6 Cara Menyembuhkan Ambeien dan Wasir

Berita 0 Comments

PENYAKIT ambeien atau wasir sangat menyiksa. Lebih-lebih bagi mereka yang ambeiennya sudah stadium tinggi atau kronis. Tentu saja, yang harus segera diusahakan adalah cara menyembuhkan ambeien atau wasir dengan cepat.

Ya, ada cara menyembuhkan wasir yang sangat cepat. Hanya perlu menginap satu hari di rumah sakit, ambeien langsung lenyap. Beberapa pasien yang pernah menjalani cara ini mengemukakan mereka seolah-olah mimpi bahwa penyakit ambeien yang sebelumnya menyiksa tiba-tiba lenyap.

Mungkin sudah ribuan orang tertolong dengan cara menyembuhkan ambeien seperti ini. Hanya saja, biayanya sangat mahal. Sedikitnya Anda harus mengeluarkan biaya Rp 25 juta. Bahkan ada yang sampai Rp 40 juta.

Baca – 16 Cara Menghilangkan Bau Mulut akibat Gigi Berlubang

Anda tertarik? Ya, Anda bisa coba cara ini. Setelah melakukan operasi, kata bekas pasien, penyakit ambeien tinggal kenangan. Tidak ada lagi sakit yang berat saat buang air besar (BAB) seperti sebelumnya. Tak ada lagi darah keluar saat BAB.

cara menyembuhkan ambeien
(foto:tribunnews.com)

Ada Dua Jenis Panyakit Ambeien

Penyakit ambeien (wasir, hemorrhoid) muncul saat pembuluh darah di bagian bawah rektum dan anus bengkak. Kondisi ini terjadi akibat adanya peningkatan tekanan di bagian bawah rongga perut.

Banyak penyebab terjadinya sakit ambeien atau wasir. Antara lain sering mengejan terlalu kuat ketika BAB, sering mengangkat beban berat, sering duduk dalam waktu lama, kehamilan, sembelit (sulit buang air besar), keturunan, dsb.

Penyakit ambeien / wasir dibedakan menjadi dua jenis, yakni penyakit wasir dalam (internal) dan penyakit wasir luar (eksternal).

Baca – 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Selamanya

Wasir dalam umumnya tidak terlihat dari luar, kecuali jika mengalami penonjolan. Umumnya wasir jenis ini muncul di dalam saluran rektum dan tidak ada rasa nyeri. Tetapi saat BAB keluar darah.

Wasir luar (eksternal) terbentuk di bagian luar anus. Ambeien jenis ini ditandai dengan munculnya rasa gatal dan berdarah.

Apa pun jenis penyakit ambeien yang Anda derita, Anda tetap harus berusaha menyembuhkannya. Baik dengan cara yang bisa Anda lakukan sendiri atau melalui dokter.

Penyakit ambien yang dibiarkan akan makin parah dan bisa mengganggu kesehatan dan aktivitas harian Anda.

6 Cara Menyembuhkan Ambeien dengan Mudah

Ada 7 cara menyembuhkan penyakit ambeien atau wasir yang bisa Anda lakukan secara mandiri dan mudah. Apa saja itu?

1.Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih, setidaknya 2 liter ( 6 – 8 gelas) per hari. Dengan banyak minum air putih, BAB akan berjalan lancar. Sebab, banyak minum air putih bisa melunakkan tinja dan mengurangi kemungkinan terjadi kesulitan ketika BAB.

Baca – Cara Merapikan Gigi Tak Teratur Dengan Tangan

Bersamaan dengan itu, Anda juga harus menghindari minuman berkafein dan beralkohol. Sebab minuman-minuman itu bisa membuat wasir bertambah parah. Minuman berkafein seperti minuman kopi dan teh.

3. Perbanyak mengonsumsi makanan berserat tinggi

Cara menyembuhkan ambeien lainnya adalah memperbanyak konsumsi makanan berserat. Makanan / buah berserat tinggi akan membuat tinja lebih lunak. Anda tidak perlu mengejan terlalu kuat ketika BAB. Mengejan terlalu kuat bisa menyebabkan ambeien.

Makanan tinggi serat antara lain biji-bijian atau gandum utuh, kacang-kacangan, buah dan sayuran berdaub gelap. Selengkapnya baca Konsumsi 8 Makanan Tinggi Serat Biar Selalu Sehat.

4. Bersihkan kulit sekitar anus dengan handuk

Anda sebaiknya sering membersihkan kulit di sekitar anus. Gunakan handuk kecil yang lembap atau kapas basah untuk membersihkan sekitar anus.

Jangan gunakan sabun berbau harum karena bisa menyebabkan terjadinya iritasi.

5. Jangan tunda buang air besar (BAB)

Jika Anda merasa ada dorongan untuk BAB, jangan ditunda. Sebab, penundaan BAB bisa menyebabkan tinja mengeras dan kering. Ujungnya bisa menimbulkan ambeien atau wasir.

Untunglah fasilitas umum untuk BAB kini tersedia di banyak kota. Mushola di tempat penjualan SPBU bisa menjadi tempat buang air kecil atau buang air besar ketika dalam perjalanan jauh. Ini sangat membantu orang bisa menghindari terjadinya penyakit ambeien.

6. Melakukan olahraga secara teratur

Melakukan olahraga secara teratur bisa membuat Anda bebas dari ambeien atau wasir. Usahakan tiap hari bisa melakukan olahraga, senam, dan sejenisnya, setidaknya selama 30 menit.

Baca – Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Kamar Mandi

Olahraga bisa mengontrol tensi darah, mencegah sembelit (sulit BAB), dan lakukan olahraga yang Anda suka. Yang penting Anda melakukannya secara rutin.

Semoga artikel mengenai cara menyembuhkan ambeien atay wasir ini bermanfaat untuk Anda semua.

!-- Ads 300x250 -->