WARASWIRIS.COM

Cara Mengobati Wasir Parah

PUNYA penyakit wasir jelas sangat tersiksa. Apalagi sampai wasir berdarah, wasir parah. Anda pasti tidak nyaman. Tetapi, bagaimana cara mengobati wasir secara tepat sehingga bisa sembuh total?

Wasir (hemoroid) adalah kondisi ketika pembuluh darah vena di sekitar anus melebar (bengkak). Ini bisa terjadi akibat tekanan lokal pada pembuluh darah yang sering Anda alami.

Pembengkakan pembuluh darah umumnya terjadi di dalam rektum atau anus. Jika kondisi ini menimpa Anda, maka Anda tidak perlu risau. Sebab, wasir termasuk penyakit ringan.

Tetapi jika wasir atau ambeien tak segara diatasi, yakit pasir bisa menjadi parah. Apalagi sering mengejan saat BAB.

Baca: Menyembuhkan Penyakit Wasir dengan Rajin Minum Yakult 

Dalam jangka waktu tertentu, wasir bisa berkembang menjadi wasir parah dan berdarah. Meskipun demikian, wasir tetap bisa diobati dan diatasi. Walaupun adakalanya harus dengan melalui operasi.

Sebaiknya Anda periksa dokter jika BAB warna hitam atau berdarah. Wasir tidak segera sembuh meskipun Anda sudah mengobatinya. Atau Anda sering merasa pusing akibat wasir yang tidak kunjung sembuh.

Tanda-tanda Wasir Yang Parah

Apa penyebab terjadinya wasir parah dan berdarah?

Tanda-tanda wasir yang parah antara lain:

1. Ada pendarahan warna merah terang saat BAB (buang air besar) dan sesudahnya.

2. Ada juga lendir sesudah BAB.

3. Ada benjolan tergantung di anus. Anda bisa merabannya saat BAB.

4. Terasa gatal dan sedikit nyeri di sekitar anus.

5. Ada rasa nyeri, bengkak dan kemerahan di sekitar anus.

6. Terasa sakit ketika lama duduk.

Pembengkakan selain di luar anus yang bisa Anda raba, ada juga pembengkakan di dalam anus. Tentu saja ini tidak terlihat dan tidak bisa Anda raba.

Jadi, ada dua pembekakan pada penderita wasir atau disebut hemoroid. Pembengkakan atau benjolan di luar anus disebut wasir luar. Ini lebih nyeri. Satunya wasir di dalam anus.

Anda harap berhati-hati jika di anus terjadi rasa gatal atau sedikit nyeri. Apalagi sampai pendarahan. Ini tanda adanya penyakit wasir yang parah.

Penyebab Wasir Berdarah

Sering mengejan saat BAB bisa menjadi salah satu penyebab utama penyakit wasir parah.

Untuk mencegah terjadinya wasir parah, hendaknya Anda tidak mengejan ketika BAB. Sebab, sering mengejan terlalu lama saat BAB bisa menjadi penyebab utama terjadinya wasir parah dan berdarah.

Maka, cara mengatasinya adalah lakukan pengobatan dengan menggunakan obat apotek atau obat tradisional dan herbal.

Selain mengejan ketika BAB, ada beberapa penyebab wasir lain yang juga perlu Anda hindari.

Sebab, jika Anda tidak menyembuhkan dan mengatasinya, maka Anda bisa kena wasir ang tidak kunjung sembuh. Bahkan, wasir parah.

Berikut adalah 6 penyebab wasir:

1. Anda sering mengangkat beban berat. Jika Anda pekerja angkut barang berat, sebaiknya menggunakan alat dorong. Bisa menggunakan alat manual yang harus Anda dorong, syukur alat angkat bermesin.

2. Berusia 50 tahun lebih. Penopang jaringan tubuh makin lemah dan rawan menderita wasir.

3. Menderita batuk terus-menerus juga bisa menyebabkan Anda menderita wasir.

4. Berat badan berlebih atau berbadan gemuk.

5. Ada orang tua yang menderita wasir (faktor keturunan).

6. Sering duduk dalam waktu yang lama. Maka, saran terbaik adalah Anda perlu berdiri dari tempat duduk dan jalan sebentar tiap 2 – 3 jam sekali.

Cara Mengobati Wasir

Bagaimana cara mengobati wasir?

Anda bisa menggunakan obat-obatan yang mampu memperlancar BAB. Anda bisa mendapatkan obat wasir di toko online atapun offline. Termasuk obat untuk mengatasi wasir yang parah.

Obat wasir, misalnya, Ambeven yang dibuat dari daun ungu, obat wasir Ardium yang juga bisa menyembuhkan wasir kronis.

Obat wasir Anoral Anliq bisa meredakan rasa nyeri di anus dan memperlancar BAB, atau salep Faktu Oint yang bisa mengatasi rasa nyeri sekaligus menghentikan munculnya darah.

Anda bisa memilih obat wasir mana yang cocok, termasuk harganya. Ada yang murah, agak mahal dan mahal.

Jika Anda ingin mengobati wasir parah dengan biaya murah, ya Anda bisa memilih obat wasir alami dari tumbuhan atau lainnya.

Antara lain bisa Anda lakukan dengan berendam di air hangat. Lakukan cara ini beberapa kali sehari, terutama setelah Anda BAB.

Cara ini akan melancarkan peredaran darah dan mengecilkan pembengkakan.Bisa pula Anda tambahkan garam ke dalam air hangat.

Anda juga bisa mengatasi benjolan wasir dengan menggunakan gel lidah buaya. Oleskan gel lidah buaya ke lokasi benjolan beberapa kali. Lidah buaya mengandung zat antiperadangan dan bisa mengecilkan benjolan ambelien atau wasir.

Tetapi jika kondisi wasir sudah berat, cara mengobatinya bisa dilakukan dengan:

1. Operasi. Tetapi biayanya agak mahal. Bisa sampai Rp 10 juta lebih. Tujuan operasi untuk menyusutkan benjolan wasir yang besar yang membuat wasir jadi parah.

2. Pengikatan wasir. Cara pengobatan wasir yang ini dengan mengikat bagian bawah hemoroid dengan secara kuat. Tujuannya agar darah yang suka menetes bisa berhenti dan wasir sembuh.

Cara Mencegah Wasir

Cara terbaik untuk menghindari terjadinya penyakit wasir atau menghindari wasir makin parah adalah melakukan pencegahan. Ya, mencegah wasir makin berat.

Anda yang masih sehat juga perlu melakukan pencegahan biar nantinya tidak terkena penyakit wasir. Sebab, jumlah penderita wasir kini cukup besar.

Cara mudah mencegah wasir antara lain:

1. Memperbanyak minum air putih. Ya, minum air putih banyak khasiatnya untuk kesehatan. Maka, jangan malas minum air putih. Per hari setidaknya minum 2 liter air putih. Tinja Anda akan selalu lunak sehingga BAB lancar.

2. Kurangi konsumsi minuman berkafein tinggi seperti minuman kopi, teh, dan minuman yang mengandung alkohol.

3. Perbanyak makan makanan berserat tinggi. Misalnya kacang tanah, kacang lentil, brokoli, buncis, seledri, pisang, legum, popcorn, buah-buahan, dsb. Bermanfaat untuk melembutkan dan melunakkan tinja.

4. Lakukan BAB rutin tiap hari. Jika terasa ingin BAB jangan mendundanya. Sebab, menunda keinginan BAB bahkan akhirnya keinginan itu mereda / menghilang. Akibatnya, tinja mengeras dan BAB sulit.

5. Melakukan olahraga secara teratur tiap hari. Lakukan olahraga tiap hari, walaupun olahraga ringan. Misalnya jalan kaki, aerobik, senam kegel, dsb.

6. Hindari minum obat yang bisa menyebabkan Anda menderita wasir atau ambeien.

7. Duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan wasir. Bagi pekerja atau siapa saja yang tidap hari banyak duduk, perlu sering bangkit. Misalnya 2 – 3 jamsekali bangkit dari tempat duduk dan jalan sebentar di sekitar tempat duduk.

Baca: Makanan Yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Penderita Wasir

8. Saat mengalami kesulitan saat BAB, jangan selalu mengejan. Atasi dengan memperbanyak minum air putih atau yang lain seperti disebutkan di atas.

9. Bagi ibu hamil, menurut dr Tjin Willy, sebaiknya kalau tiur dalam posisi miring. Bisa menurunkan tekanan pada pembuluh darah di panggul dan mencegah wasir membesar.

Penutup

Banyak cara mengobati wasir yang bisa Anda lakukan jika Anda menderita sakit ini. Wasir bukan penyakit berat. Tetapi, sangat menyiksa. Anda tidak akan merasa nyaman dengan wasir.

Cara terbaik, ya mengobati sakit wasir sampai sembuh. Lebih baik lagi jika Anda selalu berusaha mencegah wasir dengan membiasakan diri agar terhindari dari wasir.

Exit mobile version