Penyebab Vertigo dan Cara Menyembuhkan dengan Mudah

Sakit Kepala 0 Comments

CARA menyembuhkan vertigo – Pernah menderita sakit vertigo? Vertigo adalah suatu kondisi di mana Anda merasakan tubuh tidak stabil (goyang). Bersamaan dengan itu, Anda merasakan kondisi sekeliling atau diri Anda berputar atau melayang.

Menghadapi kondisi seperti itu, Anda harus segera cari pegangan atau duduk. Ini perlu Anda lakukan supaya Anda tidak terjatuh. Apalagi jatuh sampai kepala terbentur benda yang keras.

Pada uraian berikut ini akan kita bahas tentang penyebab vertigo dan cara penyembuhannya, termasuk mengetahui jenis-jenis penyebab vertigo.

Penyakit vertigo juga mudah kambuh jika tidak disembuhkan atau diobati dengan baik.

Penyebab Penyakit Vertigo dan Jenisnya

A. Penyebab Penyakit Vertigo

Untuk bisa mengobati penyakit vertigo dengan baik dan tepat, sebelumnya Anda perlu tahu penyebab penyakit vertigo.

Ada dua jenis penyakit vertigo dan tiap jenis punya penyebab yang berbeda. Yaitu (1) vertigo periferal akibat gangguan di telinga dan (2) vertigo sentral akibat gangguan di otak.

Kebanyakan orang menderita vertigo periferal.

Penyebab Vertigo Periferal adalah:

1. Adanya gangguan telinga bagian dalam.

Salah satu tugas telinga bagian dalam adalah mengatur keseimbangan tubuh. Ketika Anda mengubah posisi kepala, maka telinga bagian dalam memberi sinyal kepada otak. Tujuannya supaya otak bisa membantu keseimbangan tubuh dan telinga agar berfungsi dengan baik.

Tetapi, jika telinga bagian dalam ada masalah, maka sinyal ke otak terganggu. Masalah di telinga bagian dalam antara lain adanya infeksi virus atau radang di telinga.

Akibat kondisi telinga seperti itu, maka terjadilah sakit kepala yang hebat. Tubuh menjadi tidak stabil (goyah) akibat hal itu.

2. Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV)

Penyebab vertigo periferal yang ini mirip dengan penyebab vertigo nomor 1. Yakni, pada telinga bagian dalam ada gangguan. Penyakit vertigo terbanyak disebabkan oleh BPPV.

Penyakit ini muncul, misalnya ketika Anda mengubah posisi kepala secara tiba-tiba. Atau mengubah posisi kepala dari tegak menjadi menunduk. Dari tidur ke bangun atau kepala mendongak ke atas.

Perubahan kepala tiba-tiba (mendadak) bisa memicu terjadinya vertigo. Kondisi ini mudah dialami oleh mereka yang pernah operasi telinga, kepala cedera, infeksi di telinga atau dalam proses penyembuhan setelah menderita sakit.

3. Cedera kepala

Cedera kepala juga bisa menjadi penyebab vertigo. Misalnya cedera kepala akibat kecelakaan, benturan, terjatuh, dsb. Cedera kepala bisa berakibat buruk pada telinga bagian dalam sehingga terjadilah vertigo.

4. Infeksi pada telinga bagian dalam

Radang dan infeksi akibat virus atau bakteri di telinga bagian dalam juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit vertigo. Kondisi radang dan infeksi disebut labirintitis.

Maka, jika terjadi gejala vertigo sebaiknya segera disembuhkan, termasuk sakit vertigo akibat labirintitis. Gejala lain dari sakit vertigo jenis ini adalah nyeri pada telinga, mual, muntah, kesulitan untuk mendengar, hingga demam.

penyebab vertigo dan cara penyembunya

5. Peradangan saraf telinga akibat virus

Penyebab vertigo lainnya adalah peradangan pada bagian saraf telinga yang berhubungan dengan otak. Peradangan terjadi akibat infeksi virus yang sering terjadi mendadak tanpa gejala.

Bahkan, penderita selalu merasa sehat. Pendengaran tidak pernah ada masalah. Biasanya kondisi itu bisa terjadi beberapa jam dalam sehari. Peradangan ini dinamalan perangan saraf telinga.

Penyebab Vertigo Sentral adalah:

Penyebab vertigo dan cara penyembuhannya – Penyakit vertigo sentral berkaitan dengan posisi otak kecil (cerebellum). Otak kecil berhubungan dengan sistem saraf sumsum tulang belakang dan sebagai pengatur utama gerakan tubuh Anda.

Ada beberapa penyebab vertigo sentral, yaitu:

  1. Sakit migrain. Yaitu, sakit kepala sebelah yang biasanya diderita orang muda. Saat sakit, biasanya kepala berdenyut.
  2. Multiple sclerosis. Yakni, gangguan sinyal saraf di otak dan tulang belakang akibat sistem kekebalan tubuh yang salah.
  3. Neuroma akustik. Yaitu, tumor jinak pada saraf vestibular yang menghubungkan telinga dan otak. Vertigo jenis ini disebabkan oleh kelainan genetik.
  4. Adanya tumor di otak kecil. Ini mengakibatkan koordinasi gerakan tubuh yang seharusnya diatur oleh otak kecil menjadi terganggu.
  5. Stroke akibat penyumbatan pembuluh darah di otak.
  6. Minum beberapa jenis obat bisa menyebabkan terjadinya vertigo karena efek samping.

Tiga Cara Menyembuhkan Vertigo dengan Mudah

Jika kondisi penyakit vertigo masih dalam kondisi ringan, biasanya sembuh sendiri. Anda cukup beristirahat, menenangkan diri dan tidak lama kemudian vertigo sembuh (menghilang).

Tetapi jika penyakit vertigo yang Anda alami telah berulangkali terjadi, bahkan berat, maka lakukan penyembuhan atau pengobatan.

Ya, banyak cara menyembuhkan vertigo yang bisa Anda lakukan. Misalnya, cara menyembuhkan atau mengobati vertigo secara alami.

Hellosehat.com menawarkan 4 jenis penyembuhan atau pengobatan vertigo secara alami, yaitu:

1. Menggunakan manuver epley.

Ada dua model cara pengobatan manuver epley ini. Model mana yang harus dilakukan sesuai dengan asal vertigo.

Jika penyakit vertigo berasal dari telinga sisi kiri

Pertama, Anda duduk di pinggir kasur. Gerakkan kepala ke kiri memutar 45 derajat. Setelah itu berbaring dengan posisi bantal di bawah bahu. Jadi, posisi bantal tidak di bawah kepala seperti umumnya orang berbaring..

Kedua, langsung berbaring dengan kepala menghadap ke kasur dalam posisi sudut 45 derajat. Lakukan sampai 30 detik.

Ketiga, putar kepala ke arah kanan selama 30 detik tanpa diangkat.

Keempat, putar kepala ke sisi kiri ke kanan selama 30 menit.

Kelima, bangun dari posisi berbaring dan duduk di atas kasur sampai beberapa detik. Cara bangunnya perlahan-lahan saja.

Jika vertigo berasal dari telinga kanan

Bagaimana jika penyakit vertigo datang dari telinga kanan?

Jika vertigo Anda berasal dari telinga kanan, maka cara mengobatinya sama dengan cara di atas. Hanya arahnya dibalik.

Lakukan gerakan manuver epley ini tiap malam tiga kali sebelum tidur sampai sakit vertigo tidak kambuh lagi.

2. Manuver Semont

Cara lain menyembuhkan vertigo adalah gerakan manuver semont. Dalam penyakit vertigo jenis ini, pusing kepala datang dari telinga bagian kiri.

Pertama, duduk di pinggir kasur. Putar kepala ke kanan dalam posisi 45 derajat. Setelah itu silakan berbaring ke sisi kiri. Lakukan itu sampai 30 detik.

Kemudian pindah ke posisi berlawanan. Posisi kepala tetap. Setelah selesai, silakan bangun untuk duduk. Tetapi, cara bangunnya perlahan-lahan. Jangan langsung bangun seperti orang sehat.

Sama dengan cara pertama, manuver semont ini perlu Anda lakukan tiga kali dalam sehari. Lakukan gerakan yang sama di hari berikutnya sampai penyakit vertigo sembuh.

3. Manuver Foster/Half Somersault

Cara ini lebih mudah dibandingkan dengan dua cara menyembuhkan vertigo yang telah disebutkan di atas.

Caranya, Anda berlutut sambil menatap ke atas sampai beberapa detik. Lalu, arahkan wajah Anda ke lantai seperti orang sedang bersujud dalam shalat. Tempelkan dahi Anda ke lantai. Lakukan sampai 30 detik biar vertigo cepat sembuh (hilang).

Putar kepala ke arah telinga yang bermasalah. Lakukan sampai 30 detik. Lalu, angkat kepala sampai pada posisi lurus dengan punggung. Kepala tetap pada sudut 45 derajat. Lakukan gerakan itu sampai 30 detik.

Anda bisa mengulang gerakan-gerakan tersebut beberapa kali biar pusing kepala sembuh. Setelah istirahat 15 menit, Anda bisa mengulang gerakan yang sama (manuver foster).

Demikian beberapa cara mengobati atau menyembuhkan vertigo secara alami. Semoga Anda sukses bisa menyembuhkan sakit vertigo sehingga Anda kembali sehat Anda. Penyebab vertigo dan cara penyembuhannya.

!-- Ads 300x250 -->