6 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Biar Tetap Sehat

Sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh biar selalu sehat. Jika daya tahan tubuh Anda lemah, maka Anda mudah kena virus, bakteri atau penyakit. Pertanyaannya, bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh agar selalu sehat?

Ya, menjaga daya tahan tubuh sangat penting. Baik anak-anak, remaja, dewasa, apalagi orang tua.

Mereka semua harus selalu berusaha menjaga atau meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh biar selalu sehat.

Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh sesungguhnya tidak sulit. Hanya saja, banyak orang yang mengabaikan atau tidak memperhatikannya.

Yang mereka lakukan tiap hari hanya makan dan minum, lalu bekerja / beraktivitas.

Makan minum juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetapi supaya tubuh tetap sehat, makan minum tidak cukup. Masih ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan tiap hari.

Apa itu? Baca lanjutannya.

Baca: Blackmores Multivitamin Bikin Daya Tahan Tubuh Kuat

6 Cara Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Berikut beberapa tips tentang cara meningkatkan imunitas tubuh biar Anda selalu sehat. Virus apa pun, termasuk corona / covid-19, tidak akan menghinggapi tubuh Anda.

Anda akan selalu sehat. Dan sehat itu sangat nyaman. Sebaliknya, sakit itu membuat Anda menderita.

1. Selalu Mengonsumsi Makanan Sehat

Jangan makan hanya untuk kenyang. Tetapi, makan juga untuk sehat. Apa bedanya? Ya, beda.

Supaya tubuh selalu sehat, Anda perlu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Makanan yang mengandung protein, vitamin, mineral dan antioksidan.

Oleh karena itu, Anda perlu sering makan buah, sayuran, telur, susu, ikan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Seafood, keju, dan yoghurt, juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

2. Rajin Olahraga

Olahraga juga sangat penting untuk menjaga daya tahan atau imunitas tubuh. Tetapi masih banyak orang mengabaikan.

Anda sebaiknya meluangkan waktu sedikit sekitar 30 menit untuk berolahraga. Pilih olahraga yang mudah dan bisa Anda lakukan tiap hari. Atau setidaknya 3 hari dalam satu minggu.

Jalan kaki di kompleks perumahan di mana Anda tinggal juga bisa Anda pilih. Atau senam di depan rumah. Lompat tinggi, push up, dsb.

Atau bersepeda, renang, dan lainnya. Berolahraga bisa pagi, siang, sore atau malam. Yang penting selalu berolahraga biar daya tahan tubuh selalu kuat sehingga tidak mudah sakit.

3. Berjemur pada Pagi Hari

Menjaga daya tahan tubuh juga bisa Anda lakukan dengan berjemur sinar matahari. Cara sehat yang sangat mudah. Anda cukup berjemur sinar matahari selama 10 – 15 menit.

Tidak perlu waktu lama. Tetapi manfaatnya sangat besar untuk kesehatan tubuh Anda. Sayang kalau kita tidak pernah berjemur sinar matahari pagi.

Dengan berjemur sinar mahari, Anda akan mendapatkan asupan vitamin D yang mampu meningkatkan daya imunitas tubuh.

Sama dengan olahraga, lakukan setidaknya 3 hari dalam seminggu. Cukup dengan duduk atau berdiri di bawah sinar matahari pagi.

Baca: 5 Vitamin Untuk Memperkuat Daya Tahan Tubuh Anak

4. Istirahat Yang Cukup

Cara meningkatkan sistem imun yang ini juga sangat mudah. Yang penting, tinggalkan semua aktivitas, termasuk menonton acara TV, acara sepakbola, dsb. dan pergi tidur.

Tidur cukup sangat penting supaya badan selalu sehat dengan daya tahan tubuh yang tinggi. Jangan tidur menunggu sampai mengantuk. Kalau belum mengantuk lantas tidak tidur.

Anda perlu tidur karena tidur adalah istirahat. Tujuannya biar tubuh selalu sehat. Kurang tidur akan mengganggu kesehatan Anda. Cepat atau lambat.

5. Mengonsumsi Suplemen

Mengonsumsi suplemen daya tahan tubuh juga bagus. Cara jaga daya tahan tubuh yang praktis.

Sebab, di dalam suplemen telah terkandung berbagai vitamin yang Anda butuhkan, terutama suplemen yang mengandung vitamin C, vitamin D, dan Echinacea.

Misalnya suplemen Covid 19 Prevention Plus. Suplemen imun cegah covid 19 ini mengandung

Vitamin C, D, Echinacea, dan zinc. Bisa Anda konsumsi tiap pagi satu sachet. Harga suplemen ini adalah Rp 168.750.

Jika mencari suplemen daya tahan tubuh yang agak murah, Anda bisa memilih Protecal Deffense EFF 10’s. Suplemen ini juga mengandung Vitamin C, echinacea , dan zink. Harga suplemen ini Rp 35.000.

6. Hindari Stres

Hampir semua orang pernah menderita stres. Entah stres ringan, sedang ataupun berat. Tetapi, sebaiknya Anda selalu berusaha mengatasi stres biar tubuh tetap sehat.

Latihlah diri Anda untuk bisa menghadapi stres. Menghadapi masalah apa pun tidak akan stres. Caranya, ya Anda selalu berlatih mengatasi stres.

Mengatasi stres bisa dengan olahraga, meditasi, dzikir, membaca buku, membaca kitab suci agama, dsb. Selalu berpikir positif.

Jika punya masalah, atasi masalah secara bertahap. Tidak lupa untuk selalu berdoa memohon kepada Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Pertanyaan:

Mengapa kita harus menjaga daya tahan tubuh agar selalu baik?

Menjaga daya tahan tubuh sangat penting biar tubuh tidak mudah kena penyakit. Dengan daya tahan tubuh yang tinggi, Anda akan selalu sehat.

Minuman Apa yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh?

Minuman yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh antara lain coconut oil, jus bit, air kunyit, teh hijau, air kelapa, jus semangka, dan susu.

Penutup

Nah, itulah enam cara meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh supaya Anda selalu sehat. Tidak mudah kena penyakit. Jika toh kena penyakit, cepat sembuh.