9 Cara Merapikan Gigi yang Tidak Beraturan Secara Alami Mudah Murah

Bau Mulut 0 Comments

BAGAIMANA cara merapikan gigi yang tidak beraturan secara alami? Tidak sedikit anak yang giginya tumbuh tidak rapi. Ada gigi yang tumbuh di luar barisan gigi-gigi lain, susunan gigi tidak rata, tumbuh di dalam barisan gigi lain, dsb.

Setiap orang / anak tentu ingin giginya tumbuh rapi dalam barisan ataupun bentuknya sehingga manis dipandang. Selain itu, dengan gigi yang rapi dan putih juga membuat Anda percaya diri untuk tampil bersama teman-teman lain.

Anda tidak akan merasa risi jika dalam kebersamaan itu Anda harus berbicara atau tertawa. Lebih-lebih jika Anda adalah anak muda yang ingin gaul.

Tetapi, kalau kenyataannya gigi tumbuh tidak seperti yang diharapkan, apa yang bisa Anda lakukan? Adakah cara merapikan gigi secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah?

Cara Merapikan Gigi yang Tidak Beraturan Secara Alami di Rumah

Ya, jika gigi Anda tumbuh tidak beraturan, jangan khawatir. Banyak jalan menuju Roma, kata pepatah. Maka, banyak cara merapikan gigi yang tumbuh tidak beraturan secara alami atau dengan bantuan dokter gigi.

Berikut ini 9 cara merapikan gigi yang tidak beraturan atau tumbuh menyimpang. Cara merapikan gigi bisa dilakukan di rumah. Lakukan terus-menerus tiap hari sampai Anda berhasil merapikan gigi. Anda harus bersabar dan terus-menerus melakukan cara merapikan gigi secara alami

1. Menggunakan Lidah

cara merapikan gigi yang tidak beraturan

gigi tidak beraturan (foto:youtube.com)

Anda bisa merapikan gigi yang tidak beraturan dengan menggunakan lidah. Julurkan lidah Anda untuk mendorong bagian-bagian gigi yang ingin dirapikan. Yang harus Anda lakukan adalah rajin merapikan gigi.

Cara merapikan gigi secara alami memang memerlukan waktu lama. Hasilnya tidak bisa diharapkan bisa berlangsung cepat. Tetapi jika rajin dan bersabar, Anda bisa menikmati hasilnya.

2. Cara Merapikan Gigi dengan Tangan

Cara merapikan gigi secara alami lainnya adalah menggunakan tangan. Tentu saja, Anda harus lebih dahulu membersihkan tangan sehingga tidak ada kuman yang masuk.

Caranya sangat mudah. Sorongkan jari tangan Anda ke gigi yang ingin dirapikan. Anda dorong gigi ke dalam atau keluar sesuai dengan posisi gigi.

Gigi yang tidak beraturan tumbuh keluar, ya dorong ke dalam. Sebaliknya, gigi tumbuh ke dalam harus didorong keluar. Tiap kali merapikan gigi, lakukan cara merapikan gigi dengan tangan ini selama beberapa menit. Lakukan sehari dua kali biar hasilnya maksimal.

3. Menggunakan Sendok Kayu

Cara merapikan gigi secara alami lainnya adalah menggunakan sendok kayu. Anda bisa mendapatkan sendok kayu di pasar swalayan. Harganya sangat murah. Satu dosin (12 biji) harga Rp 50 ribuan.

Cara menggunakannya, sendok direbus dulu sampai airnya mendidih. Lalu, angkat sendok dan gunakan untuk merapikan (mendorong) gigi Anda yang tumbuh menyimpang.

Tentu saja, setelah sendok tidak terlalu panas. Suhu panas sendok akan melunakkan gigi sehingga gigi mudah dirapikan.

4. Jangan Tidur Telungkup

Tidur telungkup membuat pipi sebelah dan dagu menempel pada bantal. Dalam jangka lama, cara tidur seperti itu bisa membuat posisi gigi menjadi tidak rapi. Ini sering tidak disadari oleh banyak orang sehingga gigi mereka menjadi tidak rapi. Jadi, jangan tidur telungkup.

5. Jangan Menyangga Wajah

Anda sebaiknya tidak terlalu sering menyangga wajah dengan tangan saat duduk sendirian Ya, seperti orang yang sedang melamun. Cara ini makin lama tanpa disadari ternyata bisa membuat posisi gigi Anda tidak rapi.

Ada gigi yang menonjol keluar atau ke dalam. Jika Anda punya kebiasaan menyangga wajah saat duduk sendirian, kini tinggalkan kebiasaan buruk itu. Gigi Anda harus tumbuh sehat, rapi, putih dan indah.

6. Hindari Mengonsumsi Permen Berlama-lama

Jika Anda atau anak Anda suka mengulum (mengemut) permen berlama-lama, sebaiknya tinggalkan sejak sekarang. Atau kurangi sehingga tidak terlalu sering. Demikian pula kebiasaan mengulum jari atau benda lain Harus Anda hindari.

Tanpa Anda sadari, cara itu makin lama bisa membuat posisi gigi bergeser. Gigi biasanya condong ke bagian depan dan lama kelamaan terlihat tonggos. Ya, gigi Anda menjadi gigi tonggos.

7. Memperbanyak Konsumsi Buah-buahan

Memperbanyak konsumsi buah bisa membuat gigi Anda sehat. Pilih buah yang teksturnya padat seperti apel, jambu biji, pir, dsb. Tekstur padat buah bisa mendorong gigi Anda menjadi lebih rapi. Gigi yang tidak rapi didorong agar bisa menjadi rapi.

Caranya, setelah kulit buah dikupas dan dibersihkan, lalu konsumsi buah apel. Caranya, saat menggigit buah apel, lakukan juga mendorong gigi bagian atas dengan buah apel yang Anda pegang. Lakukan beberapa menit, lalu buah bisa Anda konsumsi.

Jadi, mengonsumsi buah apel selain Anda menambah nutrisi untuk tubuh, juga berusaha memundurkan gigi yang tumbuh tidak rapi.

9. Cara Merapikan Gigi Menggunakan Bibir

Katupkan mulut dan tarik bibir bagian atas dan bawah ke arah mulut juga bisa merapikan gigi bagian atas. Cara itu juga bisa Anda gunakan untuk merapikan gigi geligi yang tidak rata.

Lakukan cara merapikan gigi secara alami ini sesering mungkin sampai Anda sukses merapikan gigi tonggos, gigi berantakan, dsb. Yang penting Anda lakukan rutin dan kontinyu tiap hari sampai sukses dengan gigi tampak rapi.

Penutup

Demikian artikel tentang cara merapikan gigi yang tidak beraturan secara alami. Gigi termasuk organ sangat penting dan mempengaruhi citra diri Anda. Maka, lakukan perawatan dengan baik sehingga gigi Anda bisa tumbuh sehat, putih, bersih dan rapi.

Jika ada gigi yang tumbuh tidak beraturan, Anda perlu segera merapikannya. Caranya bisa Anda lakukan secara alami. Demikian pula bila ada gigi berlubang, atasi segera.

Selain cara merapikan secara alami, Anda juga bisa memilih cara merapikan gigi dengan peralatan medis khusus. Misalnya pakai veneer gigi, behel (kawat) gigi, retainer, invisalign, dsb.

Semoga artikel tentang cara merapikan gigi yang tidak beraturan secara alami ini bermanfaat untuk Anda.

 

!-- Ads 300x250 -->