9 Cara Merawat Gigi Berlubang agar Tidak Sakit dan Tidak Bau

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

CARA merawat gigi berlubang agar tidak sakit dan tidak bau. Kebanyakan penduduk Indonesia pernah mengalami gigi sakit, gigi berlubang dan gigi bau. Apalagi di Indonesia bagian timur.

Tidak hanya orang dewasa. Anak-anak pun banyak yang giginya sudah berlubang dan minta dicabut.

Punya gigi berlubang memang tidak nyaman. Apalagi saat sakit. Tidur tak nyaman, duduk tidak tenang dan makan pun tidak bisa karena rasa sakit yang terus menggerogoti gigi.

Salah satu penyebab gigi berlubang adalah kurang perawatan gigi. Banyak orang tidak atau jarang merawat giginya. Tidak pernah atau jarang menggosok gigi. Tidak pernah membersihkan sisa makanan di sela gigi, dsb.

Baca – Cara Senyum Manis untuk Gigi Yang Maju

Akibatnya, gigi mereka tidak sehat. Mudah dimasuki bakteri hingga akhirnya gigi berlubang. Akibat lanjutannya adalah munculnya bau tidak sedap dari mulut mereka.

Daftar 9 Cara Merawat Gigi Yang Berlubang agar Tidak Sakit dan Tidak Bau

cara merawat gigi berlubang agar tidak sakit

Tentu saja, gigi berlubang tidak boleh dibiarkan. Selain itu, kebiasaan yang dapat menyebabkan gigi berlubang juga harus dihindari atau ditinggalkan.

Misalnya suka makanan minuman manis. Hobi mengonsumsi makanan manis dan minuman manis juga harus mulai ditinggalkan atau dikurangi.

Lebih baik banyak minum air putih atau mineral. Itu lebih sehat.

Tidak hanya membuat gigi dan mulut tidak bau. Minum banyak air putih bisa membuat Anda terhindar dari penyakit lain. Paling tidak setiap hari harus minum air putih 2 liter atau 6-8 gelas.

Jika Anda sekarang punya gigi berlubang atau biar gigi Anda tidak berlubang dan mulut tidak bau, berikut ini cara merawat gigi yang perlu kamu lakukan. Caranya mudah, tapi manfaatnya besar untuk kesehatan gigi.

Baca – Cara Merapikan Gigi Tanpa Menggunakan Behel

Apa saja?

Makanan Yang Harus Anda Konsumsi

Makanan yang mengandung banyak vitamin D sangat penting bagi Anda. Tanpa vitamin D yang cukup, tubuh tidak bisa membentuk senyawa kalsitriol yang memadai.

Fungsi senyawa kalsitriol untuk menyerap kalsium dari makanan sehingga dapat menyebabkan gigi tidak berlubang.

Makanan yang mengandung vitamin D antara lain ikan salmon, ikan tuna, herring, sarden, trout, telur, susu sapi, susu kambing, jamur shiitake, udang, lobster, tahu dan tempe.

2. Mengonsumsi wortel juga bisa mengurangi risiko gigi berlubang. Tekstur wortel berserat sehingga mengonsumsi sayuran ini bisa meningkatkan produksi air liur di dalam mulut. Air liur bisa mengurangi risiko gigi berlubang.

3. Mengonsumsi buah kaya serat akan menyehatkan gigi. Mengonsumsi buah bisa meningkatkan air liur untuk melindungi rongga-rongga. Contoh buah tinggi serat antara lain strawberi, alpukat, apel, dan pisang.

4. Sayuran berdaun hijau kaya vitamin A dan protein. Bisa menjaga gigi dan tulang agar tetap dalam kondisi baik. Contoh bayam, kale, menimun, dsb.

Baca – Berapa Harga Tambal Gigi Permanen

5. Keju juga bagus Anda konsumsi untuk kesehatan gigi. Keju dibuat dari susu, kaya akan protein dan kalsium. Kedua kandungan itu berguna untuk melindungi dan memperkuat enamel atau lapisan terluar dari gigi.

Baca – 9 Cara Merapikan Gigi yang Berantakan

6. Yogurt juga mengandung kalsium dan protein yang tinggi. Selain itu, yogurt juga mengandung probiotik atau bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan gusi.

Makan yang Harus Dihindari – Bisa Merusak Kesehatan Gigi

Selain ada beberapa makanan yang harus Anda konsumsi supaya gigi tetap sehat, tidak berlubang atau berlubang tetapi tidak makin parah dan tidak ada bau tidak sedap, maka berikut ini adalah makanan yang harus Anda hindari. Sebab, mengonsumsi makanan ini justru akan merusak gigi.

Makanan apa saja yang bisa merusak gigi dan membuat gigi berlubang?

7. Makanan dan minuman yang sangat manis

Mengonsumsi makanan dan minuman rasa manis boleh saja. Bahkan, perlu. Sebab, gula juga merupakan energi bagi tubuh. Artinya, tubuh juga memerlukan gula untuk membangun energi sehingga sehat dan kuat bekerja.

Yang tidak boleh karena bisa mengganggu kesehatan adalah mengonsumsi makanan minuman yang sangat manis  atau banyak gula. Sebab, kebiasaan mengonsumsi makanan minuman manis bisa merusak gigi. Dalam waktu lama, kebiasaan itu bisa membuat gigi berlubang.

Bahkan tidak hanya itu. Kebiasaan mengonsumsi makanan minuman manis dalam waktu lama juga bisa mengakibatkan sakit diabetes. Kadar gula yang tinggi dalam darah akibat sering mengonsumsi makanan minuman manis akan membuat Anda menderita diabetes.

Oleh karena itu, Anda yang sekarang suka makanan minuman yang sangat manis, coba kurangi banyak. Tinggalkan konsumsi makanan minuman sangat manis.

Tanpa mengonsumsi banyak gula, beberapa makanan dan buah sudah mengandung gula alami. Nasi beras juga mengandung gula.

Baca – Berapa Harga Tambal Gigi Secara Permanen?

Maka, Anda tak perlu mengonsumsi makanan minuman dengan tinggi gula biar gigi kamu tetap sehat.

8. Hindari makanan yang mengandung asam fitat.

Makanan yang mengandung asam fitat juga harus Anda hindari untuk kesehatan gigi. Terlalu sering mengonsumsi asam fitat bisa membuat gigi berlubang.

Mengonsumsi asam fitat akan membuat gigi tidak bisa menyerap mineral dalam makanan. Kondisi bisa menyebabkan kesehatan gigi menurun dan mudah menderita sakit.

9. Hindari minyak sayur olahan dan makanan cepat saji

Cara merawat gigi berlubang agar tidak sakit juga bisa Anda lakukan dengan menghindari konsumsi minyak sayur olahan dan makanan cepat saji.

Minyak jagung, minyak biji kapas, dan minyak kedelai merupakan minyak sayur olahan yang berbahaya jika dipanaskan.

Baca – Cara Merapikan Gigi Pakai  Tangan

Makanan cepat saji mengandung gliserin yang bisa menghambat kalsium dalam memineralisasi gigi sehingga gigi kamu mudah berlubang.

Penutup

Semoga artikel mengenai cara merawat gigi berlubang agar tidak sakit dan tidak bau ini bermanfaat untuk Anda. Bisa menjaga gigi tetap sehat dan tidak berlubang. Kalau berlubang tidak bau dan  lubangnya tidak bertambah luas dan dalam.