Bagaimana Cara Menyembuhkan Vertigo secara Total?

Sakit Kepala 0 Comments

BAGAIMANA cara menyembuhkan vertigo secara total?

Setiap penderita penyakit vertigo pasti menghendaki seperti itu. Apalagi bagi mereka yang penyakitnya kambuh tiap hari. Ada lo, penderita vertigo yang sakitnya kambuh tiap hari.

Bagaimana jika kondisi seperti itu menimpa Anda? Ah, jangan. Vertigo kambuh tiap hari memang sangat merepotkan. Sebab, penyakit vertigo bisa menguras energi.

Tiba-tiba kepala pusing dan keadaan sekeliling seperti berputar. Dalam keadaan seperti itu, tubuh Anda menjadi tidak stabil. Tubuh Anda juga terasa seperti berputar. Selain itu juga terasa sempoyongan seperti ingin jauh.

Tidak ada cara lain untuk mengatasinya, kecuali Anda sebaiknya cari pegangan biar tidak jatuh. Atau segera duduk menenangkan diri.

Vertigo bisa kambuh kapan saja dan di mana saja. Mungkin Anda sedang berjalan, sedang mengendarai motor, sedang makan, dsb. Tentu saja sangat repot jika vertigo kambuh ketika Anda dalam perjalanan.

Oleh karena itu, dalam benak penderita selalu terpikir, bagaimana cara menyembuhkan vertigo secara total? Maksudnya, dia ingin benar-benar bebas dari vertigo. Mungkinkah?

Atasi Dulu Penyebab Vertigo

 

cara menyembuhkan vertigo secara total

kacang polong (foto:lifestyle.kompas.com)

Ya, segala sesuatu itu mungkin saja. Seseorang bisa sembuh total dari penyakit vertigo juga bisa.
Tetapi, itu harus melalui proses. Apakah proses penyembuhan vertigo bisa berjalan cepat, lamban atau sedang, itu tergantung pada banyak faktor.

Yang perlu diketahui, vertigo sesungguhnya bukan penyakit. Tetapi, gejala atau tanda adanya penyakit lain.

Jadi, jika kita ingin bisa mengobati dan sembuh dari vertigo, ya kita harus lebih dahulu mengatasi penyebab terjadinya vertigo. Pertanyaannya, bagaimana cara menyembuhkan vertigo?

Dilihat dari penyebab terjadinya vertigo, maka vertigo ada dua macam, yaitu:

1. Vertigo Sentral, yaitu vertigo akibat adanya gangguan pada otak. Yang paling banyak terjadi adalah akibat penyakit di pembuluh darah.

Misalnya pembentukan bekuan darah atau penyempitan pembuluh darah. Atau gangguan di selaput saraf, stroke, gangguan pada batang otak atau otak kecil.

2. Vertigo Perifer, yaitu vertigo yang berkaitan dengan masalah di telinga bagian dalam, terutama di sistem vestibular. Penyebabnya adalah:

  • BPPV (Vertigo Posisi Paroksismal Jinak).

Ini adalah penyebab terbanyak, yakni adanya perubahan posisi kepala secara mendadak.

  • Peradangan akibat infeksi bakteri.

Ini juga bisa menyebabkan gangguan keseimbangan atau vertigo. Baik akibat peradangan labirin (labyrinthitis) atau vestibular.

Yaitu kelainan di telinga bagian dalam seperti telinga berdenging atau vertigo. Bahkan, bisa menyebabkan tuli permanen. Biasanya penyakit ini terjadi pada usia 20 – 50 tahun.

  • Bisa juga akibat obat atau cedera di telinga atau kepala.

Cara Menyembuhkan Vertigo secara Total, Mungkinkah?

Membaca paparan di atas tentang penyebab terjadinya penyakit vertigo dan beberapa jenis vertigo, maka sebelum memastikan cara menyembuhkan vertigo secara total, Anda perlu memastikan dulu jenis vertigo yang Anda derita.

Sebab, jenis vertigo ada beberapa. Tentu saja, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan dengan lengkap untuk mencari penyebab pasti dari keluhan vertigo Anda.

Meskipun demikian, dr. Radius Kusuma menyatakan bahwa pengobatan atau cara penyembuhan vertigo tidak bisa menangani secara total. Meskipun telah dilakukan pembedahan.

Upaya dokter hanya bisa meredakan gejala serangan dan meningkatkan kualitas hidup penderita. Umumnya upaya itu cukup efektif.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi vertigo biar tidak terlalu sering kambuh. Ada penderita yang mengeluhkan vertigonya muncul tiap hari.

  1. Jangan melakukan gerakan kepala dengan mendadak.
  2. Jangan mengemudi dan mengoperasikan mesin jika vertigo sering kambuh.
  3. Jangan stres dan fisik terlalu lelah. Ini bisa menyebabkan vertigo mudah kambuh.
  4. Ketika vertigo kambuh, maka berhentilah dari melakukan aktivitas atau pekerjaan. Usahakan segera duduk atau berbaring supaya Ana tidak terjatuh.
  5. Ketika tidur, gunakan dua bantal supaya posisi kepala Anda lebih tinggi. Dam tidurlah dalam waktu yang cukup.
  6. Banyak minum air putih sehingga tidak terjadi dehidrasi. Sebab, dehindari bisa memicu terjadinya vertigo.
  7. Mengurangi konsumsi garam agar tidak sering kenci yang akhirnya terjadi dehidrasi. Demikian pula mengonsumsi alkohol. Anda sebaiknya menghindari alkohol karena bisa menyebabkan dehidrasi.
  8. Hindari mengonsumsi makanan penyebab vertigo. Setidaknya ada 11 makanan penyebab vertigo. Misalnya, makanan tunggu kolesterol, makanan tinggi garam, makanan minuman tinggi gula, dsb.
  9. Mengonsumsi obat herbal menyembuhkan dari vertigo atau untuk menghindari vertigo kambuh. Misalnya, Walatra Brain Nutrition Original – Obat Stroke, Kanker Otak, Vertigo, Tumor; Termurah Tablet Zhang Yan Ming – Obat Mata Katarak – Vertigo; Obat Herbal Vertigo Madu Premium Fermentasi Agaricpro; dsb.
  10. Mengonsumsi obat vertigo alami yang terbuat dari tumbuhan. Misalnya, madu dan biji ketumbar, teh jahe, lemon, makanan pedas, cocor bebek, bunga melati, susu kacang polong, dsb.

Penutup

Demikian artikel mengenai cara menyembuhkan vertigo secara total. Tetapi, ternyata cara menyembuhkan penyakit vertigo tidak mudah. Meskipun telah dilakukan operasi.

Yang bisa dilakukan adalah mengatasi sebab-sebabnya sehingga mengurangi terjadinya penyakit vertigo. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.