5 Cara Mengobati Wasir Berdarah Secara Alami

Berita, Herbal ratnasilvi 0 Comments

CARA mengobati wasir secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri. Punya penyakit wasir (ambeien atau hemoroid) memang merepotkan. Anda tidak bisa tenang ketika melakukan aktivitas harian seperti ketika bekerja.

Duduk tidak bisa terlalu lama. Demikian pula ketika melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Juga tidak bisa lama dan tidak bisa nyaman.

Apalagi sakitnya sudah parah seperti terjadi pendarahan di anus. Penderita tidak bisa melakukan aktivitas berat, tidak bisa angkat-angkat barang dan tidak boleh mengonsumsi makanan pedas. Semua harus dihindari jika sakit ambeiennya tidak ingin mudah kambuh.

Oleh karena itu, jika Anda merasa sakit wasir atau ambeien, hendaknya segera diatasi atau disembuhkan biar tidak sampai parah. Karena risikonya lebih berat.

Baca – 8 Terapi Jus Buah untuk Mengatasi Sakit Wasir

Empat Tingkatan Penyakit Wasir 

Wasir adalah pembesaran pada pembuluh darah di usus besar bagian akhir (rektum) dan dubur atau anus. Wasir bisa dialami oleh siapa saja tanpa pandang umur.

cara mengobati wasir secara alami

Meskipun yang terbanyak penderitanya adalah mereka yang berusia 50 tahun ke atas.

Ada empat tingkatan penyakit wasir dari segi keparahan sakitnya, yakni:

1. Terdapat bengkak kecil yang muncul di dalam dinding anus tetapi tidak terlihat di luar anus.

2. Pembengkakannya lebih besar dibandingkan dengan wasir tingkatan pertama. Benjolan (pembengkakan) keluar dari anus ketika Anda buang air besar (BAB). Tetapi, benjolan masuk kembali secara otomatis setelah BAB selesai.

3. Muncul satu atau beberapa benjolan kecil yang menggantung di anus saat Anda BAB. Tetapi benjolan bisa masuk kembali ketika Anda dorong masuk.

4. Benjolannya besar, menggantung dari anus dan tidak bisa didorong untuk kembali masuk.

Tentu saja, jika Anda merasa mengalami kesulitan BAB, hendaknya diatasi segera. Kesulitan BAB jika dibiarkan bisa menyebabkan terjadi wasir atau ambeien. Penyembuhannya tentu lebih berat

5 Cara Mengobati Wasir Secara Alami

Berikut 5 cara mengatasi penyakit wasir secara alami yang bisa Anda lakukan dengan mudah, yakni:

1. Banyak Minum Air Putih

Kesulitan BAB akan mudah dialami oleh orang lanjut usia, yakni usia 60 ke atas. Maka, cara mengatasi penyakit wasir bagi Anda yang telah berusia 60 ke atas, sering-seringlah minum air putih.

Baca – Bolehkah Penderita Wasir Mengonsumi Mi Instan?

Sehari paling tidak minum 7 – 8 gelas. Nanti fases (tinja) yang keras akan lunak dan BAB bisa lancar. Anda bisa mencobanya.

Tetapi, penderita BAB juga bisa anak-anak, remaja dan Anda yang masih muda.

2. Jangan Mengejan Saat BAB

Kalau suatu saat Anda mengalami kesulitan BAB atau mengalami sembelit, Anda jangan memaksakan diri dengan mengejan. Biarkan segalanya berjalan alami.

Mengejan justru bisa membuat Anda menderita sakit wasir atau ambeien. Jika sudah ambeien, bisa-bisa Anda harus masuk rumah sakit untuk operasi atau menjalani tindakan lain biar wasir Anda sembuh.

3. Kompres dengan Cuka Apel

Anda juga bisa menggunakan cuka apel sebagai cara mengobati wasir secara alami. Anda bisa mengobati wasir sendiri dengan cuka apel.

Caranya pun sangat mudah. Silakan mengambil 2-3 sendok makan cuka apel, ambil kapas secukupnya, rendam kapas dan kompres bagian wasir kurang lebih selama 30 menit.

Ulangi cara perawatan seperti itu sampai wasir sembuh. Anda bisa mencelupkan lagi kapas ke cuka apel pada area yang bengkak atau berdarah.

Cuka apel bisa membasmi bakteri dan mengobati inflamasi. Jika terasa sangat pedih (perih), Anda bisa menambahkan sedikit air hangat ke cuka apel.

Baca – 9 Cara Mengatasi Ambeien dengan Bahan Alami

4. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Ketika menderita wasir, Anda sebaiknya banyak mengonsumsi makanan tinggi serat. Mengapa? Makanan tinggi serat lebih mudah dicerna di dalam pencernaan sehingga feses (tinja) akan lebih lunak dan BAB pun jadi lancar.

Untuk Anda yang berusia 18 – 50 tahun memerlukan konsumsi serat 37-28 gram per hari. Ada 2 jenis serat, yakni serat larut dan serat tidak larut. Selain konsumsi serat, Anda juga harus mengimbanginya dengan banyak minum air putih seperti telah diulas di atas.

Beberapa makanan yang tinggi serat antara lain kacang almond, kacang polong, kacang hijau, kacang hitam, oat, jagung, dan barley.

Makanan olahan dari biji-bijian juga tinggi serat. Antara lain roti dan biskuit yang dibuat dari tepung gandum.

Buah yang tinggi serat antara lain pir, apel, pisang, dan raspberry. Satu buah pir mengandung 6 gram serat. Ketika Anda mengonsumsi pir, sebaiknya konsumsi dengan kulitnya.

Kandungan serat yang tinggi berada di kulitnya.

Pisang juga bagus Anda pilih untuk mengatasi wasir / ambeien. Kandungan pektin di dalamnya mampu melancarkan BAB.

5. Komsumsi Sayuran Hijau Gelap

Beberapa sayuran dengan tinggi serat juga bagus Anda konsumsi untuk menyembuhkan wasir. Sayuran berwarna mengandung senyawa flavonoid.

Sayuran yang baik untuk mengatasi penyakit wasir antara lain brokoli, bok choy, kubis, bayam, dan kangkung. Semua sayuran itu mengandung serat dan flavonoid yang tinggi.

Senyawa ini juga mampu mengendalikan pendarahan pada benjolan wasir. Sayuran yang mengandung banyak air juga bisa mengatasi wasir. Misalnya timun, seledri, dan paprika.

Penyebab Wasir Berdarah dan Cara Mencegahnya

Mengapa terjadi wasir berdarah dan bagaimana cara mencegahnya?

Wasir berdarah atau ambeien terjadi karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah di anus dan rektum.

Penyebab terjadinya wasir berdarah karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah di anus dan rektum. Banyak penyebab mengapa terjadi wasir, antara lain:

1. Mengejan Terlalu Keras Saat BAB

Sesungguhnya mengejan saat buang air besar tidak perlu dilakukan ketika BAB. Biarkan semua berjalan dengan wajar dan alami.

Jika harus mengejan, lakukan dengan bentuk mengejan yang ringan. Selain itu, jangan mengejan terus-menerus.

Jika BAB masih sulit, perbanyak minum air putih. Atau konsumsi obat untuk wasir atau ambeien, termasuk obat tradisional.

2. Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan wasir karena tubuh kurang gerak. Seharian selalu duduk di depan komputer.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa duduk terlalu lama akan membuat tubuh kurang gerak. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan berat badan kurang.

Efek lanjutannya bisa membuat Anda sering kesulitan ketiba BAB. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tiap 2 jam bangkit dari tempat duduk dan jalan di sekitar meja kerja selama beberapa menit.

4. Mengonsumsi asupan makanan tinggi serat seperti telah disebutkan di atas.

Cara Menyembuhkan Wasir Berdarah

Bagaimana cara mengobati wasir berdarah?

Jika kondisi penyakit wasir sudah parah seperti itu, apalagi disertai pendarahan yang banyak dan dengan benjolan yang terasa semakin membesar, maka perlu dilakukan pengobatan dan operasi untuk mengatasinya.

Selain dengan dilakukan operasi, ada juga cara mengatasi wasir parah yang berdarah. Yakni koagulasi dengan menggunakan sinar laser dan inframerah.

Skleroterapi, yakni pengobatan dengan suntik larutan obat ke dalam jaringan ambeien biar bentuk benjolan di anus jadi kecil.

Metode rubber band ligation dengan tujuan membuat jaringan wasir mati dan akhirnya terlepas dengan sendirinya.

Mengatasi Sendiri Wasir Berdarah

Anda juga bisa mengatasi wasir berdarah di rumah secara mandiri, yakni:

1. Kompres dengan es. Siapkan beberapa potong es, bungkus dengan kain atau handuk kecil, lalu Anda duduk di atas bungkusan es sekitar 20 menit.

2. Gunakan krim wasir. Anda juga bisa mengatasi wasir berdarah dengan mengoleskan krim ke lokasi wasir.

3. Berendam sitz. Berendam di dalam air hangat. Bisa mengurangi iritasi akibat wasir yang parah.

4. Mengonsumsi buah dan sayur tinggi serat. Fases menjadi lebih lunak dan BAB lancar.

5. Minum air putih minimal 8 – 12 gelas per hari.

Demikian artikel mengenai cara mengobati wasir secara alami. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.