Cara Merapikan Gigi Gingsul Tanpa Behel – Mudah Tanpa Biaya

Bau Mulut 0 Comments

CARA merapikan gigi gingsul tanpa behel. Punya gigi yang tumbuh tidak teratur sesuai urutanya, termasuk gigi gingsul, tentu kurang nyaman dipandang. Apalagi gigi gingsul terlihat menonjol ke depan dengan bentuk gigi yang beda dari gigi utama.

Siapa pun akan merasa tidak nyaman punya gigi seperti itu. Misalnya, tidak bisa bebas ketika tertawa atau berbicara berapi-api. Gigi gingsulnya akan terlihat oleh banyak orang.

Pertanyaannya, bisakah gigi seperti itu dirapikan? Bagaimana cara merapikan gigi tanpa behel?

Biaya Merapikan Gigi Gingsul dengan Behel Sampai Rp 16 Juta

Gigi memang termasuk bagian penting dari organ tubuh kita, terutama gigi bagian depan. Maka, setiap orang selalu menginginkan punya gigi yang tumbuh rapi dan putih dalam bentuk yang rata.

Tetapi, bagaimana jika ternyata tumbuh gigi yang menyimpang dari barisan utama seperti gigi gingsul? Adakan cara merapikan gigi yang tidak menggunakan behel dan biayanya murah?

Gigi yang tumbuh tidak teratur dan tidak rapi umumnya karena gigi susu terlambat dicabut ketika masih kecil. Ya, bisa jadi akibat ketidaktahuan orang tua.

Akhirnya gigi permanen tidak bisa tumbuh sebagaimana mestinya akibat penyempitan spasi. Gigi yang seharusnya tumbuh lurus ke atas atau lurus ke bawah malah menjadi miring.

cara merapikan gigi gingsul tanpa behel

cara merapikan gigi dengan behel (foto:kesehatanmulut.com)

Penyebab lain gigi tumbuh menyimpang dari barisan gigi yang lain karena kebiasaan lidah suka mendorong gigi.

Biasanya, untuk mengatasi pertumbuhan gigi yang tidak rapi seperti itu digunakan kawat gigi. Hanya saja, biaya untuk pemasangan kawat gigi cukup mahal.

Alodokter.com memuat daftar biaya pemasangan kawat gigi di berbagai rumah sakit di banyak kota. Paling murah adalah Rp 3 juta. Tertinggi adalah Rp 16 juta. Itu belum termasuk biaya kontrol.

Pemasangan behel umumnya dilakukan pada wanita. Sebab, wanita memerlukan kerapian gigi supaya terlihat cantik. Gigi yang tidak rapi bisa mengurangi kecantikannya.

Lain halnya dengan pria. Lelaki sering masih tetap merasa PD. Walaupun ada giginya yang tumbuh menyimpang dan tidak rapi.

Cara Merapikan Gigi Gingsul Tanpa Behel dan Tanpa Biaya Menurut Dr OZ Indonesia

Bagaimana dengan mereka yang ingin merapikan pertumbuhan giginya tetapi tidak punya biaya? Adakah cara lain merapikan gigi dengan biaya yang lebih murah?

Dr OZ Indonesia pernah menganjurkan bahwa kita bisa merapikan gigi menggunakan sendok kayu. Caranya, menurut Dr OZ sangat mudah. Siapa pun bisa melaksanakan cara yang ditawarkan itu. Yaitu, menggunakan sendok kayu yang dipanaskan pada nasi ketika Bunda memasak nasi.

  • Ketika nasi masih dalam keadaan ¾ matang dan air masakan nasi masih meletup, Anda taruh (masukkan) sendok kayu ke dalam nasi. Setelah sekitar 1 menit, sendok kayu bisa diambil.
  • Lalu, gunakan sendok kayu tadi untuk mendorong gigi yang menyimpang dari barisan untuk masuk barisan. Jika gigi tumbuh menyimpang keluar, maka dorong masuk ke dalam. Jika posisi gigi maju ke dalam, maka dorong dengan sendok kayu untuk masuk ke barisan. Tetapi, mendorongnya jangan terlalu keras. Bisa-bisa malah membuat gigi patah.
  • Setelah jeda 10 detik, Anda bisa mengulangi cara itu dari memasukkan sendok kayu ke nasi yang masih ditanak lalu digunakan mendorong gigi gingsul. Anda sebaiknya menyiapkan sendok kayu lebih dari satu. Harga sendok kayu ini sangat murah. Ada yang berharga Rp 45.000 untul 5 sendok.
  • Anda bisa melakukan cara itu setiap hari dengan beberapa kali dorongan per hari.
  • Jika giginya termasuk gigi sensitive, maka tunggu sebentar sebelum sendok digunakan mendorong gigi. Tujuannya supaya panas sendok berkurang. Selain itu, hati – hati ketika mendorong gigi supaya tidak mengenai gusi.

Cara merapikan gigi seperti ini memerlukan kesabaran dan ketekunan. Jika Anda telaten dan tekun menjalankan cara itu, kata DR OZ, Anda akan memperoleh hasil yang luar biasa. Gigi yang tumbuh menyimpang bisa masuk rapi dalam barisan tanpa harus merogoh isi kantung sampai jutaan, bahkan belasan juta rupiah.

Oke??

Pengalaman Merapikan Gigi Menyimpang Secara Manual Tanpa Biaya

Sebenarnya banyak metode merapikan gigi. Selain menggunakan behel, ada juga dengan invisalign, dengan Veneer berbahan komposit atau ceramic, retainer, dsb.

Tetapi, umumnya cara-cara itu berbiaya mahal. Misalnya, menggunakan metode invisalign. Biayanya justru lebih mahal dibanding menggunakan kawat behel, yakni sampai Rp 59 juta.

Dari segi hasil, memang cara merapikan gigi dengan biaya mahal itu lebih bagus. Walaupun tidak sedikit yang bermasalah. Tetapi, umumnya menyatakan puas menggunakan behel.

Misalnya di Forum Beautynesia. Banyak pembaca yang menulis hanya mempercayai cara merapikan gigi dengan pemasangan behel. Mereka tidak ingin cara lain dengan biaya murah tetapi tidak bisa dijamin hasilnya bagus.

Tetapi, di Forum Beatynesia juga ada di antara puluhan peserta forum, dua pembaca yang menyatakan giginya bisa rapi karena cara manual.

Laura Putri, misalnya, menulis bahwa giginya bisa rapi karena sering ditekan oleh mamanya. “Kalau aku dulu, gigiku ditekan-tekan oleh Mama biar rata. Benar-benar rata. Luar biasa tenaga Mamaku, tapi sakit sih.” Sayang tidak dijelaskan menggunakan cara apa Mamanya merapikan giginya sehingga bisa tumbuh cantik.

Inest Kirana, pembaca lain, menulis bahwa “Susah kalau ingin meluruskan gigi yang tumbuh menyimpang ketika sudah besar. Honestly, dulu waktu aku kecil gigiku miring banget dan dikhawatirkan jadi gingsul.

“Alhasil, pas masih duduk di bangku SD, oleh ayahku tiap pup, aku disuruh nahan ketika ayah mendorong gigiku yang miring. Bahkan ortuku sudah ngerencanain mau ngebehel gigiku pas SMP. Eh, ternyata karena aku rajin ngedorong gigi pas pup, jadi lurus deh.”

Sayang, seperti halnya Laira Putri, Inest Kirana juga tidak menjelaskan bagaimana cara ayahnya merapikan giginya dan menggunakan alat apa. Apakah menggunakan alat khusus atau hanya menggunakan jari tangan. Yang jelas, keduanya tidak menggunakan metode merapikan gigi dengan biaya mahal. Melain merapikan gigi secara manual tanpa biaya.

Penutup

Demikian artikel mengenai cara merapikan gigi gingsul tanpa behel. Anda ingin menggunakan cara yang mana, ya terserah Anda. Yang penting gigi Anda bisa tumbuh rapi dan putih sehingga menarik.

Jika Anda punya dana cukup, pakai cara pemasangan behel atau lainnya tidak masalah. Tetapi, jika tidak punya dana  cukup, ya jangan menyerah. Apalagi putus asa.

Masih ada cara lain tanpa biaya mahal yang bisa dilakukan. Bukti nyata sudah ada. Cara merapikan gigi secara manual juga bisa sukses. Ingin apa lagi?? Cara hidup seh (waras) tanpa biaya mahal.

Silakan Membagikan Artikel Ini Biar Teman dan Kenalan Anda Juga Selalu Sehat.