12 Cara Merawat Gigi agar Tidak Berlubang

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

BAGAIMANA cara merawat gigi agar tidak berlubang? Sekarang ini, kesadaran merawat gigi dari masyarakat Indonesia dinilai masih rendah. Ini terbukti dari masih banyaknya warga yang gigi mereka berlubang.

Tidak hanya orang dewasa. Jumlah anak yang giginya berlubang juga cukup besar. Hasil riset tahun 2018 menyebutkan 80% penduduk Indonesia punya masalah gigi berlubang.

Ketua PDGI Dr. drg. R. M. Sri Hananto Seno, Sp.BM (K)., MM menjelaskan dalam data Riskesdas 2018 memperlihatkan bahwa dari 94,7% masyarakat yang menyikat gigi setiap hari, hanya 2,8% yang melakukannya di waktu yang tepat. Yakni dua kali sehari, pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Untuk anak-anak, jumlah mereka yang giginya berlubang lebih besar lagi. Yakni 93%. Mereka adalah anak usia dini.

Baca – Cara Merawat Gigi Berlubang Agar Gigi Tak Rusak

Nah, setelah tahu kondisi gigi kebanyakan dari masyarakat kita, lantas apa yang harus kita lakukan supaya kita bisa menghindari gigi berlubang? Bagaimana cara merawat gigi agar tidak berlubang?

Cara Merawat Gigi agar Tidak Berlubang  

Cara Merawat Gigi agar Tidak Berlubang

Berikut 12 cara merawat gigi yang perlu Anda lakukan secara rutin tiap hari. Dengan cara itu,  gigi Anda selalu sehat dan tidak berlubang.

1. Biasakan Menyikat Gigi 2 Kali Sehari

Kebanyakan masyarakat hanya sekali menggosok gigi, yakni pagi hari. Seharusnya dua kali sehari. Yakni, setelah bangun tidur dan menjelang tidur.

Jika Anda belum biasa menggosok dua kali, coba lakukan mulai sekarang. Dengan cara menggosok gigi dua kali sehari, gigi kamu akan selalu sehat.

2. Menyikat Gigi Sehabis Makan

Selain rajin menggosok gigi 2 kali sehari seperti disebutkan pada nomor 1, Anda sebaiknya juga selalu menyikat gigi sehabis makan. Baik makan pagi, makan siang ataupun makan malam.

Untuk keperluan ini, Anda sebaiknya selalu membawa sikat gigi dan pasta gigi agar bisa menyikat gigi setelah selesai makan di mana saja. Ini bagi Anda yang sering bepergian.

Baca – 9 Tips Merapikan Gigi yang Tidak Beraturan Secara Alami

Kalau Anda kerja di rumah, ya hal itu tidak masalah. Bisa dilakukan di rumah.

3. Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Cara merawat gigi agar tidak berlubang juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Sebelum menyikat gigi, pastikan pasta giginya yang memenuhi syarat bisa menghindari terjadinya gigi berlubang.

Secara umum, sekarang ini hampir semua pasta gigi mengandung fluoride. Tetapi, Anda tetap harus mengeceknya pada kemasan pasta gigi.

4. Gunakan Benang Gigi

Benang gigi (dental floss) diperlukan untuk membersihkan kotoran yang tertinggal di sela-sela gigi. Biasanya, kotoran di sela-sela gigi tidak bisa dibersihkan hanya menggunakan sikat gigi.

Penggunaan benang gigi akan memastikan kotoran di sela gigi bisa bersih. Tak akan ada bakteri yang nantinya bisa membuat gigi berlubang.

5. Gunakan Obat Berkumur

Setelah selesai menyikat gigi, Anda sebaiknya berkumur dengan obat kumur. Ya, biar gigi tidak berlubang. Gigi bisa benar-benar bersih. Bersih lahir batin. Maksudnya, biar tidak ada bakteri yang bisa berkembang di mulut Anda.

Baca – Empat Cara Senyum Terbaik untuk Penderita Gigi Tonggos

6. Gunakan Sikat Lidah

Cara merawat gigi berlubang lainnya adalah selalu menyikat lidah tiap hari. Bukan hanya menyikat gigi.

Lidah juga bisa mendatangkan banyak bakteri jika tidak disikat. Bisa menggunakan sikat lidah yang ada di balik sikat gigi biasa.

Atau ada alat menggaruk permukaan lidah yang bisa membersihkan bakteri pada lidah. Menyikat lidah juga bisa membuat lidah tak akan mengeluarkan bau tidak sedap.

Jadi, biar gigi selalu sehat dan tidak akan berlubang, maka lidah juga harus bersih dari bakteri.

7. Menyikat Gigi dengan Cara Yang Benar

Menyikat gigi tidak boleh asal. Yakni, asal menyikat gigi. Tetapi, lakukan cara menyikat gigi yang benar. Bagaimana caranya?

Menurut anjuran dokter, teknik gosok gigi yang benar adalah dengan menggerakkan sikat gigi secara melingkar dan pelan-pelan biar plak-plak yang nempel bisa rontok.

Banyaknya plak dapat meningkatkan risiko infeksi gusi. Oleh karena itu, perbaiki cara menggosok gigi biar plak bisa dibersihkan dengan sempurna.

Baca – Tips Merapikan Gigi Tonggos Secara Alami

8. Hindari Konsumsi Makanan Minuman Sangat Manis

Menghindari makanan minuman yang manis atau terlalu manis juga merupakan cara merawat gigi yang perlu Anda lakukan terus-menerus.

Pasalnya, sering mengonsumsi makanan minuman manis juga bisa menyebabkan gigi berlubang. Maka, hindari kebiasaan mengonsumsi yang manis-manis.

Apalagi anak-anak yang sangat menyukai gula-gula Jangan biarkan anak mengonsumsi gula-gula atau permen setiap hari. Nanti giginya bisa sakit dan berlubang.

Makanan minuman manis akan berubah menjadi cairan asam di mulut. Kian lama, kondisi yang demikian bisa merusak enamel gigi dan akhirnya gigi mudah berlubang.

Biar gigi Anda tetap sehat, maka kurangi konsumsi makanan minuman manis. Selain permen, hindari juga minuman soda, teh, dan kopi.

9. Sering Mengonsumsi Buah dan Sayur Segar

Buah dan sayuran segar yang masih utuh tidak hanya kaya akan kandungan serat. Tetapi, mengonsumsi buah dan sayuran juga bisa membuat rahang dan gigi kuat.

Apalagi, anak kecil. Berikan buah apel yang sudah dicuci. Lalu, suruh makan langsung tanpa dipotong-potong dulu. Biar melatih gigi supaya kuat.

Untuk anak kecil, pilihkan apel atau buah lain yang kulitnya tipis dan bentuknya tidak besar. Buat orang dewasa, bisa mengonsumsi buah yang besar. Ya, tujuannya supaya gigi tumbuh menjadi kuat.

10. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih sangat besar khasiatnya. Minuman air putih sangat sehat dan menyehatkan. Konsumsilah air putih setidaknya 2 liter atau 6 – 8 gelas perhari. Konsumsi air putih juga merupakan cara merawat gigi dengan baik.

Baca – Bagaimana Cara Memperbaiki Gigi Gingsul?

Selain itu, minum air putih juga bisa membuat Anda selalu sehat dengan mulut bersih dan tubuh sehat.

11. Selalu Membersihkan Plak dan Karang Gigi

Anda sebaiknya secara periodik memeriksakan kondisi gigi akan kemungkinan muncul plak ataupun karang gigi. Meskipun Anda sudah melakukan semua cara merawat gigi agar tidak berlubang seperti disebutkan di atas, tetapi tidak ada salahnya melihat kemungkinan ada plak atau karang gigi.

Anda bisa pakai kaca kecil untuk melihat kondisi gigi Anda. Apakah ada plak / karang gigi atau masih bersih dari plak / karang gigi. Kalau muncul plak atau karang gigi, ya bersihkan dengan meningkatkan cara membersihkan gigi.

12. Periksa Gigi ke Dokter Gigi

Ada baiknya Anda selalu memeriksakan kondisi gigi ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali. Bisa periksa gigi sambil membersihkan plak / karang gigi jika ada.

Bagi peserta BPJS, Anda bisa membersihkan karang gigi di tempat praktek dokter atau di puskesmas setahun sekali. Jika lebih dari sekali, ya membayar biayanya sendiri. Yang ditanggung BPJS hanya sekali dalam satu tahun.

Baca – Berapa Biaya Tambal Gigi Depan yang Patah?

Demikian artikel mengenai cara merawat gigi agar tidak berlubang. Cara merawat gigi dengan baik memang harus dilakukan terus-menerus tanpa henti, sejak usia dini sampai usia lanjut.

Semoga artikel bermanfaat untuk Anda semua.