Cara Merapikan Gigi yang Renggang Pakai Sendok Kayu atau Invisalign

Berita 0 Comments

ANDA punya gigi renggang? Sebenarnya gigi renggang tidak masalah. Tetapi, jika Anda ingin tampil sempurna, ya gigi renggang harus dirapikan. Cara merapikan gigi yang renggang juga tidak sulit.

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya gigi renggang (diastema). Misalnya karena bentuk rahang dan ukuran gigi tidak sama. Atau akibat jaringan labial frenum terlalu dekat dengan gigi depan.

Ada kalanya untuk merapikan gigi yang renggang diperlukan operasi minor. Tetapi, banyak juga kasus gigi renggang tidak perlu tindakan khusus untuk merapikannya.

Bahkan, Anda bisa melakukan sendiri cara merapikan gigi sehingga menjadi gigi Anda bisa tampak indah. Anda tidak malu untuk tersenyum atau tertawa lebar.

Cara Merapikan Gigi yang Renggang Menggunakan Sendok Kayu atau Invisalign 

cara merapikan gigi yang renggang

Berikut ini dua cara merapikan gigi yang renggang yang bisa Anda pilih. Pertama, cara merapikan gigi yang bisa Anda lakukan sendiri. Yang diperlukan hanyalah kesabaran, ketekunan dan waktu yang cukup.

Tetapi, jika Anda ingin cara merapikan gigi yang lebih cepat, Anda bisa menggunakan produk invisalign. Harganya memang mahal. Lebih mahal daripada menggunakan kawat behel.

1. Cara Merapikan Gigi dengan Sendok Kayu

Anda bisa merapikan gigi renggang dengan menggunakan sendok kayu. Ya, sendok kayu. Anda bisa membeli sendok kayu di swalayan atau toko online. Harganya sangat murah.

Caranya, saat Anda sedang menanak nasi, maka masukkan sendok kayu ke nasi yang sudah hampir matang (masak). Diamkan sekitar satu menit, lalu sendok kayu diangkat. Saatnya Anda gunakan sendok kayu yang masih hangat itu untuk mendorong gigi ke posisi dalam.

Baca Juga: Gigi Tonggos – Penyebab dan Cara Merapikannya

Lakukan beberapa kali. Tiap kali selesai mendorong, Anda perlu jeda (istirahat) sekitar 10 detik dan kembali melakukan hal yang sama. Bila panas sendok berkurang, Anda bisa memasukkan lagi ke nasi panas.

Setelah cara merapikan gigi menjorok keluar ini berlangsung selama 2 bulan, Anda bisa cek hasilnya.
Apakah gigi sudah berada di posisi yang Ada inginkan atau belum. Apakah hasilnya sudah 100% atau baru 70%, 80%, 95%, dsb.

2. Cara Merapikan Gigi dengan Invisalign

Cara merapikan gigi yang renggang juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan produk invisalign. Produk invisalign ini bisa dipakai oleh anak-anak dan orang dewasa. Tidak seperti kawat gigi, pemakaian invisalign tidak mencolok. Bahkan, tidak terlihat oleh orang lain bahwa Anda menggunakan invisalign.

Produk ini dirancang khusus oleh para ahli gigi dari Amerika Serikat di Align Technology, San Jose – California.
Apa perbedaan produk invisalign dengan behel gigi? Perbedaannya adalah:

1. Invisalign menggunakan bahan plastik bening sehingga orang lain tidak tahu jika Anda menggunakan produk untuk merapikan gigi.

2. Lebih nyaman dipakai. Sebab, produk ini tidak menggunakan pengencangan kawat.

3. Kerja invisalign perlahan sehingga tidak mempengaruhi kegiatan sehari-hari.

Harga produk untuk mengatasi gigi yang renggang ini adalah Rp 35 juta – Rp 70 juta.

Tetapi harga itu belum termasuk biaya kontrol setelah pemasangan invisalign, biaya cabut gigi jika diperlukan, biaya operasi gigi bila diperlukan dan biaya pembelian alat retainer.

Ya, penggunaan produk invisalign ditujukan kepada mereka yang memiliki dana besar. Yang penting bagi mereka adalah gigi bisa tampil indah, menarik dan sehat.

Pembelian alat ini harus lebih dahulu berkonsultasi dengan dokter di tempat penjual untuk menentukan tipe invisalign yang cocok dengan kondisi gigi Anda. Sebab, bentuk gigi tiap orang berbeda-beda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

!-- Ads 300x250 -->