Cara Merapikan Gigi Tanpa Behel – 7 Cara Terbaik Bisa Dipilih

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

BANYAK cara merapikan gigi yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memilih cara mana yang cocok. Bisa juga memilih cara merapikan gigi tanpa behel di dokter, merapikan gigi secara alami, dsb.

Apa saja? Ada 7 cara yang bisa Anda pilih. Tetapi cara yang disebutkan di sini harus melalui dokter gigi. Sebab, dia memang ahlinya. Dokter gigi punya keahlian khusus untuk menangani berbagai permasalahan gigi.

Tetapi jika Anda ingin melakukan cara merapikan gigi secara tradisional, ya Anda bisa lakukan sendiri. Misalnya merapikan gigi dengan menggunakan sendok kayu. Tentu Anda bisa melakukan sendiri.

Orang tua yang mengetahui susunan gigi anaknya tidak rapi, bisa merapikan sendiri dengan sendok kayu. Itu bisa dilakukan setelah anak usia 12 tahun – 20 tahun.

Kabar baiknya, banyak orang tua yang sukses merapikan gigi anak mereka. Yang penting sabar dan telaten.

cara merapikan gigi tanpa behel
cara merapikan gigi tanpa behel, tetapi pakai invisalign (foto:hipwee.com)

Cara Merapikan Gigi Tanpa Behel di Dokter

Tetapi untuk merapikan gigi tanpa behel yang akan disebutkan dalam artikel ini memang harus melalui dokter gigi. Anda yang tidak punya pengetahuan dan ilmu khusus tentang pergigian tidak bisa melakukannya. Nanti malah bisa merusak gigi.

Baca – Cara Merapikan Gigi dengan Tangan

Cara merapikan gigi tanpa behel di dokter antara lain:

1. Orthodontic atau Teeth Aligners – Banyak Dusukai

Cara merapikan gigi ini mirip menggunakan bracket transparan. Bahkan, sekilas terlihat tidak ada perbedaan pada penggunaannya. Pemakaian teeth aligners hanya untuk kasus ringan hingga sedang.

Tentu saja, banyak orang menyukai cara ini karena pemasangannya tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda bisa memasang dan melepas sendiri alat perapi gigi ini. Anda juga bisa membersihkan dengan mudah.

Pelepasan teeth aligners ini terutama saat Anda makan dan menyikat gigi.

Dikutip dari health.detik.com, teeth aligners ini terdiri dari beberapa seri. Dokter merancang teeth aligners dengan menggunakan teknologi komputer sesuai dengan kondisi gigi pasien.

Anda bisa menggunakan Aligners ini selama 20 jam per hari selama dua minggu sebelum ganti seri baru.

Biasanya gigi akan tampak lebih baik setelah penggunaan 6 bulan hingga dua atau tiga minggu.

3. Retainer – 6 Bulan Dipasang Terus Menerus

Cara merapikan gigi tanpa behel di dokter ini mirip dengan aligner. Yaitu menggunakan plastik tipis dan bening untuk menutupi permukaan gigi. Tetapi, retainer ada yang bersifat tetap. Anda tidak dapat mencopot dan memasang sendiri.

Umumnya pemakaian retainer sesudah dokter gigi merawat penguat atau penambalan gigi. Pemakaian retainer harus terus-menerus selama 6 bulan setelah gigi menjadi kuat.

Baca – Cara Tersenyum Manis untuk Gigi Maju dan Tonggos

Setelah itu, Anda hanya perlu memakai retainer pada malam hari. Pada siang hari, retainer harus Anda tempatkan di kotak khusus pemberian dokter gigi biar selalu bersih.

3. Dental Crowning – Bisa Bertahan 15 Tahun

Video tentang pemasangan dental crowning untuk merapikan gigi. Video karya Dental Universe Indonesia.

Cara merapikan gigi tanpa behel dengan cara cepat ini seperti menggunakan topi yang menutupi mahkota gigi. Tujuan dari penggunaan dental crowning adalah mengembalikan bentuk, ukuran, kekuatan, dan memperbaiki penampilan.

Crown menutupi semua bagian gigi yang ada tepat di atas gusi. Ada crown yang menggunakan bahan stainless steel, logam, porselen, dan resin. Hasilnya mampu bertahan sampai 15 tahun.

Dengan cara membuat gigi rapi seperti ini, maka gigi yang hampir rusak akibat berbagai sebab bisa kembali baik dan rapi. Di sini, dokter lebih dulu akan memperbaiki akar gigi jika akar gigi ada permasalahan.

4. Dental Contouring – Gigi Jadi Sangat Rapi

Teknik dental contouring ini bertujuan memperbaiki penampilan gigi tanpa kawat gigi. Caranya dengan menghilangkan sedikit lapisan enamel untuk mengubah bentuk, panjang, dan permukaan gigi.

Metode ini biasanya dilakukan untuk gigi yang tumpang tindih, tidak teratur bentuknya, atau terlalu runcing.

Baca – Cara Merapikan dan Memundurkan Gigi Tonggos Secara Alami

Jadi: dengan cara ini akan terjadi sedikit perubahan pada susunan gigi. Tetapi, perubahan itu terkadang tidak terlihat.

Yang penting hasilnya bisa membawa banyak perbedaan. Tampilan dan susunan gigi menjadi sangat rapi.

5. Dental Bonding Menggunakan Bahan Karet

Cara merapikan gigi di dokter dengan dental bonding ini memakai bahan karet yang warnanya mirip warna gigi asli. Bahan ditempelkan pada gigi yang perlu perbaikan dan mengeras sesudah mendapatkan sinar laser.

Cara merapikan gigi dengan dental bonding ini biasanya dipakai untuk memperbaiki gigi berlubang, retak, pecah, atau berubah warna.

Selain itu juga memperbaiki bentuk dan ukuran gigi yang tidak rata akibat patah, renggang, atau ada celah.

6. Mencabut Gigi – Bisa Diganti dengan Gigi Palsu

Teknologi kedokteran kini makin maju. Termasuk dalam pencabutan gigi. Maka, Anda jangan takut dengan pencabutan gigi jika gigi Anda sudah rusak. Misal lubangnya sudah terlalu dalam dan kondisi gigi sudah rapuh.

Yang penting, masalah gigi Anda bisa terselesaikan. Gigi yang dicabut bisa diganti dengan gigi palsu sehingga susunan gigi tetap rapi. Posisi gigi di dekatnya tidak akan bergeser karena ada gigi yang dicabut.

Sebelum cara merapikan gigi tanpa behel dengan cepat ini dilakukan, Anda sebaiknya memberi tahu kondisi kesehatan Anda kepada dokter. Baik kesehatan gigi atau kesehatan lain. Misalnya punya penyakit diabetes, dsb.

Baca – Cara Membuat Gigi Gingsul Rapi Tanpa Behel 

Penting untuk bahan pertimbangan dokter biar tidak timbul efek samping yang merugikan Anda.

7. Veneer Gigi – Biayanya Mahal

Anda juga bisa memilih cara merapikan gigi tanpa behel dengan teknik veneer gigi. Selain gigi menjadi rapi, gigi juga tampak putih bersih.

Cuma, pakai metode ini biayanya mahal. Anda harus berkantung tebal. Tetapi hasilnya memang bagus. Bisa terlihat seperti gigi beberapa artis yang pasang veneer gigi.

Venner adalah lapisan tipis yang menutupi bagian depan gigi. Veneer yang mirip tampilan alami gigi menjadi alternatif untuk mengatasi kondisi ringan hingga sedang.

Contohnya gigi yang renggang, jarak antara gigi yang satu dengan lainnya agak jauh, tidak bisa dibleaching, atau terlihat tidak lurus.

Baca – Biaya Tambal Gigi Depan yang Patah Sebagian

Tentu saja, sebelumnya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter gigi. Gigi Anda layak menggunakan venner atau tidak. Tidak semua gigi bisa menggunakan veneer karena pertimbangan teknis.

Semoga artikel mengenai cara merapikan gigi tanpa behel dengan cepat di dokter ini bermanfaat untuk Anda semua. (update, 5-11-2020).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *