Cara Menyikat Gigi Sampai 4 – 5 Kali Sehari, Bolehkah?

Sakit Gigi 0 Comments

ADA orang yang begitu semangat untuk membuat giginya selalu bersih. Maka, dia menyikat gigi sampai 4 – 5 kali sehari. Tiap habis makan dia menyikat gigi. Ya, giginya biar selalu bersih, itu pikir dia.

Tetapi, benarkah cara menyikat gigi sampai 4 – 5 kali seperti itu? Apakah cara seperti itu justru akan merugikan dan merusak gigi?

Perbuatan bertujuan baik memang tidak selalu benar jika caranya tidak sesuai dengan aturan. Tujuannya memang ingin membuat giginya selalu bersih sehingga bebas dari kuman dan penyakit gigi.

Tetapi, bolehkah menyikat gigi seperti itu?

Menyikat Gigi 4 – 5 Kali Bisa Merusak Enamel Gigi

Menyikat gigi dua kali sehari, menurut dr Anastasia Feliciana dari alodokter.com, adalah cara yang efektif untuk menjaga kesehatan gigi.

Sebaliknya, menyikat gigi terlalu sering justru bisa mengakibatkan kerusakan enamel gigi. Bahkan juga bisa melukai mukosa gusi. Efeknya, perlindungan terhadap gigi semakin tipis akibat enamel gigi yang terkikis.

cara menyikat gigi 3 - 4 kali sehari

cara menyikat gigi yang benar (foto:fimale.com)

Selain itu, saraf gigi juga makin terekspos. Ini bisa membuat gigi semakin sensitif. Yakni, gigi terasa linu ketika Anda minum minuman dingin, minuman panas, atau mengonsumsi makanan asam.

Dalam hal sini, para ahli mengatakan bahwa menyikat gigi cukup 2 kali sehari. Atau paling banyak 3 kali sehari. Tidak perlu tiap setelah makan selalu menyikat gigi. Itulah cara menyikat gigi dengan benar.

Untuk membersihkan mulut, termasuk membersihkan gigi, Anda cukup menggunakan obat kumur. Bahkan menurut Dr Jyoti Sachdeva, menggosok gigi lebih 2 kali sehari bisa menyebabkan gigi berlubang dan terjadi infeksi pada gusi.

Selebihnya, membersihkan mulut dan gigi cukup dengan obat kumur atau air putih. Itu sudah cukup untuk membuat gigi dan mulut selalu sehat.

Obat Kumur

Obat kumur harga murah yang bisa Anda pilih antara lain Pepsodent Mouthwash Pro Complete 300Ml harga Rp 20.100; Colgate Plax Peppermint Mouthwash /Obat Kumur 750ml harga Rp 49.900; Pepsodent Mouthwash Sensitive Expert 500Ml harga Rp 30.900; Khazanah Herbal Fresh Mouth Rp 25.000.

Enzim Mouthwash – 275 ml – 1 pcs harga Rp 21.300; Betadine Obat Kumur 100 Ml Rp15.400; Listerine cool mint 2 × 250ml Rp 30.000; Fresh Mouth Parfum Anti Bau Mulut Khazanah Herbal Rp 30.000;
Obat Kumur LISTERINE Gum Care 250ml Rp 11.900. Silakan memilih obat kumur mana yang cocok untuk Anda.

Cara Menyikat Gigi dengan Benar dan Tepat

Yang tidak kalah penting saat menyikat gigi adalah caranya. Maksudnya, cara menyikat gigi harus benar. Tidak boleh menyikat gigi asal. Ya, asal sikat dimasukkan ke mulut dan digerakkan maju mundur. Itu cara menyikat gigi yang tidak tepat.

1. Bentuk Sikat Nyaman di Mulut

Cara menyikat gigi yang benar adalah menggunakan sikat gigi yang nyaman ketika Anda menyikat gigi. Bentuk sikat harus sesuai dengan kondisi mulut Anda.

2. Bulu Sikat Jangan Terlalu Kaku atau Terlalu Lemas.

Anda sebaiknya memilih bulu sikat gigi yang sedang. Tidak terlalu kuat dan tidak terlalu lemas. Bulu sikat terlalu kuat bisa menyakiti gusi. Tetapi jika bulu sikat gigi terlalu lemas, ya sikat gigi tidak mampu mengangkat kisa kotoran.

3. Gerakan Sikat Gigi Melingkar

Menyikat gigi mulai dari gigi depan atau gigi geraham di salah satu sisi mulut. Gerakan sikat gigi melingkar dari atas ke bawah selama 20 detik pada tiap bagian.

Cara ini diharapkan bisa menghilangkan plak yang ada di sela gigi. Posisi bulu sikat gigi harus miring membentuk sudut 45 derajat selama Anda menyikat gigi.

4. Gigi yang Sering untuk Mengunyah

Gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah hendaklah disikat dengan baik. Yaitu bagian gigi yang dekat dengan pipi dan lidah. Gerakan sikat harus maju mundur perlahan.

Setelah bagian atas, lalu menyikat gigi bagian bawah. Pastikan semua plak atau sisa makanan yang menempel di gigi bisa dibersihkan.

5. Pastikan Semua Gigi Telah Bersih

Gunakan waktu 2 – 3 menit untuk menyikat gigi. Jangan tergesa-gesa. Pastikan semua gigi telah disikat dengan baik dan bersih dari sisa-sisa makanan (plak). Setelah selesai, Anda bilas sikat gigi dan mulut Anda dengan air bersih,

6. Berkumur Menggunakan Obat Kumur

Setelah menyikat gigi selesai, Anda bisa berkumur dengan menggunakan obat kumur sehingga mulut, gigi dan gusi aman dari kotoran dan bakteri. Mulut dan gigi sehat sehingga tidak ada bau mulut yang tidak sedap.

Sekian, terima kasih atas kunjungannya.

!-- Ads 300x250 -->