Bagaimana Cara Merapikan Gigi Anak yang Berantakan

Berita, Sakit Gigi 0 Comments

BAGAIMANA cara merapikan gigi anak yang berantakan? Tiap orang tua pasti merasa risau melihat pertumbuhan gigi si kecil tampak berantakan. Apalagi yang tumbuh berantakan adalah gigi asli, yakni gigi pengganti gigi susu.

Kata seorang ibu, yang merisaukan saya karena dua gigi di depan terlihat terlalu besar. Apakah ada cara merapikan gigi anak saya, dokter?

Ya, kegelisahan sang Bunda seperti itu tentu saja bisa dipahami. Apalagi jika anak dengan gigi bermasalah itu adalah anak pertama dan perempuan. Tentu si ibu ingin gigi anaknya bisa tumbuh rapi, putih dan menarik.

Baca – Cara Merapikan Gigi Secara Alami dengan Tangan

Tiga Penyebab Gigi Anak Tumbuh Berantakan

Bentuk gigi anak yang berantakan perlu mendapatkan perhatian dari orang tua. Bentuk gigi berantakan seperti dialami anak dari seorang ibu yang disinggung pada awal artikel ini hanyalah satu dari seribu satu bentuk gigi anak tumbuh barantakan.

cara merapikan gigi anak yang berantakan

Misal seorang ibu yang lain menceritakan gigi anaknya tumbuh miring akibat gigi susunya tidak bisa dilepas. Sudah mau copot, tetapi tak mudah dicopot.

Menurut drg Rahma Natalia H, Sp. KGA, susunan gigi yang berantakan pada anak memang merupakan salah satu masalah gigi anak yang banyak terjadi. Masalah gigi anak yang lain adalah gigi berlubang.

Untuk gigi anak berantakan, setidaknya ada 3 penyebab. Yakni, akibat keturunan, kondisi lokal di mulut dan kebiasaan buruk dari si kecil.

Akibat keturunan, misalnya kondisi gigi orang tuanya juga berantakan. Maka, pertumbuhan gigi anaknya juga sama.

Akibat kondisi lokal di mulut, misalnya gigi susu lepas atau copot terlalu cepat atau terlalu lambat dari waktu yang seharusnya.

Gigi anak berantakan akibat kebiasaan si kecil, antara lain anak suka mengisap jari jempol, menggigit kuku atau bibir, dsb.

Baca – Biaya Tambal Gigi di Puskesmas Yang Sangat Murah

Maka, sebaiknya orang tua peka melihat perilaku anaknya yang bisa berakibat buruk pada pertumbuhan giginya. Jika tampak si kecil ingin memasukkan jari jempolnya ke mulut, haruslah segera dicegah.

Setelah dicegah beberapa kali, barulah keinginan memasukkan jari jempolnya ke mulut tidak dilakukan lagi. Anak bisa terhindar dari kemungkinan giginya tumbuh berantakan.

Sering Cek Giginya Saat Anak Usia 6 Tahun

Untuk menghindari gigi anak tumbuh berantakan, maka orang tua perlu sering mengecek pertumbuhan giginya ketika si anak berusia 6 tahun.

Orang tua perlu cek, apakah gigi anaknya sudah ada yang goyang untuk berganti gigi asli. Jika sudah waktunya berganti gigi tetapi gigi lama masih kokoh, ya perlu periksa dokter gigi.

Jika gigi anak berantakan akibat kondisi rahang yang berkelainan, misalnya rahang terlalu maju, maka perbaikannya memerlukan waktu agak lama.

Baca – Bagaimana Cara Senyum Terbaik untuk Pemilik Gigi Tonggos

Sebaiknya cara merpikan gigi anak yang berantakan dilakukan mulai anak memasuki masa pubertas. Yakni usia 9 tahun untuk anak putri dan 11 tahun untuk anak lelaki.

Tentu saja, perbaikan rahang harus dilakukan dengan alat khusus. Kegunaan alat khusus untuk mengatur dan memperbaiki kondisi rahang.

Untuk mereka yang sudah dewasa dan perbaikannya terlambat dari waktu yang seharusnya pun masih bisa dilakukan perbaikan. Tentu saja, perbaikannya lebih berat. Perlu dilakukan bedah korektif.

Mungkin dokter akan membuang sebagian tulang rahang dan menempatkan rahang pada posisi yang benar. Bisa juga rahang yang pendek diperpanjang atau rahang panjang diperpendek.
Maka, fungsi wajah juga akan terlihat lebih bagus.

Semoga artikel tentang bagaimana cara merapikan gigi anak yang berantakan ini bermanfaat untuk Anda semua, khususnya Bunda yang punya anak kecil dengan gigi bermasalah.

!-- Ads 300x250 -->