7 Cara Mengobati Vertigo Secara Alami – Mudah Murah

BANYAK cara mengobati vertigo. Secara medis atau alami. Yang penting Anda harus tahu cara mengobati penyakit vertigo dengan benar. Kali ini akan kita ketahui bagaimana cara mengobati vertigo secara alami.

Mengobati vertigo secara alami memang murah dan mudah. Bisa jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Sebab, bahannya telah tersedia di rumah.

Anda tinggal mengolah dan meramu sehingga menjadi obat yang bisa mengatasi sakit vertigo.

Hanya saja, waktu penyembuhan dengan menggunakan herbal vertigo agak lama. Tetapi, bebas dari efek samping. Sebab, mengatasi vertigo secara alami tidak menggunakan bahan kimia.

Dua Jenis Vertigo – Perifer dan Sentral

cara mengobati vertigo secara alami
7 Cara Mengobati Vertigo Secara Alami - Mudah Murah 2

rajin minum air putih, cara mengobati vertigo secara alami

Ada dua jenis vertigo. Yaitu vertigo perifer dan vertigo sentral.

Yang banyak terjadi di masyarakat adalah vertigo perifer. Penyebab vertigo perifer adalah gangguan di telinga. Vertigo ini lebih mudah diatasi daripada vertigo sentral.

Sementara, vertigo sentral adalah vertigo yang disebabkan oleh gangguan di otak. Khususnya di batang otak dan otak kecil.

Vertigo sendiri suatu kondisi di mana lingkungan tampak seperti berputar ketika Anda menderita sakit kepala dan terasa ingin terjatuh. Baik saat terjadi vertigo Anda sedang berdiri, duduk atau tiduran.

Untuk memastikan jenis vertigo mana yang Anda derita, tentu harus melalui pemeriksaan dokter. Tetapi sebagian besar vertigo visa sembuh sendiri. Tergantung penyakitnya: ringan atau berat.

Selain itu juga tergantung pada penyebabnya. Banyak penyebab sakit vertigo. Maka, hati-hati. Jika kena vertigo segera atasi sedini mungkin sehingga penyembuhannya lebih mudah.

7 Cara Mengobati Vertigo Secara Alami 

Jika Anda memilih cara mengobati vertigo secara alami, berikut ini 7 cara yang bisa Anda pilih. Jika Anda jalankan dengan baik, Anda bisa menyembuhkan sakit vertigo secara alami dan cepat.

1. Minum Air Putih 8 Gelas Per Hari

Minum air putih adalah terapi untuk banyak penyakit. Air putih akan menetralkan racun dalam tubuh. Maka, minum air putih sangat penting bagi siapa pun yang ingin hidup sehat.

Setiap hari sebaiknya Anda minum air putih minimal 8 gelas. Kebutuhan tubuh akan cairan bisa terpenuhi.

Sebaliknya, jika minum air putih kurang dari 8 gelas (2 liter), Anda bisa kekurangan cairan (dehidrasi). Kondisi itu bisa memicu terjadnyai vertigo.

Oleh karena itu, siapkan selalu air putih di samping Anda, di mana pun dan kapan pun Anda berada.

Anda pun bisa lebih sering minum air putih sehingga tidak akan kena vertigo. Atau vertigo tidak akan sering kambuh. Ini adalah cara mengobati vertigo secara alami yang pertama.

2. Tiap Hari Selalu Sarapan Pagi

Banyak orang mengabaikan sarapan pagi dengan berbagai alasan. Misalnya tidak ada waktu, tidak terbiasa sarapan pagi, tidak tersedia sarapan pagi, dsb.

Sejak sekarang, usahakan selalu sarapan pagi. Apa pun sarapannya. Sebab, sarapan pagi termasuk salah satu cara mengobati vertigo secara alami.

Menurut dr Allert Benedicto Ieuan Noya, sarapan pagi memberikan nutrisi dan asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan sarapan, Anda bisa bekerja dengan penuh semangat.

Sebaliknya, jika Anda tidak sarapan pagi, badan akan terasa mudah lelah, loyo, dsb. Akhirnya bisa kena vertigo.

Selain itu, sarapan juga bisa memperkuat ketahanan tubuh karena cukup gizi dan meambah energi. Bisa lebih fokus dan punya mood yang tinggi. Bagi Anda yang kegemukan, sarapan bisa menurunkan berat badan. 

3. Mencegah Vertigo dengan Menghindari Minuman Kopi

Mengonsumsi minuman kopi juga bisa membuat vertigo kambuh. Maka, menghindari minuman kopi bisa merupakan cara mengobati vertigo secara alami.

Apalagi kandungan kafein tinggi seperti minuman kopi kental. Itu akan sulit tidur dan kondisi ini bisa menyebabkan sakit vertigo mudah kambuh.

Minuman lain dengan kafein tinggi adalah minuman teh, minuman bersoda, minuman berenergi, dark chocolate, es krim, dan protein bar. Semua harus Anda jauhi supaya vertigo tidak kambuh.

4. Menyembuhkan Vertigo dengan Makanan Berprotein Tinggi

Makanan apa saja yang mengandung protein tinggi dan perlu Anda konsumsi biar vertigo tidak kambuh atau cepat sembuh?

Banyak, antara lain:

  • Telur
  • Gandum
  • Keju cottage
  • Daging
  • Yoghurt
  • Susu
  • Ayam
  • Ikan tuna
  • Udang, dan
  • Kacang-kacangan.

Mengonsumsi makanan dengan protein tinggi akan membuat Anda selalu sehat.

Makanan tinggi protein dan asam amino bisa memperbaiki fungsi sel-sel saraf dan jaringan tubuh. Jadi, makanan berprotein tinggi sangat baik untuk penderita vertigo.

Baca: Hat-hati, Ada 11 Makanan Yang Bisa Menyebabkan Vertigo Kambuh

5. Membersihkan Kotoran Telinga

Anda sebaiknya selalu membersihkan kotoran telinga (earwax) sehingga telinga selalu sehat. Vertigo atau sakit kepala berat bisa diakibatkan oleh gangguan pada telinga bagian dalam.

Misalnya Anda membersihkan telinga bagian dalam 2 kali dalam satu minggu. Biar kotoran telinga tidak menumpuk.

Membersihkan telinga harus hati-hati. Jadi jangan asal. Gunakan obat tetes telinga, pastikan obat tetes masuk ke telinga dalam, dan kotoran nantinya keluar sendiri.

Tetapi jangan pakai cutton bud. Banyak kejadian, ujung cutton bud tertinggal di telinga. Yang aman adalah menggunakan peralatan khusus, yakni Vital Ear Oil. 

Anda lebih baik datang ke dokter THT (telinga, hidung dan tenggorokan). Membersihkan telinga termasuk cara mengobati vertigo secara alami.

6. Segera Cari Pegangan dan Istirahat Sejenak

Jika vertigo terjadi, Anda segera cari pegangan dan duduk istirahat. Ya, biar Anda tidak terjatuh dan luka. Sebab saat vertigo terjadi, Anda merasa sekeliling seperti berputar. Badan pun tidak stabil.

Dalam kondisi seperti itu, Anda mudah terjatuh dan menderita luka. Istirahat sangat penting untuk menenangkan diri dan membuat tubuh stabil. Jika bisa, segera minum air putih.

7. Minum Obat Vertigo

Jika vertigo sudah beberapa kali terjadi, Anda sebaiknya selalu sedia obat vertigo. Banyak obat vertigo yang bisa Anda beli tanpa resep dokter.

Antara lain:

1. Diphenhydramine. Obat ini bisa mengatasi mual dan muntah yang dialami penderita vertigo. Anda baca petunjuk pemakaian sehingga bisa menyembuhkan sakit Anda. Lama pemakaian selama 7 hari.

2. Dimenhydrinate. Minumlah obat ini sesuai dengan petunjuk biar Anda terbebas dari efek samping. Baik obat nomor 1 ataupun nomor 2, semua punya efek samping.

Yakni mulut kering, mata kering, mengantuk, sembelit, jantung berdebar, dan susah buang air kecil.

Penutup

Demikian artikel mengenai 7 Cara Mengatasi Vertigo Secara Alami dan Cepat. Cara ini sangat mudah dan murah untuk menyembuhkan sakit vertigo. Tetapi jika tidak ingin repot, ya Anda bisa mengatasi dengan obat vertigo..(update, 30 Oktober 2022).

Tinggalkan komentar