Site icon WARASWIRIS.COM

Cara Mengobati Vertigo dengan Ketumbar

FacebookTwitterShare

BANYAK cara bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyakit vertigo. Misalnya  cara mengatasi vertigo dengan jahe. Tetapi, Anda juga bisa menggunakan ketumbar. Bagaimana cara mengobati vertigo dengan ketumbar?

Ya, banyak bumbu dapur yang juga berkhasiat untuk mengatasi atau mengobati berbagai penyakit. Yang sangat terkenal adalah bawang putih.

Misalnya, bawang putih untuk menurunkan kolesterol, menormalkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan otak dan manfaat bawang putih untuk vertigo.

Bagaimana cara mengobati vertigo dengan ketumbar? Apa kandungan ketumbar dan bagaimana cara menyembuhkan penyakit dengan ketumbar?

Yang Merepotkan, Vertigo Bisa Kambuh Kapan Saja dan Dimana Saja

cara mengobati vertigo dengan bubuk ketumbar

cara mengobati vertigo dengan bubuk ketumbar (foto:tokopedia.com)

Vertigo adalah penyakit kepala yang disertai dengan sensasi berputar. Maksudnya, ketika vertigo kambuh, keadaan sekeliling seperti berputar.

Dalam kondisi demikian, penderita vertigo hilang keseimbangan karena merasa dirinya juga ikut berputar.

Apalagi, kondisi sakit kepalanya tergolong berat. Penderita vertigo bisa terjatuh jika tidak berpegangan sesuatu atau tidak duduk.

Yang merepotkan, vertigo bisa sering kambuh. Bisa kambuh kapan saja dan di mana saja Anda berada. Bisa juga saat Anda mengendarai motor atau mengemudikan mobil.

Supaya bebas dari vertigo, Anda sebaiknya selalu menghindari penyebab terjadinya penyakit vertigo. Banyak cara menuju roma. Artinya, banyak cara bisa Anda lakukan.

Antara lain cara mengobati vertigo dengan ketumbar.

Kandungan Ketumbar dan Manfaatnya untuk Banyak Penyakit

Ketumbar selama ini dikenal sebagai bumbu masak atau bumbu dapur. Ketumbar yang sudah dikeringkan berbentuk bulat kecil-kecil.

Saat untuk bumbu masak, ketumbar lebih dulu harus  Anda gerus atau tumbuk sehingga halus. Tetapi, sekarang Anda bisa membeli bubuk ketumbar.

Maksudnya, ketumbar sudah dihaluskan sehingga ibu rumah tangga tidak perlu menumbuk sendiri.

Ketumbar mengandung kalsium, zat besi, vitamin C dan K. Selain itu, ketumbar juga mengandung kalori, lemak, protein, serat dan karbohidrat.

Oleh karena itu, selain untuk bumbu dapur, ketumbar juga bisa mengatasi berbagai penyakit. Misalnya untukmengobati:

Ketumbar juga mampu mencegah keracunan makanan, mencegah kanker, tidak mudah kena penyakit mata, mengatasi nyeri otot, sakit gigi, campak, ambien, dsb.

Ketumbar juga bisa digunakan untuk mengobati vertigo. Sebab, bumbu dapur ini bisa berfungsi sebagai antiradang yang dapat melawan infeksi virus atau bakteri penyebab vertigo.

Dengan kandungan zat besi, ketumbar bisa melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga Anda akan terhindar dari penyakit vertigo.

Nah, banyak penyakit di mana cara mengobatinya dengan bubuk ketumbar.

Harga Bubuk Ketumbar dan Cara Mengobati Vertigo dengan Ketumbar

wedang ketumbar

minuman ketumbar, cara mengobati vertigo dengan ketumbar (foto:cookpad.com)

Bagaimana cara mengobati vertigo dengan ketumbar?

Anda bisa membeli bubuk ketumbar jadi. Tetapi, jika Anda ingin melembutkan sendiri ketumbar, ya silakan. Sebab, melembutkan ketumbar tidak sulit.

Biji ketumbar kecil-kecil bisa Anda lembutkan dengan menggunakan cobek, misalnya. Atau tempat lain untuk menumbuk dan menghaluskan ketumbar.

Jika Anda ingin membeli bubuk ketumbar jadi, banyak merek dijual. Ada yang terbungkus plastik, ada juga yang botolan atau pakai toples plastik.

Ada juga dalam bungkusan kecil-kecil seharga Rp 500/sachet.

Harga bubuk ketumbar bermacam-macam sesuai dengan ukuran dan merek produk. Yang terkenal merek coriander powder. Harga dari Rp 14.000 – Rp 47.000/botol. Ada yang 1 kg bubuk ketumbar harga Rp 34.000.

Anda juga bisa mendapatkan bubuk ketumbar di swalayan terdekat atau toko-toko online.

Buat minuman dari bubuk ketumbar dan minum sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jangan minum berlebihan.

Wanita hamil, wanita menyusui, dan anak-anak sebaiknya tidak minum obat herbal ini. Ya, ini untuk menjaga kemungkinan ramuan ketumbar tidak aman untuk mereka.

Ya, perlu hati-hati karena belum adanya hasil penelitian yang telah memenuhi syarat untuk keamanan obat.

Selain minum ramuan khusus untuk menyembuhkan vertigo, Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang bisa menyebabkan vertigo kambuh.

Cara ini justru sangat penting Anda lakukan karena makanan itu bisa menjadi penyebab terjadinya vertigo.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai cara mengobati vertigo dengan ketumbar. Anda bisa membuat sendiri ramuan ketumbar dengan membeli bubuk ketumbar atau membuat bubuk sendiri.

Tetapi, minum ramuan ketumbar jangan berlebihan untuk mencegah terjadinya efek samping. Rasa ketumbar tidak terlalu pedas seperti lada hitam.

Rasa ketumbar agak pahit hambar. Mirip rasa biji jeruk limau.

Saat vertigo kambuh, Anda juga bisa segera minum ramuan bubuk ketumbar. Harapannya, sensasi berputar bisa segera sembuh.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kesembuhan Anda dari penyakit vertigo.

FacebookTwitterShare
Exit mobile version