3 Cara Menyembuhkan Flu dengan Cepat

Berita 0 Comments

CARA menyembuhkan flu dengan cepat – Wah, aku kena flu. Puasa baru dapat lima hari, aku sudah kena flu. Apa penyebabnya, ya? Saya tidak pernah mengonsumsi minuman es. Kok bisa kena flu,” kata seorang jamaah di masjid saat menunggu buka puasa.

Ada beberapa penyebab mengapa Anda bisa kena sakit flu. Antara lain kurang minum air putih, mengonsumsi banyak gula, berat badan menurun, hidung sering kering, sering stres, dan sering menderita flu.

Lantas, jika Anda menderita sakit flu, apa yang harus Anda lakukan supaya flu cepat reda?

Cara Menyembuhkan Flu dengan Cepat: Minum Air Putih dan Istirahat Cukup

Jawaban yang paling mudah adalah minum obat flu. Banyak obat flu dijual di apotek atau toko obat. Tentu saja, obat mana yang cocok, tidak semua orang sama. Maksudnya, kecocokan obat berbeda-beda.

cara menyembuhkan flu

Tetapi, dr. Helmin Agustina Silalahi, Medical Manager PT Kalbe Farma, menyarankan agar flu cepat sembuh adalah istirahat di rumah. Istirahat akan membuat virus tidak menyebar.

Berikutnya, perbanyak minum air putih. Ini bisa membantu Anda untuk mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan. Memperbanyak minum air putih juga bisa menjaga termoregulasi dan membantu menurunkan suhu tubuh.

“Fungsi air ketika Anda menderita flu akan membantu mengatasi gejala flu. Dengan demikian akan mempercepat proses penyembuhan,” kata dr. Helmin seperti dikutip oleh detikHealth.com.

Saran berikutnya adalah memperbanyak konsumsi makanan berkuah. Misalnya, sup dan minuman hangat. Dengan cara ini, sistem pernapasan terbantu terhidrasi dan mucus (ingus) mudah keluar.

Mengonsumsi sup dan air hangat sangat penting. Sebab, keduanya mengandung banyak cairan dan mineral. Selain itu, sup menggunakan daging dan sayuran yang kaya nutrisi. Ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan.

Cara Mengatasi Hidung Mampat

Terkadang flu membuat hidung tersumbat atau mampat. Tidak bisa untuk menghirup udara. Bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasinya dengan menghirup uap dari air panas. Uap panas akan membantu melonggarkan ikatan mucus (ingus). Penyumbat bisa menjadi encer dan hidung bisa kembali untuk bernafas.

Saran lain untuk menyembuhkan lu depam cepat dari dr. Helmin adalah perlunya menyisihkan mucus. Sebab, mucus merupakan sarang penyakit. Caranya dengan minum obat sehingga produksi mucus bisa ditekan. Selain itu dengan memperbanyak asupan cairan.

Obat yang diperlukan misalnya mengonsumsi Procold Flu. Pengobatan ini dapat meringankan gejala flu. Antara lain demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin.

Kandungan obat dibuat lebih aman dengan dosis yang pas dan bisa mengatasi flu dengan efektif.

Bagaimana Cara Menghindari Sakit Flu?

Pertanyaan yang lebih penting adalah bisakah kita menghindari penyakit flu? Maksudnya, kita bisa bebas dari ancaman penyakit flu?

Caranya antara lain:

1. Sering mencuci tangan dan selalu mandi dua kali setiap hari. Cuci tangan saat akan mengonsumsi makanan apa pun dan mencuci tangan setelah selesai makan.

2. Buang ingus jika tampak banyak di hidung. Caranya tutup satu lubang hidung dengan menekannya lalu keluarkan ingus dengan hidung sebelah dengan mengeluarkan nafas dengan kuat. Lakukan pembersihan ingus di lubang satunya. Cuci tangan setelah selesai. Ingus merupakan sarang kuman.

3. Berkumur bisa mengurangi sakit tenggorokan. Anda bisa berkumur dengan menggunakan obat kumur. Tujuannya supaya tenggorokan bebas dari rasa gatal.

4. Istirahat cukup, terutama dengan berbaring di tempat tidur.

5. Mandi dengan air hangat. Cara ini bisa melancarkan aliran darah, meredakan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi, dan meredakan membran yang kena radang.

6. Tidur dengan bantal lebih tinggi (2- 3 bantal). Tujuannya memperlancar pernafasan, mencegah ingus dan lendir yang bisa menutup pernafasan melalui hidung.

7. Konsumsi buah dan sayur. Saat menderita flu, tubuh memerlukan banyak vitamin dan mineral. Saat menderita flu, konsumsi vitamin dan mineral diperlukan untuk memperkuat kekebalan tubuh.

Penutup

Flu sesungguhnya bukan penyakit berat. Tetapi, jika flu tidak disembuhkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Cara terbaik adalah menegah terjadinya sakit flu. Tidak sulit untuk mencegah terjadinya flu. Hanya perlu pembiasaan seperti menjaga kebersihan.

!-- Ads 300x250 -->