10 Cara Menyikat Gigi yang Benar – Gigi Sehat dan Kuat

Bau Mulut 0 Comments

CARA menyikat gigi yang benar sangat penting. Umumnya, gigi berlubang, mulut bau atau gusi sakit terjadi akibat cara menyikat gigi yang tidak benar. Tidak rajin menyikat gigi juga bisa menjadi penyebab gigi rusak.

Untuk menjaga supaya gigi tetap sehat, tidak berlubang dan mulut tidak berbau, Anda harus selalu menyikat gigi secara teratur. Setidaknya menggosok gigi dua kali dalam sehari.

Selain itu, Anda harus menyikat gigi dengan benar sesuai dengan ketentuan kesehatan. Bukan asal menyikat gigi. Menyikat gigi harus bisa membersihkan semua sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi.

Pertanyaannya, bagaimana cara menyikat gigi yang benar yang bisa membersihkan gigi dan menghindarkan gigi dari kerusakan? Bagaimana cara merawat gigi dengan baik dan benar?

Cara Menyikat Gigi yang Benar – Apa yang Harus Disiapkan?

Berikut ini tentang cara menyikat gigi yang benar yang bisa membuat gigi Anda selalu sehat dan kuat. Tidak terjadi adanya plak-plak yang bisa merusak gigi dan menimbulkan bau mulut tidak sedap.cara menyikat gigi yang benar(foto:ehow.com.ua)

Juga terhindar dari adanya gigi berlubang akibat banyaknya kuman yang bisa merusak gigi, menyebabkan gigi sakit, gusi sakit, dsb.

1. Pilih sikat gigi yang nyaman

Siapkan sikat gigi yang memenuhi syarat kesehatan. Pilih sikat gigi yang nyaman untuk Anda. Gunakan kepala sikat gigi yang sesuai dengan kondisi mulut Anda dan gagangnya nyaman untuk dipegang.

Selain itu, siapkan pasta gigi yang mengandung fluoride yang bisa membantu membersihkan gigi dari sisa makanan minuman dan kuman di mulut. Setidaknya ada 500 jenis kuman di mulut Anda.

2. Menyikat lidah dulu

Sebelum menyikat gigi, Anda sebaiknya lebih dulu menyikat lidah. Tujuannya supaya lidah Anda bersih dari kuman dan tidak menimbulkan bau tidak sedap.

Alat untuk menyikat lidah juga sikat gigi Anda. Di bagian belakang sikat gigi bagian atas di balik bulu sikat gigi terasa agak kasar. Itulah yang harus Anda gunakan untuk menyikat lidah.

3. Menyikat gigi dengan gerakan melingkar (lihat gambar)

Sikatlah gigi Anda dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah sekitar 20 detik untuk tiap bagian. Dimulai dari gigi yang biasa untuk mengunyah makanan. Yakni, gigi dekat pipi dan lidah.

Usahakan menggosok gigi bisa menjangkau semua permukaan gigi. Dengan cara ini, gigi Anda bisa bersih dari semua sisa makanan atau kotoran gigi yang berpotensi menjadi plak.

4. Jangan menyikat dengan gerakan lurus

Kesalahan menyikat gigi adalah gerakannya hanya lurus ke kanan kiri. Bukan ke atas bawah dan melingkar.

Menggosok gigi dengan gerakan lurus ke kanan kiri belum bisa membersihkan seluruh kotoran di gigi. Cara ini hanya mampu membersihkan 25% kotoran, termasuk kotoran yang potensial menjadi plak.

5. Membersihkan gigi depan

Membersihkan gigi bagian depan juga harus dilakukan secara vertikal. Gerakkan sikat gigi ke atas dan bawah dengan melingkar dari tepi busi sampai gigi atas.

6. Mengubah pola menyikat gigi

Tetapi, Anda juga bisa mengubah gerakan menyikat gigi biar tidak bosan karena tiap hari caranya sama terus. Usahakan menggosok gigi sampai 2 – 3 menit sehingga gigi Anda benar-benar bersih tanpa meninggalkan sisa makanan atau minuman.

7. Jangan menggosok gigi dengan cara yang keras

Menyikat atau menggosok gigi jangan menggunakan cara yang keras. Artinya, keras dalam menggerakkan sikat gigi. Cara itu justru bisa menyakiti gigi dan gusi. Misalnya, bisa menyebabkan gusi berdarah.

8. Gunakan benang

Menyikat gigi terkadang belum bisa membersihkan 100% semua kotoran yang melekat di gigi, termasuk sisa makanan yang ada di sela-sela gigi.

Untuk hal ini bisa digunakan benang gigi yang dimasukkan ke sela-sela gigi dan benangnya ditarik ke atas bawah. Lakukan hati-hati dan perlahan biar tidak melukai gusi.

Benang gigi khusus bisa dibeli di toko online. Harganya murah. Bahkan, ada yang di bawah Rp 10.000. Tergantung kualitas produknya.

8. Bilas mulut Anda dengan berkumur.

Bisa juga Anda menggunakan obat kumur khusus untuk membilas mulut setelah selesai menggosok gigi sehingga gigi dan mulut Anda benar-benar bersih dari kotoran. Harga obat kumur (mouthwash) juga tidak mahal.

Yang agak mahal adalah obat kumur antibakteri, obat kumur menghilangkan karang gigi, obat kumur bau mulut dan karang gigi, dsb. Harganya bisa sampai Rp 200.000 – Rp 400.000.

9. Cara Mengecek Gigi Sudah Bersih

Bagaimana cara mengecek, apakah gigi Anda sudah bersih dari sisa kotoran makanan minuman dan lainnya dan bebas dari kemungkinan terdapatnya plak?

Anda bisa merabanya dengan ujung lidah. Jika terasa permukaan gigi sudah halus berarti gigi Anda sudah bersih. Jika terasa kasar berarti masih ada sisa plak yang menempel di gigi.

10. Menyikat Gigi Habis Sarapan dan Menjelang Tidur

Menyikat gigi sebaiknya dilakukan setidaknya dua kali sehari. Yakni, setelah sarapan pagi dan menjelang tidur malam.

Banyak orang menggosok gigi setelah bangun tidur dan setelah sarapan pagi tidak menyikat gigi. Ini cara yang tidak tepat dan harus diubah.

Jika Anda harus menyikat gigi setelah bangun tidur, ya lakukan lagi setelah sarapan pagi. Sebab, sisa makanan yang tertinggal di sela gigi habis sarapan pagi nantinya bisa berbaur dari kuman-kuman yang muncul dan bisa membentuk plak gigi. Kian lama, plak gigi bisa merusak gigi.

Penutup

Demikian artikel mengenai cara menyikat gigi yang benar yang bisa menghindarkan Anda dari punya gigi berlubang, sakit gigi, sakit gusi dan lainnya. Yang diperlukan kemauan untuk hidup sehat, termasuk memiliki gigi sehat.

Semoga artikel tentang menyehatkan gigi ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.