Empat Cara Mengobati Vertigo dengan Jahe

Sakit Kepala 0 Comments

BANYAK cara bisa Anda lakukan untuk mengobati vertigo. Antara lain mengobati vertigo dengan jahe. Ini adalah cara menyembuhkan vertigo secara tradisional atau secara alami. Banyak orang sukses mengatasi penyakit vertigo dengan pengobatan tradisional ini.

Anda tentu saja telah mengenal bumbu dapur yang satu ini, yaitu jahe. Setiap ibu rumah tangga yang aktif memasak tentu mengenal jahe. Bumbu masak yang cukup penting.

Tujuan penggunaan jahe sebagai bumbu masak supaya masakan beraroma sedap dan bau anyir ikan hilang. Tetapi, jahe juga dikenal sebagai bahan pembuatan minuman.

Ya, minuman jahe dengan rasa sedikit pedas tetapi menyegarkan. Atau untuk menghangatkan badan, terutama di musim penghujan.

Jahe mengandung minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit.

Mengobati Penyakit Vertigo dengan Jahe dan Cara Membuatnya

cara mengobati vertigo dengan jahe

Dalam artikel ini akan kita perbincangkan tentang penggunaan jahe untuk mengobati vertigo. Yakni, penyakit yang membuat tubuh Anda tidak stabil, sempoyongan seperti orang ingin pingsan.  Sementara, kondisi lingkungan tampak seperti berputar.

Dalam kondisi demikian, Anda harus segera mencari pegangan atau duduk supaya tidak terjatuh.

Untuk mencegah supaya vertigo tidak sering kambuh, Anda bisa menggunakan tanaman jahe yang  memiliki khasiat (manfaat) menyembuhkan banyak penyakit, termasuk vertigo.

Jahe memang termasuk tanaman obat. Yakni tanaman yang punya khasiat obat atau berkhasiat bisa mengatasi penyakit. Banyak penyakit yang bisa diatasi dengan memanfaatkan jahe.

Misalnya mengatasi mual dan muntah, menyehatkan sistem pencernaan, menyehatkan otak, menyembuhkan migrain, mengontrol gula darah, menyetabilkan tensi darah, menjaga kesehatan tulang, dsb.

Jahe mampu memperlancar peredaran darah, termasuk darah menuju otak sehingga kebutuhan akan darah bisa terpenuhi dengan baik. Kondisi ini bisa menghindarkan Anda dari kemungkinan terkena vertigo.

Jahe juga bisa bermanfaat untuk mengatasi vertigo dari infeksi bakteri atau virus. Dalam kaitan ini, jahe bisa berfungsi antiradang yang menghindarkan terjadinya perkembangan bakteri sebagai penyebab vertigo.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mengobati vertigo menggunakan bahan jahe? Ada 4 cara mengobati vertigo yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Jahe Dikunyah Langsung

Cara mengobati vertigo dengan jahe yang pertama adalah Anda mengonsumsi jahe langsung dengan cara dikunyah dalam kondisi mentah. Kupas kulitnya, cuci, lalu dikunyah. Ketika vertigo kambuh, Anda bisa langsung mengambil jahe untuk dikunyah.

2. Minum air jahe

Anda juga bisa mengkonsumsi minuman (wedang) jahe. Siapkan beberapa irisan jahe, parutan gula merah, dan air hangat. Irisan jahe dan parutan gula dimasukkan ke dalam gelas yang telah berisi air hangat. Semua bahan diaduk sampai rata, dan siap untuk diminum.

Lakukan cara itu sampai penyakit vertigo sembuh. Setelah itu, konsumsilah minuman jahe secara berkala / periodik agar selalu terhindar dari vertigo kambuh. Itulah cara mengobati vertigo dengan jahe.

3. Bubuk Jahe

Anda juga bisa membuat minuman jahe dengan bahan bubuk jahe. Banyak toko online yang menjual bubuk jahe. Harganya juga sangat murah. Rp 25.000/botol.

Anda juga bisa membeli bubuk jahe di swalayan / supermarket di bagian bumbu dapur. Anda tinggal menyeduh menjadi minuman jahe dengan rasa segar sedikit pedas.

4. Minyak Jahe

Anda juga bisa menggunakan minyak jahe untuk mengatasi vertigo biar tidak sering kambuh. Oleskan minyak jahe di leher, kepala, dan telinga. Gunakan secukupnya dan jangan berlebihan. Lakukan rutin tiap hari biar vertigo tidak kambuh lagi.

Tips Praktis Mengatasi Vertigo

Berikut ini petunjuk dokter untuk menghindari terjadinya kasus vertigo kambuh. Perhatikan dan lakukan ketika vertigo kambuh.

  1. Jangan menggerakan kepala atau tubuh secara tiba-tiba
  2. Ketika vertigo kambuh, maka hentikan aktivitas atau pekerjaan Anda. Lalu, duduk atau berbaring. Atau mencari pegangan biar tidak terjatuh.
  3. Ketika tiduran untuk menghilangkan pusing Anda, maka gunakan beberapa bantal biar posisi kepala bisa lebih tinggi
  4. Minum banyak air putih.

Penutup

Demikian artikel mengenai cara mengobati vertigo dengan bahan jahe. Caranya mudah, murah tetapi khasiatnya tinggi. Jaga kesehatan biar vertigo tidak terus menjadi-jadi. Jika vertigo tidak disembuhkan Anda bisa berisiko tinggi, seperti terkena stroke.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.