yang disebabkan oleh racun dari bakteri Clostridium botulinum.

2. Minum Minuman Teh

Minuman teh juga bagus untuk mengatasi gangguan kesehatan pada tenggorokan. Anda bisa coba mengonsumsi minuman teh ketika tenggorokan terasa tidak nyaman seperti gatal, serak atau sakit saat menelan makanan.

Baca – Cara Melenyapkan Bau Mulut dengan Jeruk Nipis

“Ada sejumlah bukti bahwa teh herbal bisa membantu mengatasi rasa sakit pada tenggorokan,” kata Asisten Profesor di UNC Family Medicine, Dana Neutze seperti dikutip oleh Liputan6.com.

3. Berkumur dengan Air Garam

Cara lain untuk mengatasi radang tenggorokan adalah berkumur dengan air garam. Yakni, air matang yang diberi garam sehingga terasa asin. Penderita darah tinggi sebaiknya tidak melakukan cara ini.

Kumur air garam bisa membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga area mulut tetap bersih.

Caranya siapkan air putih matang satu gelas. Lalu tambahkan garam seperempat sendok teh garam halus dan aduk hingga rata. Gunakan air garam untuk berkumur beberapa kali dalam sehari.
Air garam bisa membunuh bakteri penyebab sakit pada tenggorokan.

4. Mengonsumsi Sup Ayam

Banyak ahli yang menyarankan kepada penderita sakit di tenggorokan untuk mengonsumsi sup ayam. Ini adalah resep rumahan yang paling sering diajurkan untuk menyembuhkan radang tenggorokan.

Meskipun belum ada data ilmiah, tetapi mengonsumsi makanan ini bisa mengakibatkan migrasi neutrofil. Yaitu, komponen di badan yang jadi penyebab radang tenggorokan.

5. Mengonsumsi Bawang Putih

Bawang sudah dikenal luas sebagai bumbu dapur yang bisa mengobati banyak penyakit, termasuk mengatasi sakit pada tenggorokan. Hanya saja, rasa dan bau bawang putih sangat menyengat jika Anda mengonsumsi dalam kondisi mentah.

Bawang putih mengandung senyawa antimikroba yang bisa mengatasi penyakit tenggorokan.

6. Minum Banyak Air Mineral.

Banyak minum air putih / mineral juga bisa mengatasi gangguan kesehatan di tenggorokam. Banyak minum air putih bisa membuat tubuh mampu melawan infeksi. Maka, jaga jangan sampai tubuh kekurangan air putih.

Cairan juga membuat selaput lendir senantiasa lembap. Efeknya, iritasi tenggorokan dan batuk tidak bertambah parah. Sebaliknya, sakit pada tenggorokan makin mereda.

7. Minum Susu Ditambah Kunyit.

Anda juga bisa minum susu hangat dengan sejumput bubuk kunyit. Ini adalah pengobatan tradisional yang bisa melawan infeksi dan penyakit akibat kekebalan tubuh lemah.

Kunyit mengandung zat antibakteri dan anti-inflamasi. Penyakit tenggorokan pun bisa mereda.

8. Minuman Teh Lemon Ditambah Madu

Silakan Anda minum teh lemon ditambah madu. Teh lemon dengan beberapa sendok madu bisa mengatasi radang tenggorokan. Lemon bisa memecah lendir, dan minuman air panas akan melemaskan otot tenggorokan.

Kandungan vitamin C dan madu bisa membuat kekebalan tubuh meningkat. Serangan bakteri dan virus penyebab radang pun bisa dilawan.

9. Banyak Istirahat

Anda juga bisa mengatasi penyakit tenggorokan dengan banyak istirahat. Tentu saja, Anda tetap perlu minum air putih yang banyak. Tetapi, jangan air panas (hangat). Lebih baik mengonsumsi air dingin.

10. Mengonsumsi Makanan yang Dingin dan Lembut

Usahakan selama sakit tenggorokan belum sembuh, Anda selalu mengonsumsi makanan yang lunak dan lembut. Ya, maksudnya bisa mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Anda bisa memenuhi kebutuhan makan minum tanpa tenggorokan menderita sakit.

Demikian artikel tentang cara mengobati sakit pada tenggorokan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua. Tetapo jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa mengonsumsi obat herbal jadi. Harga murah, tanpa efek samping dan bisa menyembuhkan sakit Anda.

 

!-- Ads 300x250 -->