Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Pijatan Refleksi & Akupresur

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

CARA menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan? Ya, banyak orang menyatakan sakit giginya sembuh setelah dilakukan pemijatan. Pijatan untuk menyembuhkan sakit gigi bisa dilakukan sendiri di rumah atau di mana pun Anda berada.

Sakit gigi memang bermacam jenisnya. Ada yang ringan, sedang dan berat. Selain itu, daya tahan seseorang juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuhnya ketika menderita sakit gigi.

Ada orang yang menderita sakit gigi disertai demam, sakit kepala, dsb. Tetapi ada juga yang tubuhnya tetap tidak terpengaruh oleh sakit giginya. Tubuh mereka tetap sehat.

Cara mengatasi sakit gigi dengan cepat dan mudah adalah pergi ke dokter gigi. Apalagi punya asuransi seperti asuransi BPJS atau yang lain.

Cara menyembuhkan sakit gigi secara medis adalah langkah yang tepat. Dokter akan memeriksa gigi Anda untuk mengetahui seperti kondisi sakitnya. Bagaimana kesehatan gigi yang lain, dsb.

Dengan cara seperti itu, dokter bisa menentukan cara penyembuhan sakit gigi yang tepat. Cukup diobati, ditambal atau gigi harus dicabut.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Pijatan Refleksi Dan Akupresur

cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan

cara meredakan sakit gigi pakai pijat refleksi (foto:refleksi.com)

Tetapi, Anda juga bisa menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan. Anda bisa melakukan sendiri penyembuhan sakit gigi secara alami ini.

Ingin coba? Ada beberapa cara pijatan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit Anda. Konon cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan banyak dilakukan di Tiongkok (China). Cara ini dinilai efektif untuk mengatasi sakit gigi.

Ada dua jenis pijatan untuk menyembuhkan sakit gigi. Yakni, pijatan refleksi dan pijatan akupresur. Kedua macam pijatan itu dilakukan di titik-titik pemijatan yang ada di tangan, kepala, wajah, kaki dan punggung atas dekat bahu.

Hanya saja, pemijatan ini cuma menyembuhkan atau menghilangkan gejalanya. Artinya, dengan pemijatan ini, rasa sakit teratasi. Anda tidak lagi merasa sakit lagi.

Tetapi, penyakitnya sendiri belum otomatis lenyap. Penyakitnya sendiri harus diobati dengan obat medis atau obat herbal. Itu tergantung kondisi gigi yang sakit. Ringan, sedang atau berat (parah).

Baca – Bahaya Sakit Gigi Yang Tidak Sembuh- Sembuh

Kalau sangat ringan, adakalanya sakit gigi tidak kambuh setelah Anda atasi dengan metode pijat refeksi atau pijat akupresur. Bagaimana cara memijatnya?

A. Pijatan Refleksi Untuk Menyembuhkan Sakit Gigi

1. Pijatan Pada Ibu Jari Kaki

Ya ! Yang dipijat adalah ibu jari kedua kaki di bagian tengah dan sedikit ke bawah. Di ibu jari (jempol) kaki ini ada saraf yang sampai ke gigi.

Cara memijatnya menggunakan tekanan ibu jari tangan atau jari telunjuk. Pijatan pada bagian tengah ibu jari kaki akan meredakan sakit gigi bagian tengah.

Pijatan pada bagian bawah jari jempol kaki akan meredakan sakit gigi bagian bawah.

2. Pijatan Tengah Kepala

Cara menyembuhkan sakit gigi juga bisa dilakukan dengan pemijatan bagian tengah kepala. Bagian ini diyakini berhubungan langsung dengan semua bagian syaraf gigi.

Nah, Anda bisa mencobanya ketika menderita sakit gigi.

3. Pijatan Ujung Rahang Atas

Pijatan juga bisa dilakukan di ujung pangkal rahang atas kanan dan kiri. Cara pemijatan seperti ini juga bisa meredakan sakit gigi pada gigi geraham atas. Tetapi, pijatan harus dilakukan perlahan-lahan saja agar tidak membuat sakit.

4. Pijatan di Atas Telinga

Pijatan di atas telinga kanan dan kiri (bukan kening) adalah salah satu pijatan yang bisa dipraktekkan karena juga efektif akan meredakan sakit gigi. Pijatan sebaiknya dilakukan sekitar 1 cm di atas telinga.

Baca – Cara Mengatasi Gigi Yang Tonggos, Mana Yang Terbaik?

5. Pijatan Ujung Rahang Bawah

Jika gigi yang sakit adalah gigi geraham rahang bawah kanan atau kiri, maka yang harus dipijat adalah ujung rahang bawah. Yakni, mulai dari belakang telinga sampai ke bawah dan sedikit ke arah depan.

6. Pijatan Tengah Rahang Bawah

Jenis pijatan sakit gigi lainnya adalah pijatan tengah rahang bawah. Pijatan ini langsung mengenai bagian gigi yang sakit. Ini khusus untuk sakit gigi bagian tengah gigi geraham bawah kanan dan kiri.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Pijatan Akupresur

cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan

pijat akupresur meredakan sakit gigi (foto:carakumengobatisakitgigi.blogspot.com)

Selain pijatan refleksi, cara menyembuhkan sakit gigi juga bisa dilakukan dengan pijatan akupresur. Tekanan atau pijatan pada titik akupresur bisa melancarkan aliran darah dan otot di sekitar mulut.

Maka, sakit gigi bisa reda dan akhirnya hilang. Ya, pijatan refleksi dan akupresur hampir sama. Memijat bagian di dalam tubuh yang menjadi sumber terjadinya sakit gigi.

Ada 5 titik akupresur yang perlu dipijat untuk mengatasi sakit gigi. Yakni, pada tangan, leher, pundak, hingga area lutut.

1. Pijatan Akupresur di Pipi Terbanyak

Pijatan pada titik akupresur di bagian bawah kedua tulang pipi paling banyak diminta oleh pasien. Baik untuk mengatasi nyeri sakit gigi, gusi bengkak, dan gigi berlubang.

Titik ini terletak di bagian bawah kedua tulang pipi. Atau tepatnya di bawah ujung mata, dan sejajar dengan bagian bawah hidung Anda.

Baca – Sukses Cara Merapikan Gigi Menggunakan Tangan 

Cara mengaktifkan titik SI18 ini adalah tekan kedua titik akupresur selama satu menit. Cara menekan atau memijat menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Selama menekan titik ini, tarik napas Anda dalam-dalam dan embuskan secara perlahan.

2. Meredakan Nyeri Rahang (ST 6)

Tekanan atau pijatan di titik ini sangat bagus untuk menghilangkan rasa sakit rahang. Lokasi untuk pijatan di tengah tulang rahang dan pada otot yang menonjol ketika gigi Anda mengatup.

Caranya, aktifkan titik ini dengan menekannya menggunakan ibu jari. Tekan dengan kuat selama satu menit. Ulangi apabila perlu dan jangan lupa bernapas dalam-dalam.

3. Titik anti-inflamasi (LI 4)

Gunakan titik tekanan ini untuk membantu meredakan peradangan pada gigi. Titik ini terletak di titik tertinggi otot tempat ibu jari dan jari telunjuk Anda bertemu.

Lakukan pijatan selama 4 – 5 menit dengan tekanan yang kuat. Bersamaan dengan itu, silakan ambil nafas dalam-dalam. Lakukan cara ini beberapa kali sampai Anda merasa cukup.

Apa Kata Dokter Mengenai Pijat Sakit Gigi

Menurut dr Dany, sakit gigi tidak berhubungan dengan saraf pada kaki. Sakit gigi bisa diakibatkan oleh berbagai penyebab. Misalnya peradangan gusi, gigi berlubang, abses gusi, dan gigi patah.

Sakit gigi yang sering menyebabkan sakit gigi adalah peradangan pada gusi atau ginggivitis. Penyebabnya bisa diakibatkan oleh penumpukan plak pada gusi. Kondisi ini menyebabkan gusi terasa nyeri atau gigi berdarah ketika Anda menyikat gigi.

Peradangan gusi tidak berhubungan dengan saraf kaki. Pemijatan kaki tidak akan mempunyai efek pada sakit gigi.

Tetapi, dr Reny Utari menyatakan pijat sakit gigi bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi sakit gigi. Bukan sebagai pengobatan final.

Baca – Bisakah Gigi Tonggos Diundurkan? Gimana Caranya?

Pijat sakit gigi, menurut dia, dilakukan dengan memberikan tekanan atau pijatan di titik-titik tertentu pada tubuh. Pijatan akan memberikan sinyal tubuh untuk meredakan ketegangan, mengatasi masalah aliran darah, dan mengurangi rasa sakit.

Ada beberapa titik pijat sakit gigi yang bisa meredakan rasa nyeri pada gigi dengan cepat. Tetapi, kita tidak harus menggunakan semua titik itu. Cukup memijat satu atau dua titik setiap kali sakit gigi timbul.

Beberapa titik pijat sakit gigi adalah pada tulang pipi, rahang, di antara ibu jari dan jari telunjuk, lengan bagian atas, di antara jari tengah dan jari telunjuk pada kaki.

Cara memijatnya sangat mudah. Cukup ditekan sekitar 1 menit. Cara memijat di antara ibu jari dan jari telunjuk paling efektif untuk meredakan sakit gigi kronis.

Pijat di lengan bagian atas juga dinilai efektif menyembuhkan sakit gigi. Tetapi jika semua cara pemijatan sakit gigi tidak meredakan sakit Anda, ya Anda perlu periksa ke dokter gigi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih atas kunjungannya