Cara Merapikan Gigi dengan Tangan – Perlu Kesabaran Ekstra

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

Cara merapikan gigi dengan tangan. Ini adalah cara yang sangat mudah dan bisa Anda lakukan di rumah. Yang penting adalah Anda bersedia melakukan cara itu tiap hari sampai sukses, yaitu gigi menjadi rapi.

Ya, punya gigi tidak beraturan dan tidak rapi memang tidak nyaman. Apalagi gigi yang tidak rapi berada di bagian depan. Baik atas ataupun bawah. Ketika Anda tertawa atau berbicara, gigi yang tidak rapi itu terlihat nyata.

Lebih-lebih gigi tonggos atau tongos. Jelas Anda tidak nyaman di tengah pergaulan banyak teman, relasi atau yang lain.

Cara Merapikan Gigi Dengan Tangan untuk Gigi Tongos

Banyak cara merapikan gigi yang bisa Anda lakukan. Anda pilih cara yang terbaik untuk Anda. Jika tidak punya dana cukup, ya pilih cara yang murah. Atau sama sekali tidak pakai biaya.

cara merapikan gigi dengan tangan

Misalnya cara merapikan gigi dengan tangan. Artinya, Anda memperbaiki atau merapikan gigi dengan tangan Anda sendiri. Bukan tangannya dokter atau orang lain.

Caranya, ya dorong gigi yang akan Anda rapikan. Bisa didorong ke dalam atau keluar. Didorong ke dalam, misalnya untuk gigi tonggos, termasuk gigi tonggos parah.

Secara perlahan, gigi Anda dorong ke dalam. Perlahan dan berulang-ulang. Lakukan 2 kali dalam sehari. Dalam waktu dua bulan, Anda bisa menyaksikan hasilnya atau perubahannya.

Sebelum merapikan gigi yang bermasalah, jari tangan Anda harus dibersihkan atau dicuci dulu. Maksudnya biar tidak ada kuman yang menempel dan bisa berakibat gigi sakit.

Tentu saja, tiap orang bisa beda hasilnya. Sebab, kondisi dan posisi gigi tentu tidak sama.

Merapikan gigi sebaiknya dilakukan ketika masih muda usia. Yakni, sebelum usia 20 tahun. Ketika masih usia muda, cara merapikan giginya masih sangat mudah. Gigi belum terlalu keras.

Menurut Prof. Eky S. Soeria Soemantri, drg.Sp.Ort (K), guru besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Bandung, jika gigi tidak rata akibat kelainan rahang, termasuk gigi tonggos, maka sebaiknya perbaikan gigi dilakukan sejak anak usia 9 tahun untuk wanita dan 11 tahun untuk anak lelaki.

Di sini, kesabaran dan ketekunan Anda sangat diperlukan. Sebab, merapikan gigi secara alami ini butuh waktu yang panjang.

Merapikan Gigi Bermasalah dengan Sendok Kayu

Merapikan gigi dengan sendok kayu juga bisa dilakukan dengan tangan Anda sendiri. Caranya juga sangat mudah. Tetapi, cara ini hanya bisa dilakukan saat Anda atau ibu Anda sedang menanak nasi.

Sendok kayu Anda masukkan ke nasi yang sedang ditanak. Setelah agak panas, sendok kayu Anda angkat dan gunakan untuk mendorong gigi Anda atau gigi anak Anda atau gigi siapa pun.

Jika Anda melakukan cara itu rutin tiap hari, secara perlahan gigi akan bergeser ke posisi yang Anda inginkan. Gigi akan menjadi rapi. Baca: Cara mengatasi gigi berlubang. 

Hindari Perbuatan yang Membuat Gigi Bermasalah

Usaha membuat gigi tumbuh rapi dan tidak ada gigi yang bermasalah sebaiknya dilakukan ketika anak masih kecil. Yakni, saat gigi anak masih dalam masa pertumbuhan.

Penanganan gigi yang bermasalah pada usia muda lebih mudah sehingga keberhasilannya tinggi.
Hindarkan anak dari kebiasaan melakukan sesuatu yang bisa menyebabkan giginya bermasalah, termasuk gigi tonggos.

Kebiasaan anak yang harus dicegah supaya giginya tumbuh sehat dan rapi adalah sering mengonsumsi permen (gula-gula), mengunyah es, tidur sambil ngedot, mengonsumsi permen gummy yang suka lengket di gigi, sering mengonsumsi minuman bersoda, membuka kemasan dengan gigi, mengigit pensil atau benda keras lainnya, dan menyikat gigi terlalu keras.

Penutup

Cara merapikan gigi, termasuk merapikan gigi tonggos, sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian ekstra, terutama dari orang tua terhadap pertumbuhan gigi anaknya. Salah satunya adalah cara merapikan gigi dengan tangan.

Perilaku anak bisa membuat gigi tumbuh tidak rapi, bahkan menjadi gigi tonggos. Orang tua harus membuat anak menghindari perilaku buruk supaya giginya tumbuh bagus, rapi, putih dan sehat.

Semoga artikel ini bermandaat untuk Anda dan kita semua.